Tempat Wisata

Pulau Pasaran Lampung – Atraksi, Aktivitas Liburan, Tempat dan Biaya Tour

Biaya tur: Mulai dari Rp3.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kota Karang, Kec. Teluk Betung Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Lampung merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Di Lampung Anda akan menemukan pulau Pasaran yang indah dan menarik. Terutama bagi Anda yang senang menjelajahi alam bebas dan mengunjungi tempat-tempat wisata anti-mainstream.

Tempat ini merupakan destinasi wisata baru di Lampung, mungkin bisa menjadi tempat yang tepat untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk kota. Pulau ini juga merupakan sentra produksi ikan teri dan ikan asin yang terkenal di daerah Lampung.

Yang berencana jalan-jalan ke sana harus tahu lebih banyak tentang tempat wisata baru berikut ini. Dengan begitu Anda bisa mengunjunginya dengan lebih mudah tanpa perlu khawatir tersesat atau bingung dengan tempat-tempat menarik yang tersedia.

Daya Tarik Pulau Pasaran

Atraksi di Pulau PasaranKredit foto: Google Maps bocalali omah

1. Wisata Pesisir

Bagi Anda yang menyukai wisata pantai, apalagi yang belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan, maka destinasi wisata baru ini cocok untuk Anda. Berada dekat dengan pantai, Anda bisa menikmati indahnya pantai dan segarnya udara laut sekaligus.

Karena berada di kawasan pesisir, Anda bisa menemukan berbagai spot foto menarik di Pulau Pasaran. Anda juga bisa bermain di pantai, berenang di tepian atau sekedar duduk menikmati deburan ombak di pantai.

2. Lihat aktivitas komunitas

Karena masih minimnya pengunjung di sana, pemkot bisa tetap menjalankan aktivitasnya dengan baik. Jika Anda datang pada pagi hari Anda bisa melihat para nelayan yang baru pulang dari melaut dengan membawa ikan segar.

Di dekat pantai Anda juga akan menemukan pasar tradisional yang menjual ikan dan makanan laut. Jika ingin mencoba seafood segar di pulau ini, jangan ragu untuk mampir dan tawar-menawar dengan masyarakat yang tinggal di sana.

3. Pusat ikan teri dan ikan asin

Atraksi di Pulau PasaranKredit foto: Google Maps Ozi saja

Pulau Pasaran terkenal sebagai sentra ikan asin dan teri di Lampung. Tak heran jika banyak pedagang yang menjajakan dua makanan kaleng pesisir ini.

Menariknya, harga ikan teri dan ikan asin di sana cukup terjangkau, sehingga bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh. Selain dibawa pulang, Anda bisa melihat langsung seperti apa produksinya di sentra ikan teri dan asin terbesar di Lampung ini.

4. Kesederhanaan masyarakat

Meski merupakan tempat wisata, orang-orang di pulau cantik ini dapat beraktivitas seperti biasa tanpa gangguan. Kesederhanaan adalah hal yang lumrah dalam masyarakat, mereka tidak membutuhkan banyak harta untuk hidup.

Kesederhanaan ini tampak pada rumah dan model pakaian yang digunakan masyarakat. Semuanya masih tradisional dan tidak berlebihan, tak jarang banyak fotografer yang mampir ke Pulau Pasaran hanya untuk mengabadikan kesederhanaan penduduk setempat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pulau pasarKredit foto: Unggahan Google Maps Ranti

Pulau ini berada di tengah lautan, sehingga aksesnya membutuhkan perahu seperti perahu motor atau perahu tradisional. Namun jangan khawatir, jaraknya tidak terlalu jauh, hanya 200 meter dari tingkat utama kota Lampung. Anda dapat berada di sana dan kembali dari pulau dalam waktu singkat.

Jika Anda berasal dari Lampung atau Bandar Lampung, Anda hanya membutuhkan waktu singkat untuk mencapai Pulau Pasaran. Jarak dari pusat kota hanya 6 km, untuk mencapai kawasan pantai bisa menggunakan kendaraan darat pribadi untuk memudahkan akses.

Tidak butuh waktu lama dari Bandar Lampung menuju pulau cantik ini, hanya sekitar 20-30 menit berkendara menuju lokasi. Ada beberapa rute yang bisa Anda gunakan untuk mencapai pulau ini, yaitu:

  • Dari Tugu Adipura, perjalanan ke Jln. Diponegoro, dari sana berjalan menuju Jln. Sultan Hasanudin.
  • Setelah Anda sampai di sana, Anda bisa menuju Pasar Kangkung dan langsung menuju Jln. Laksamana Malahayati.
  • Dari Jln, Malahayati, belok ke Jln. Di sebelah Ikan ada jembatan menuju Jln Teluk Bone.

Selain melalui rute di atas, Anda juga bisa melalui Jln. Teluk Ratai setelah melewati Jln. ikan berikutnya. Anda bisa meminta penduduk setempat untuk menemukan tempat wisata ini. Karena jalan tersebut masih belum mendapatkan palang dan rute yang jelas untuk dikunjungi.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit foto: Google Maps bocalali omah

Untuk menuju Pulau Pasaran Anda hanya perlu membayar HTM sebesar 3.000 rupiah per orang. Tidak ada perbedaan harga untuk anak-anak atau dewasa, semuanya memiliki harga biaya yang sama.

Harga tersebut sudah termasuk menumpang perahu yang disediakan oleh masyarakat setempat. Ini adalah cara termudah untuk sampai ke pulau tanpa harus menyewa kendaraan lain.

Anda bisa masuk ke pulau ini secara gratis jika menggunakan kendaraan bermotor atau roda dua. Ada sebuah jembatan kecil yang memberikan akses gratis ke pulau itu. Bagi Anda yang ingin menghemat anggaran, cara ini lebih direkomendasikan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Pasaran

Aktivitas Seru di Pulau PasaranKredit foto: Google Maps Zahra Ibra

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pulau indah ini, di antaranya sebagai berikut.

1. Menikmati matahari terbenam

Matahari terbenam akan terlihat indah jika Anda menyaksikannya di Pulau Pasaran atau di pesisir pantai. Spot lain yang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah ada di Jembatan Sambungan Pulau.

Di sana Anda memiliki pemandangan langsung ke laut lepas dan matahari terbenam tanpa halangan. Cuaca cenderung dingin saat matahari terbenam, jadi pastikan untuk membawa pakaian hangat.

2. Menikmati matahari terbit

Tidak hanya matahari terbenam, jika Anda datang ke pulau ini pada pagi hari, Anda bisa melihat matahari terbit yang sangat indah. Ada beberapa tempat yang direkomendasikan untuk mendapatkan spot foto yang indah untuk fenomena alam ini.

Yang pertama terletak di pesisir pulau ini, selain itu bisa juga terletak di sebuah bukit kecil di tengah pulau. Rekomendasi tempat lain yang bisa menjadi tempat menarik untuk melihat matahari terbit adalah di jembatan antar pulau.

3. Belanja ikan teri dan ikan asin

Seperti disebutkan, Pulau Pasaran merupakan sentra produksi ikan asin dan teri yang terkenal di Lampung. Maka jangan heran jika banyak toko yang menjual ikan asin sebagai oleh-oleh.

Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk berburu ikan asin dan teri dengan harga terjangkau. Anda bisa memakan ikannya sendiri atau membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk teman dan keluarga.

4. Nikmati pemandangannya

Aktivitas seru di Pulau PasaranSumber gambar: Google Maps Meliani Malik

Pemandangan di pulau ini masih asri, sehingga banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi pulau dekat Lampung ini. Pemandangan yang bisa Anda temukan di pulau ini adalah pemandangan pantai dan penduduk setempat yang sedang beraktivitas.

Ada berbagai tempat menarik untuk sekadar bersantai, misalnya di pesisir pantai, bisa juga di tribun-tribun kecil yang disediakan pemerintah kota. Nikmati tidak hanya keramahan penduduk setempat tetapi juga makanan lokal yang mereka jual.

5. Bermain di pantai

Sama halnya dengan wisata pantai, Anda bisa bermain bersama teman dan keluarga di pantai. Jangan khawatir, ombak di dekat Pulau Pasaran tidak terlalu besar sehingga aman untuk dijadikan tempat bermain anak.

Tapi hati-hati dengan ombak besar saat bermain atau tersapu arus laut. Kebanyakan orang adalah nelayan dan sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, kemungkinan besar tidak ada lifeguard yang akan membantu Anda jika mengalami masalah di sana.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Tanam di pulau pasarKredit foto: Google Maps bocalali omah

Sebagai tempat wisata baru, fasilitas di Pulau Pasaran terbilang cukup lengkap. Anda bisa menemukan tempat ibadah bagi wisatawan muslim yang ingin beribadah. Masjid ini mudah dijangkau dan menawarkan ruang yang cukup untuk berlama-lama.

Anda juga bisa menemukan kamar mandi di dalam masjid yang mudah diakses oleh para pelancong. Untuk menemukan fasilitas ini Anda bisa bertanya langsung ke pemerintah kota setempat karena mungkin tidak ada pembatas yang menunjukkan di mana masjid itu berada. Fasilitas lain yang bisa Anda temukan di pulau ini adalah:

  • Tempat-tempat untuk makan – Terdapat berbagai warung makan lokal yang menjual makanan lokal dengan cita rasa lokal. Anda bisa berpesta seafood segar yang diolah langsung oleh masyarakat setempat.
  • Akomodasi – Sulit menemukan akomodasi di Pulau Pasaran. Jika Anda berencana untuk menginap, disarankan agar Anda tinggal di kota untuk akses yang lebih mudah. Tarif akomodasi juga dapat disesuaikan dengan anggaran Anda.
  • Transportasi mudah – Jangan khawatir tentang transportasi, Anda dapat meminta bantuan penduduk setempat jika Anda ingin kembali ke kota. Ada banyak pilihan sewa perahu yang bisa Anda manfaatkan. Selain itu, harga antar pulau cukup terjangkau.

Itulah penjelasan lengkap tentang wisata Pulau Pasaran di Bandar Lampung. Anda bisa berlibur ke sana saat akhir pekan untuk menikmati keindahan pesona alamnya. Anda bisa datang bersama keluarga, teman atau mengikuti tour mandiri untuk bersantai.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button