Tempat Wisata

HUTAN PINUS LIMPAKUWUS Banyumas : Tiket masuk dan lokasi

Beban kerja dan banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan membuat kita mudah lelah. Di negara bagian ini, kita butuh berlibur ke tempat-tempat yang menawarkan panorama alam bebas dan menyegarkan, seperti hutan pinus Limpakuwus.

Pepohonan yang menjulang tinggi dan udara yang sejuk menjadi salah satu daya tarik hutan pinus di Banyumas ini. Tak heran jika tempat wisata ini dipadati pengunjung setiap akhir pekan yang ingin menikmati keindahan alam di sini.

Daya tarik hutan pinus Limpakuwus

Daya tarik hutan pinus LimpakuwusDaya tarik hutan pinus Limpakuwus, foto oleh @hutanpinuslimpakuwuss

Suwatu menyuguhkan beberapa atraksi di Wisata Hutan Pinus Limpakuwus. Diantaranya adalah:

1. Pemandangan indah dan udara sejuk

Daya tarik pertama yang akan Anda jumpai ketika mengunjungi tempat wisata ini adalah pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Suasana seperti ini cocok dijadikan tempat wisata untuk melepas penat dari berbagai aktivitas dan pekerjaan.

Pemandangan alam yang asri dan masih asri terlihat dari banyaknya pohon pinus yang menjulang tinggi dan perbukitan yang asri. Sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan bisa memberikan pengalaman berlibur yang berkesan dan tak terlupakan.

Tidak hanya itu, letaknya yang berada di lereng gunung membuat udara di kawasan ini sangat sejuk dan bersih. Cocok untuk anda yang sering terkena polusi karena tinggal di kota besar untuk menikmati liburan yang nyaman.

2. Game drive tersedia

Banyak orang yang lebih memilih liburan bersama keluarga karena dirasa menyenangkan dan berkesan. Cukup sulit menemukan tempat wisata yang cocok baik untuk anak-anak maupun lansia, namun semuanya bisa Anda temukan di hutan pinus Limpakuwus.

Di sini, para orang tua bisa duduk santai sambil menikmati bekal yang mereka bawa, sementara anak-anak bisa bersenang-senang dengan berbagai permainannya. Areal hutan pinus yang luas memungkinkan anak-anak berlarian kesana-kemari sambil menjelajahi kawasan tersebut.

Beberapa permainan yang bisa Anda temukan adalah seluncuran gunung, flying fox, paintball, taman bermain dan masih banyak lagi. Namun, jangan biarkan anak Anda bermain sendiri, apalagi untuk anak yang masih membutuhkan pengawasan.

3. Tempat menginap yang nyaman

Hutan pinus Banyumas tidak hanya cocok untuk pengunjung yang ingin menikmati liburan, tetapi juga untuk berkemah atau bermalam. Pengelola menyediakan tempat perkemahan yang nyaman di kawasan wisata ini, bahkan ada persewaan perlengkapan camping.

Tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai di akhir pekan, karena banyak pengunjung yang memilih untuk bermalam, baik di kabin maupun di tenda. Liburan kali ini akan menjadi momen yang tak terlupakan karena Anda bisa merasakan sejuknya udara alam.

Jika Anda kurang nyaman dengan alam, Anda bisa memilih rumah liburan yang tersedia dengan harga sewa murah. Rumah liburan ini menawarkan fasilitas lengkap yang akan membuat liburan Anda semakin nyaman.

4. Spot foto yang menarik

Atraksi selanjutnya yang pasti akan Anda temukan adalah spot foto yang menarik. Pemandangan alam yang hijau sangat cocok dijadikan spot foto yang berkesan, apalagi dengan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi.

Selain pohon pinus, Anda juga bisa menemukan spot foto menarik lainnya di kawasan wisata ini, mulai dari gardu pandang dan bangunan berbentuk unik lainnya. Banyaknya spot foto akan langsung memenuhi memori ponsel atau kamera Anda.

Pemandangan hutan pinus yang indah juga menjadi alasan beberapa orang berfoto di sini sebelum pernikahan.

Tiket masuk hutan pinus Limpakuwus

Tiket masuk hutan pinus LimpakuwusTiket masuk hutan pinus Limpakuwus, image by @vina_heldiana

Liburan seru tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi dengan biaya masuk terjangkau, seperti hutan pinus ini. Untuk masuk ke kawasan wisata ini Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 15.000 untuk weekdays.

Jika ingin datang di akhir pekan atau hari libur, harganya lebih mahal namun tetap terjangkau yaitu Rp 20.000 per pengunjung. Selain itu, beberapa wahana yang ditawarkan mengharuskan Anda membayar tiket atau biaya lainnya.

  • Perosotan gunung: Rp 15.000
  • Flying Fox : Rp 20.000
  • Taman bermain: Rp 15.000
  • Paintball: Rp50.000
  • ATV: Rp 10.000
  • Sewa tempat tidur gantung: Rp5.000
  • Sewa cottage: Rp 350.000 – Rp 450.000
  • Perkemahan: Rp 40.000
  • Foto Pre-Wedding: Rp 6.000
  • Parkir 4×4 : Rp 5.000
  • Parkir kendaraan roda dua: gratis

Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan operator objek wisata. Oleh karena itu, Anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut di media sosial atau menghubungi pengelola hutan pinus.

Baca juga: Purwokerto Sky Park

Jam buka Hutan Pinus Limpakuwus

Waktu pembukaan Hutan Pinus LimpakuwusWaktu pembukaan Hutan Pinus Limpakuwus, gambar oleh @denaylaa__

Sebelum membuat hari libur untuk hutan pinus, pastikan Anda mengetahui jam buka agar bisa membuat rencana liburan yang tepat. Kawasan wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB sehingga Anda bisa datang di antara waktu tersebut.

Meski udara di sekitar tempat wisata masih terasa sejuk di siang hari, namun disarankan Anda berkunjung di pagi hari agar bisa menikmati udara yang lebih sejuk dan bersih.

Selain itu, jika Anda datang lebih awal, Anda bisa memilih area untuk memasang tikar atau tenda karena masih cukup sepi. Waktu pagi cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka keramaian, membuat liburan terasa lebih nyaman.

Tumbuhan hutan pinus Limpakuwus

Tumbuhan hutan pinus LimpakuwusFasilitas Hutan Pinus Limpakuwu, image by @driz1804

Setiap akhir pekan, tempat wisata ini selalu ramai pengunjung karena berbagai atraksi yang ditawarkan hutan pinus ini. Tak hanya itu, perlengkapan yang lengkap dan memadai juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak pengunjung yang datang.

Fitur terpenting yang akan terlihat saat Anda tiba di lokasi adalah pemandangan yang indah dan alam yang indah. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk foto prewedding, karena memberikan kesan yang tak terlupakan.

  • Ada banyak spot foto, mulai dari viewpoint hingga bentuk bangunan lainnya
  • Banyak game drive, dari Flying Fox hingga ATV.
  • tempat perkemahan
  • cottage
  • Tempat parkir yang luas
  • kamar mandi
  • paviliun
  • warung makan

Selain itu, masih banyak fasilitas lain yang akan Anda temukan di kawasan wisata ini, jadi bersiaplah untuk membuat program liburan seru bersama orang tersayang.

Baca juga: Air Terjun Jenggala, Banyumas

Lokasi hutan pinus Limpakuwus

Lokasi hutan pinus LimpakuwusLokasi hutan pinus Limpakuwus, image by @dhestynf

Bagaimana Anda bisa menikmati semua fasilitas dan wahana yang ada di hutan pinus ini jika Anda tidak mengetahui tempatnya? Tempat wisata ini berada di lereng Gunung Slamet Banyumas, atau lebih tepatnya di Dusun III, Limpakuwus, Kabupaten Sumbang, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Lokasinya mungkin tidak begitu strategis, sehingga butuh usaha lebih untuk sampai ke tempat wisata. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kini telah tersedia petunjuk arah dan Google Maps yang dapat membantu Anda menuju kawasan wisata menarik ini.

Jika ingin menikmati suasana liburan dengan alam yang menyegarkan, Hutan Pinus Limpakuwu adalah pilihan yang tepat. Persiapkan liburan Anda jauh-jauh hari agar Anda bisa membuat rencana atau agenda yang matang untuk menyegarkan hati dan pikiran.

Source: suwatu.com

Related Articles

Back to top button