Tempat Wisata

Tiket & Atraksi BENCH TOPPING Januari 2023

Harga Tiket Masuk Top of the Bench : Voluntary Rp 3.000. Jam buka : 04.30 – 20.00. Nomor telepon : -. Alamat: Situmandala, Rancah, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia, 46387.

Jika ingin melihat pemandangan di atas awan, tujuan utamanya biasanya lurus ke atas Mt. Padahal, mendaki gunung adalah urusan yang tidak bisa dianggap remeh. Anda harus kuat secara fisik dan mental untuk mencapai puncak dan menikmati keindahannya. Tapi sebenarnya tanpa mendaki Anda bisa melihat sekilas awan tepatnya Bangku atas Ciamis.

Tempat ini menjadi tujuan para wisatawan yang ingin melihat awan di bawah. Lokasinya yang berada di pedesaan memudahkan wisatawan untuk menuju ke sana. Selain itu, akses dan fasilitas saat ini sudah tersedia. Itu membuat tempat ini menjadi tempat yang populer bagi wisatawan.

Biaya masuk ke Puncak Ciamis

Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya saja wisatawan harus membayar biaya parkir. Ada juga beberapa spot foto yang berlaku harga terpisah.

Biaya masuk
tiket masuk relawan
Tiket masuk Taman Selfie Rp3.000

Baca: Tempat Wisata Terbaik di Ciamis

jam operasi

Secara operasional, objek wisata ini buka mulai pukul 04.00 hingga 20.00. Namun, wisatawan bisa datang pada jam 4 atau 5 pagi. Bahkan, wisatawan juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah di sini.

jam operasi
Setiap hari 04.30 – 20.00

Nikmati keindahan negeri di atas awan tanpa mendaki

Spot foto gubuk-gubuk mencuat di pinggir tebingSpot foto gubuk-gubuk mencuat di pinggir tebing. Foto: Gmap/Ratna Arumnasari

Pemandangan daratan di atas awan saat mendaki gunung merupakan sesuatu yang sangat alami. Karena gunung ini tingginya ribuan meter, tidak heran jika awan tampak mengambang di bawahnya. Namun berbeda ketika ia berada di Ciamis, lebih tepatnya di Desa Situmandala. Tanpa harus mendaki, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan negeri di atas awan yang menawan.

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Bench Top. Wisatawan bisa datang pada jam 4 atau 5 pagi dimana awan terlihat menggumpal. Wisatawan akan terkagum-kagum dengan hamparan putih di depan mata, seolah berada di negeri di atas awan. Udara sejuk segera menyapa Anda bersama dengan pemandangan putih yang masih terhampar di depan Anda.

Baca: Aneka Aktivitas Wisata di Ciamis Square

Waktu berlalu, saatnya matahari muncul. Keluarlah dengan cahaya kuning yang begitu terang perlahan menyapu awan putih itu. Awan perlahan mulai memudar dan mulai menampakkan bukit-bukit hijau di kejauhan di hadapannya. Perlahan tapi pasti awan itu menghilang dan berganti dengan pemandangan pepohonan hijau dan sawah di bawahnya.

Perhatikan awan di sore hari

Pemandangan tanah di atas awan di bagian atas bankPemandangan daratan di atas awan. Foto: Gmap/Rita Nuryani

Jika tidak sempat menikmati keindahan awan di pagi hari, wisatawan bisa menikmatinya di sore hari. Berbeda dengan objek wisata lain yang menawarkan pemandangan daratan di atas awan. Yang biasanya hanya menawarkan pemandangan indah ini di pagi hari. Namun di Bench Peak, wisatawan juga bisa menikmatinya pada sore hari.

Namun, untuk melihatnya pada sore hari, tergantung cuaca. Di mana kabut atau awan tebal muncul setelah hujan sebelumnya. Jika tidak hujan, tidak akan tertutup kabut tebal. Oleh karena itu fenomena awan pada sore hari sangat bergantung pada cuaca.

Baca: Tiket Masuk Puncak Kertajaya Ciamis & Pesona Perbukitan Hijau

Pemandangan alam yang menakjubkan

Awan tebal di pagi hariAwan tebal di pagi hari. Foto: Gmap/ACChannel

Tidak hanya di pagi atau sore hari, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan di siang hari. Dimana pemandangan alam yang disajikan menawarkan pemandangan hutan hijau dan persawahan. Seolah-olah di bawah seluruh permukaan ditutupi dengan pepohonan hijau. Perbukitan di depan gardu pandang tampak seluruhnya tertutup pepohonan hijau.

Pemandangan alam yang indah ini sangat cocok sebagai latar belakang untuk berfoto. Sawah-sawah di bawah ini juga bisa menjadi backdrop yang unik. Dari jauh, wisatawan juga bisa melihat Gunung Ciremai. Yang tampak gagah meski berada jauh dari bench top.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi CADAS NGAMPAR

Tempat foto yang Instagramable

Spot Foto Conical Nest yang menjadi top of bench favoriteTempat foto favorit untuk sarang berbentuk kerucut. Foto: Gmap/Atin maelany

Tidak hanya pemandangan alam yang indah yang ditawarkan sebagai spot foto. Ada juga berbagai spot foto instagramable yang selalu menjadi incaran wisatawan. Bukan tanpa alasan Anda sering melihat antrean panjang turis di spot foto ini. Berbagai sudut pandang kayu telah disiapkan untuk memungkinkan wisatawan mengambil foto lebih dekat ke awan.

Salah satu favorit wisatawan adalah spot foto Sarang Burung. Dimana terdapat sebuah spot yang berbentuk seperti kerucut dengan lubang di bagian depan. Wisatawan bisa memasuki tumpeng sarang burung ini. Wisatawan hanya berpose di tepi danau, saat mengambil foto pagi hari terlihat awan di belakangnya.

Selain itu, ada juga spot gubuk yang semakin dekat dengan awan putih. Ada juga tempat dengan cabang berbentuk hati. Dimana tempat ini menjadi favorit para wisatawan yang datang bersama pasangannya. Dan jika Anda beruntung, tidak hanya awan yang menjadi latar belakang, tetapi terkadang ada pemandangan pelangi juga.

Berkemah di negeri awan

Tempat indah ini bisa ditempati oleh wisatawan melalui berkemah. Sebaiknya mencarinya saat musim kemarau agar tidak terganggu oleh hujan. Wisatawan dapat mendirikan tenda di area yang ditentukan di lokasi.

Saat berkemah, wisatawan pasti tidak akan melewatkan keindahan tanah di atas awan saat fajar. Tentu saja, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk memotret berbagai pose. Dan tentunya menyenangkan menyambut hari dengan udara sejuk dan menyejukkan di atas puncak.

Fasilitas di Bangku Puncak Ciamis

Fasilitas tempat wisata ini lengkap. Dimana terdapat tempat parkir, mushola, gazebo dan warung. Kios-kios ini menawarkan berbagai makanan dan minuman panas. Yang tentunya akan nikmat sambil memandangi awan yang bertebaran.

Lokasi Bangku Puncak Ciamis

Terletak di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Jaraknya 35 kilometer dari pusat kota Ciamis. 30 menit berkendara.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button