Berita Wisata

Jalur pantai selatan memiliki sedikit lampu jalan, inilah keadaan di malam hari

Tasikmalaya

Jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) telah disiapkan sebagai jalur alternatif mudik Lebaran 2023. Namun, jalur ini masih minim penerangan pada malam hari.

pengawasan detik.com di Jalan Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (20/1/2023), Penerangan Jalan Umum (PJU) sudah jarang ditemui di jalan Pantai Selatan ini.

Penerangan hanya didapat dari lampu-lampu rumah warga yang sesekali ditemui. Selebihnya, penerangan umum hanya bisa mengandalkan lampu kendaraan.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Jalan semakin gelap saat memasuki kawasan hutan. Jalan di ruas ini juga berkelok-kelok dan naik turun.

Tanda peringatan terlihat di sisi jalan. Kondisi jalan sendiri terpantau dengan baik.

Tidak ada lubang atau kerusakan yang terlihat di jalan. Lebar jalan sekitar 7 meter dan dapat digunakan oleh dua mobil sekaligus.

Sebagai informasi, seluruh jalur Pansela bisa dilintasi dari Banten-Sukabumi-Yogyakarta-Gunung Kidul-Pacitan-Ponorogo-Tulungagung-Banyuwangi. Pansela sendiri siap mengurai kemacetan tol Trans Jawa dan Pantura.

Kementerian Perhubungan mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan pariwisata di jalan Pansela

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri mengecek kondisi jalan tersebut. Kementerian Perhubungan juga telah mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) di Jalan Pantai Selatan (Pansela) untuk mengembangkan pariwisata. Hal ini untuk membuat masyarakat tertarik memilih jalur ini untuk pulang.

“Nanti kami akan berusaha mendorong pemda. Pemda untuk aktif dalam cara menata dan mempromosikan pariwisata di jalur pantai selatan,” kata Dirjen (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno saat penampakan Pansela. jalan menuju Kabupaten Cianjur.

Hendro mengatakan ada 13 pantai di sepanjang jalur Pansela yang akan menjadi tempat wisata. Ia berharap pengembangan pariwisata dapat menjadikan jalur pantai selatan menarik bagi para pemudik sehingga mengurangi beban tol Trans Jawa dan Pantura.

“Ini juga salah satu upaya peningkatan destinasi wisata. Kami juga akan mendorong pemda di 13 pantai. Kalau jalan ini bisa ditempuh dengan baik, saya yakin pariwisata juga akan berkembang,” kata Hendro.

Lihat juga video ‘Ancol siapkan beberapa kejutan untuk merayakan Imlek’:

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button