Berita Wisata

KKN Tematik Unram 2022 Desa Seruni Mumbul Menghidupkan Destinasi Wisata Melalui Program Revitalisasi

KKN Tematik Unram 2022Kelompok KKN Tematik Unram 2022, Desa Seruni Mumbul, berada di taman mini tepi Danau Dende Seruni di Desa Seruni Mumbul, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, (NTB).

LOMBOK TIMUR | Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram), Desa Seruni Mumbul, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mencapai revitalisasi destinasi wisata Seruni Halus di desa Seruni, Lombok Timur. “Proses menghidupkan kembali wisata yang sudah mati memakan waktu lama dan cukup sulit. Namun dengan kerja keras, kerjasama antara pemerintah desa (Pemdes), masyarakat dan kelompok tema KKN Unram mampu memberikan dampak atau perubahan positif bagi destinasi wisata Denda Seruni, berkat program utama Revitalisasi Denda Seruni Destinasi Wisata,” kata Ketua KKN Tematik Unram Anang Ma’ruf melalui siaran pers tertulis, Jumat (20/1/2023).

Kelompok KKN Tematik Unram membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk menyelesaikan program revitalisasi destinasi wisata Seruni Halus yang merupakan program kerja tambahan.

Revitalisasi destinasi wisata Seruni Fine direncanakan oleh Kelompok KKN Tematik Unram pada saat pelaksanaan KKN dan Kelompok KKN Tematik Unram di Desa Seruni Mumbul untuk melakukan upaya menghidupkan kembali pariwisata dengan memperbaiki beberapa spot foto, seperti Menara Eiffel, jembatan sambung, dan pembangunan taman mini di area sekitar lokasi Fine Chrysanthemum Tower. “Kalau kita bicara revitalisasi, berarti kita bicara upaya revitalisasi suatu destinasi, dan proses revitalisasi pariwisata itu tidak mudah. ​​Apalagi, Wisata Seruni Halus sudah lama mati suri. Destinasi wisata tentu membutuhkan anggaran yang besar dan partisipasi pihak lain, namun dengan kemauan, kerjasama dan optimisme, program kerja utama yang telah direncanakan dapat diselesaikan secara perlahan dengan menggunakan alat dan bahan yang tersedia. ,” kata Anang Ma’ruf.

Jauh sebelum melaksanakan program revitalisasi destinasi wisata Seruni Halus, kelompok KKN tematik Unram telah menyusun konsep yang akan diimplementasikan dalam program revitalisasi destinasi wisata Seruni Halus. “Saat mengerjakan tur, kami berpikir panjang dan keras tentang konsep yang ingin kami terapkan. Di sisi lain, kami juga menghadapi beberapa masalah yang kami hadapi. Tapi kami bersyukur, dengan adanya masalah, kami mampu berpikir, menganalisa dan mencari solusi terbaik guna memberikan prinsip manfaat bagi Wisata Seruni Halus,” lanjut Kelompok KKN Tematik Unram, Alifkha Bagus Sandiyana.

Alif mengungkapkan, salah satu dampak positif dari pelaksanaan program revitalisasi destinasi wisata Denda Seruni adalah adanya taman mini di Danau Dende Seruni. “Salah satu hal yang memberikan dampak positif bagi teman-teman KKN Tematik Unram adalah adanya Taman Mini di tepi danau yang memiliki pemandangan yang begitu indah. Ini merupakan salah satu daya tarik bagi pengunjung, sehingga berdampak pada pendapatan asli desa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Alam (PSDA) Bagian Pengelolaan Program Utama, Aqil Hibatullah, menyampaikan terima kasih kepada KKN Theme Group Unram yang telah menghidupkan dan mempromosikan destinasi wisata Fine Seruni. wisatawan mancanegara, sehingga peringkat wisata Seruni Mumbul bisa naik masuk 10 besar nasional,” ujarnya. [slnews – rul].

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button