Berita Wisata

Akhir pekan di Ciamis, wisata edukasi peternakan mini menjadi tujuan yang cocok, banyak diminati wisatawan

Laporan wartawan TribunPriangan.com, Ai Sani Nuraini

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Wisata edukasi Peternakan Mini yang juga menjadi tempat pengembangan ternak sapi Pasundan kini mulai banyak diminati wisatawan.

Tempatnya sangat cocok dikunjungi sekeluarga untuk mendidik anak-anak tentang perkembangan ternak sambil bermain di ruang terbuka dengan pemandangan yang indah.

Lokasi Mini Ranch yang memiliki peternakan sekaligus objek wisata ini berada di Dusun Nusasireum, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis.

Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan udara yang segar.

Baca Juga: Tempat Wisata Lembang Farm Kini Makin Seru, Anak-Anak Bisa Memberi Makan Kelinci

Meliputi area seluas kurang lebih 10 hektar, Mini Ranch ini digunakan untuk pengembangan pembibitan sapi (luas 2 hektar) dan pemulihan pakan ternak.

Dilihat dari fungsinya, Peternakan Mini Sapi digunakan sebagai konservasi sapi Pasundan dan terintegrasi dengan pengembangan wisata agropolitan.

“Jadi Mini Ranch ini sebagai tempat pengembangan ternak Pasundan dan tempat wisata edukasi bagi pengunjung yang datang,” kata Rudy salah satu pengelola Mini Ranch kepada TribunPriangan.com, Sabtu (21/1/2023).

Saat dibuka, jumlah sapi Pasundan yang dilepas ada sekitar 20 ekor.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Syarief Nurhidayat menjelaskan, fungsi utama kawasan mini ranch adalah menggembalakan sapi Pasundan di lapangan terbuka.

“Ya jadi fungsi utamanya sebenarnya untuk tempat penggembalaan sapi Pasundan, dan sekarang pengunjung bisa mendapatkan wisata edukasi sekaligus melihat sapi dilepasliarkan secara bebas di area terbuka,” kata Syarief, Sabtu (21/1/2023).

Dengan demikian, di tempat ini masyarakat atau wisatawan dapat belajar tentang pembibitan sapi, laboratorium dan pembiakan sapi.

Wisatawan yang ke sana disuguhi pengalaman berada di alam terbuka dengan puluhan ekor sapi yang dilepasliarkan di lapangan terbuka.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam, danau alami dan hamparan lahan hijau yang dilindungi.

Baca Juga: Destinasi Wisata Pantai Trikora Pulau Bintan Kepulauan Riau Diincar Pengunjung Lokal dan Mancanegara

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button