Tempat Wisata

10 Foto Obyek Wisata Situ Wanayasa, Harga Tiket Masuk, Instagramable

Situ Wanayasa – Purwakarta adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat, tenggara Jakarta, berjarak sekitar 80 km. Orang mengenal Purwakarta dengan wisata waduk Jatiluhur dan Cirata, bukan kawasan perbukitan yang sejuk dan hijau.

Selain adanya tempat wisata baru di kawasan tersebut, belakangan ini Purwakarta ramai diperbincangkan.

Dengan sejuta pesona dan panorama alam yang mempesona, serta masih banyak spot indah yang tersembunyi, Purwakarta ternyata memiliki tempat wisata keren yang belum banyak diketahui orang.

Ketinggian Situ Wanayasa via Ig @rdr_aerialKetinggian Situ Wanayasa via Ig @rdr_aerial

Tempat wisata keren di Purwakarta diantaranya situs budaya, situs sejarah bahkan air terjun cantik yang sangat memanjakan mata. Salah satu objek wisata di Purwakarta yang bisa dijadikan rekomendasi untuk dikunjungi adalah Wisata Alam Situ Wanayasa.

Periksa juga: 19 oleh-oleh khas Purwakarta

Tempat wisata alam Situ Wanayasa

Properti Wisata Alam Situ Wanayasa terletak di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, sekitar 23 km sebelah tenggara Kota Purwakarta. Properti wisata Situ Wanayasa terletak persis di Jalan Raya Wanayasa nomor 36, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Wisata Alam Situ Wanayasa via IG @patlot.hideungWisata Alam Situ Wanayasa melalui IG @patlot.hideung

Selain bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah, pengunjung juga bisa mencoba berbagai jenis permainan yang ada di objek wisata ini. Dengan menaiki perahu dayung bebek yang sudah ada sebelumnya, pengunjung dapat berkeliling danau atau mungkin mencoba aktivitas memancing bahkan jogging.

Situ Wanayasa atau Danau Wanayasa merupakan sebuah danau alami dengan luas sekitar 7 hektar dan ketinggian 600 mdpl dengan suhu udara rata-rata 17-20 derajat Celcius.

Telaga ini dikelilingi oleh pepohonan, perbukitan yang hijau serta air telaga yang bersih dan alami. Telaga ini memiliki latar belakang panorama Gunung Burangrang.

Selain udaranya yang sejuk, Danau Wanayasa juga memiliki keunikan yaitu adanya sebuah pulau di tengah danau tempat makam RA berada. Suriawinata, salah satu pendiri Purwakarta sekaligus bupati ke-9 Karawang, meninggal pada tahun 1827.

Untuk menuju pulau kecil di tengah Danau Wanayasa ini dibangun jembatan semi permanen untuk memudahkan akses, juga dilakukan perancangan taman di tengah danau pada tahun yang sama, termasuk menawarkan beberapa area tempat duduk yang pengunjung gunakan untuk bersantai bisa.

Banyaknya mata air di sekitar dan di dalam Situ Wanayasa menandakan bahwa danau ini adalah danau alami, bukan danau buatan. Hingga saat ini, kedalaman danau yang sebenarnya tidak diketahui karena air danau tidak pernah mengering sepenuhnya. Karena bentuknya yang seperti ketel, Danau Wanayasa sangat kokoh.

Pada masanya ada seorang tokoh yang ditunjuk untuk mengatur air dari Danau Wanayasa demi sawah-sawah yang bergantung pada air danau tersebut, yang dimaksud adalah Eyang Tambak.

Selain itu, Eyang Tambak kerap melakukan perbaikan tambak laut yang rawan bocor dan menyegelnya di beberapa tempat yang dasarnya labil. Diperkirakan Eyang Tambak hidup sekitar abad ke-19.

Saat ini sudah banyak restoran atau tempat makan di kawasan Situ Wanayasa yang akan menggugah selera para pengunjung. Bagi pengunjung yang suka makan dan menikmati wisata kuliner, ini adalah tempat untuk dikunjungi.

Pengunjung dapat melakukan agrowisata di Situ Wanayasa karena udara yang sejuk dan panorama alam perkebunan teh, manggis dan perkebunan pala yang indah.

Pengunjung yang datang bersama keluarga dapat mengikuti kegiatan pesta kebun sambil menikmati makanan khas dengan kegiatan petik pala, maranggi dan manggis.

Keindahan Situ Wanayasa via IG @shiddiq_ynwaKeindahan Situ Wanayasa via IG @shiddiq_ynwa

jam operasi

Situ Wanayasa buka 24 jam setiap hari, dimana pengunjung bisa datang ke tempat wisata ini, namun sampai saat ini pengunjung biasanya datang pada siang hingga malam hari.

Tak jarang pengunjung yang datang di pagi hari hanya ingin merasakan sejuknya udara di sekitar danau. Udara sejuk di pagi hari mendorong warga sekitar untuk berolahraga.

Tiket masuk objek wisata Situ Wanayasa tidak dipungut biaya sepeser pun atau gratis. Pengunjung yang ingin datang ke objek wisata ini dapat dibantu dengan bantuan peta terlampir telepon pintar karena sudah menerima koordinat langsung terhubung dengan aplikasi.

Biaya masuk ke Situ Wanayasa

Kira-kira berapa sih tarif masuk tempat wisata di Purwakarta ini? Untuk menikmati keindahan serta berbagai fasilitas dan wahana permainan, wisatawan tidak perlu merogoh kocek sedikitpun atau gratis.

Jadi semua orang bisa bermain di danau ini tanpa harus membayar tiket masuk. Meski dengan fasilitas lengkap, Anda tidak akan dikenakan biaya untuk menikmatinya.

Hanya wisatawan yang datang untuk lebih amannya saja yang menitipkan kendaraannya di tempat penitipan kendaraan atau tempat parkir yang telah disediakan. Anda hanya perlu membayar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk tiket parkir kendaraan.

perabot

Untuk fasilitasnya sendiri objek wisata Situ Wanayasa Purwakarta memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap mulai dari berikut ini :

  • Parkir kendaraan wisata
  • Spot foto instagic
  • toilet dan kamar mandi
  • restoran
  • fitur air
  • ruang sholat

Tempat wisata di Situ Wanayasa

Spot Instagramable via IG @misterjalanjalan.idSpot Instagramable via IG @misterjalanjalan.id

Danau ini memiliki banyak spot instagramable yang bisa kita gunakan sebagai background foto. Selain menawarkan pemandangan yang indah, banyak spot yang disadarkan pengelola untuk lebih memeriahkan tempat ini agar semakin hits.

Bagi anak muda yang mencari spot instagramable di Purwakarta, Danau Kahuripan Wanayasa bisa menjadi salah satu pilihan.

Selain spot-spot yang Instagramable, di sekitar Situ Wanayasa juga terdapat warung-warung yang menawarkan berbagai menu lezat yang siap mengganjal perut Anda yang mulai keroncongan sambil menikmati danau yang asri dan tenang.

Kunjungi juga: 22 restoran di Purwakarta

Berbagai aktivitas seru bisa kita lakukan di sini mulai dari memancing hingga berkemah hingga permainan air dan lainnya. Jadi Anda tidak akan bosan jika berkali-kali mengunjungi danau ini.

Pertunjukan musik di Situ Wanayasa via IG @siisuebPertunjukan musik di Situ Wanayasa melalui IG @siisueb

Tips berkunjung

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata populer di Purwakarta ini, berikut beberapa tips liburan yang perlu diperhatikan agar liburan Anda semakin seru adalah sebagai berikut:

  • Untuk pertama kalinya Anda harus mengunjungi situs ini di pagi atau sore hari.
  • Ajak rombongan ke sana, jangan sampai garing sendirian, kamu bisa ajak pasangan, teman, atau keluargamu untuk liburan bareng ke sana.
  • Biar liburan kamu makin berkesan, jangan lupa bawa kamera beresolusi tinggi, karena banyak spot foto yang instagramable di sini.

* * * * *

Situ Wanayasa wajib masuk dalam daftar wisata yang harus dikunjungi karena pesona keindahan alamnya yang kekinian.

Demikian rating tempat wisata Situ Wanayasa Purwakarta yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bisa menjadi referensi liburan untuk Anda dan orang tersayang di akhir pekan atau musim liburan ini.

Selamat berlibur!

Kunjungi juga: 9 air terjun di Purwakarta

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button