Berita Wisata

Ambil rute sepanjang 6 km, saksikan serunya mendaki Bukit Menoreh di Kulon Progo

Kulonprogo

Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak hanya unik dan menyenangkan. Ada juga hal-hal sehat seperti berjalan di lanskap sepanjang 6 kilometer di perbukitan Kulon Progo.

Paket wisata ini berada di lereng bukit menorehkan tepatnya di toko Ingkar Janji yang terletak di desa Pendoorejo, Kapanewon Girimulyo. Lokasi ini berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Jogja.

Paket wisata ini cocok untuk wisatawan yang menyukai kegiatan mendaki atau mendaki dengan perasaan yang berbeda. Karena kita tidak hanya berhak melihat pemandangan alam, tapi kita juga bisa melihat secara langsung aktivitas penduduk desa dan ikut terlibat dalam aktivitas mereka seperti memanen buah-buahan untuk pakan ternak.

“Ini yang membedakan dengan jalur trekking lainnya karena kita juga berinteraksi dengan warga sekitar. Kita juga bisa mencoba menggali apa saja potensi Girimulyo, apa saja yang ada di torehan ini, apa saja potensi wisatanya,” Pengelola Kedai Ingkar Janji ujar Muhammad Arif Ridho saat ditemui di sana, Sabtu (21/1/2023).

Menempuh jarak 6 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam, pengunjung akan dipersilakan menjelajahi persawahan, saluran irigasi, rumah penduduk dengan alam yang asri di atas perbukitan menorehkan. Sepanjang jalan, pengunjung juga akan berinteraksi dengan penduduk setempat, mencicipi minuman tradisional legendaris, memetik buah rambutan, dan memberi makan ternak.

Turis berjalan menuju perbukitan gores Girimulyo, Kulon Progo, Sabtu (21/1/2023).Turis berjalan menuju perbukitan gores Girimulyo, Kulon Progo, Sabtu (21/1/2023). Foto: Jalu Rahman Dewantara/ detikJateng

Tak hanya itu, pengunjung juga diarahkan menuju Bendungan Kayangan yang menjadi salah satu poin dari perjalanan panjang ini. Di sana, pengunjung bisa beristirahat sejenak dari bermain air dan menikmati pemandangan sekitar.

Perjalanan berakhir di Promise Shop. Di sini, pengunjung bisa beristirahat sambil menyantap hidangan tradisional yang disediakan pengelola.

“Jadi kita mulai dari Ingkar Janji dan diakhiri di Ingkar Janji. Kalau ada yang ingkar janji, bisa pesan makanan dan jajanan sambil istirahat,” kata Ridho.

Salah satu wisatawan, Septiana, mengaku terkesan dengan paket mendaki bukit yang ditorehkan. Menurutnya, jalannya tidak terlalu ekstrim namun cukup melelahkan. Meski begitu, rasa lelah akan langsung terbayar saat sudah sampai di puncak torehan.

Turis berjalan menuju perbukitan gores Girimulyo, Kulon Progo, Sabtu (21/1/2023).Turis berjalan menuju perbukitan gores Girimulyo, Kulon Progo, Sabtu (21/1/2023). Foto: Jalu Rahman Dewantara/ detikJateng

“Ah, puas banget. Puas banget. Awalnya capek, tapi sudah terlanjur senang melihat pemandangan seperti ini,” ujar perempuan asal Prambanan, Jawa Tengah itu.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya….

Tonton videonya “Kafe tanpa izin di Babarsari disegel, ada perlawanan”
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button