Berita Wisata

Kakorlantas Polri: Pulang Lewat Jalur Pansela Jawa Aman, Viewnya Mantap

BANTUL | patrolpost.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi melakukan peninjauan jalur persiapan mudik Lebaran 2023. Kali ini Irjen Firman meninjau jalur menuju pantai selatan (Pansela) Pulau Jawa.

Dalam ulasannya, Firman mengatakan secara umum tidak banyak kendaraan yang melintas di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa itu. Padahal, menurut dia, jalur tersebut cukup nyaman dan aman untuk dilalui.

“Sayangnya, fasilitas ini tidak bisa dieksplorasi atau diteruskan ke masyarakat. Ini bisa mengurangi volume kendaraan yang menuju wilayah timur untuk menyelesaikan perjalanan pulang,” kata Firman di Jembatan Kretek 2, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu ( 21/1/2023).

Firman mengatakan tidak ada salahnya nanti jika masyarakat yang ingin mudik bisa menempuh jalur sepanjang pantai selatan Jawa, karena pemandangan di jalur ini memang sangat indah dan bisa dinikmati.

“Tidak ada salahnya yang duluan bisa menikmati jalan-jalan ke pantai selatan Jawa, ya bisa melalui jalan yang kita lalui bersama selama 3 hari dengan segala keindahan dan fasilitas yang ada,” ujarnya. .

Untuk memastikan warga yang mudik menyeberang jalan dari pantai selatan Jawa, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan kementerian terkait.

“Setiap orang harus bisa memberikan kontribusi positif bagaimana kita bisa memastikan orang bisa melewati selatan tanpa kehilangan apapun. Kita cinta Indonesia, kita cinta pemandangannya. Tidak ada salahnya kita membangun apa yang ada di sana,” katanya.

Selain itu, jenderal bintang dua ini memberikan saran agar pulang kampung aman dan nyaman, apalagi jika melewati pantai selatan Pulau Jawa. Salah satunya mengatur waktu keberangkatan.

“Pertama, atur waktu keberangkatan agar bisa menikmati rute dengan lebih santai. Ada shelter yang bisa digunakan dan dimanfaatkan. Jumlah SPBU lebih banyak dari tahun lalu dan ini harus disosialisasikan,” katanya.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik. Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor demi alasan keamanan.

“Saya tetap imbau kalau bisa jangan pakai roda dua. Harap selalu roda empat, roda dua, serahkan ke truk, ada angkutan laut, kereta api seperti tahun lalu. Jadi ini saran keselamatan karena capek banget kecuali kalau banyak istirahat. Kalau sudah di jalan tol jangan lalai kalau menyangkut keselamatan. Makanya masyarakat harus sehat saat di jalan,” ujarnya. (hmm)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button