Berita Wisata

Nikmati Sarapan Serabi Telur Oncom di Pantai Pangandaran

Pangandaran

Cari sarapan di Pantai Pangandaran, tidak perlu bingung kesana-kemari. Di antara sekian banyak hidangan pagi di Pangandaran, serabi kamemeut Abah Aan cukup menggugah selera.

Jika Anda berjalan kaki dari pantai barat Pangandaran, jaraknya hanya 1 km dengan menyusuri pasir putih pantai timur. Lokasi Serabi Abah Aan ada di Jalan Pantai Timur sebelah RM Karya Bahari 3. Dengan gerobak dan pan pancake di sebelahnya.

Tempat duduk untuk mencicipi serabi Abah Aan langsung menghadap pantai timur. Jika datang lebih awal, pengunjung berkesempatan menyaksikan kemunculan matahari terbit. Bahkan jika cuacanya bagus, puncak Gunung Slamet di sebelah utara terlihat jelas.

Menu serabi yang disediakan oleh Abah Aan antara lain serabi original dibanderol Rp2.000, surabi oncom Rp3.000, surabi manis Rp3.000, surabi telor Rp7,5 ribu dan serabi + oncom Rp7,5 ribu.

Pemilik toko serabi Abah Aan mengatakan pancake yang paling banyak diminta adalah pancake telur oncom. Karena serabi yang paling banyak diminta adalah sambal oncom.

“Sambal oncom yang dibuat di sini menggunakan sambal oncom dari tempe,” kata Aan dalam sebuah wawancara. detikJabar, Selasa (17/1/2023).

Serabi telur oncom Abah Aan yang terkenal di PangandaranSerabi telur oncom Abah Aan yang populer di Pangandaran Foto: Aldi Nur Fadilah/detikJabar

Menurutnya, oncom di Pangandaran sangat sulit ditemukan dan biasanya rasanya pahit. Untuk mempertahankan cita rasa sambal oncom menggunakan tempe.

“Dan ternyata banyak yang suka pakai sambal tempe oncom,” ujarnya.

Selain itu, rasa khas serabi Abah Aan adalah adonannya yang dibuat lebih beraroma. Apalagi campuran sambal oncomnya.

Serabi telur oncom Abah Aan yang terkenal di PangandaranSerabi telur oncom Abah Aan yang populer di Pangandaran Foto: Aldi Nur Fadilah/detikJabar

Dari segi rasa, serabi Abah Aan kaya akan rasa manis dan pedas kuah oncomnya serta gurihnya pasta serabi. Apalagi ditambah telur goreng.

Serabi Abah Aan buka mulai pukul 05:30 WIB hingga 08:00 WIB. Kalau habis jam 07:00 WIB, tinggal jualan kopi dan minuman. Saat pertama kali dibuka, Serabi Abah Aan dipenuhi pembeli lokal dan turis.

Ia mengaku berjualan sejak 2011, awalnya berjualan di pesisir barat Pangandaran. Namun dipindahkan, jadi dipindahkan ke pantai timur Pangandaran.

Menurutnya, dalam sehari bisa menghabiskan banyak tepung. Kalau weekday bisa 4-5 kg ​​tepung dan kalau weekend bisa sampai 10 kg tepung.

Katanya omzet harian Abah Aan sangat menggiurkan. “Alhamdulillah sehari bisa dapat Rp 500.000, kalau ramai bisa dapat Rp 1 juta,” ujarnya.

(Nyam nyam)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button