Berita Wisata

15 Tempat Wisata Populer Di Papua Seperti Surga Yang Tersembunyi

TEMPO.CO, Jakarta – – Papua adalah salah satu pulau yang terletak di bagian timur Indonesia. Selain terkenal dengan budayanya yang menarik, Papua juga memiliki beragam tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar wisata yang ditawarkan adalah wisata alam seperti lembah, pegunungan, keindahan dari laut hingga pantai. Oleh karena itu akan cocok bagi Anda yang lebih suka berwisata di alam.

Rekomendasi Tempat Wisata di Papua

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Papua yang bisa Anda kunjungi.

1. Danau Paniai

Jika Anda sedang berkunjung ke Papua, Danau Paniai bisa menjadi tujuan wisata yang harus dikunjungi. Pada World Lakes Conference tahun 2007, danau ini dinobatkan sebagai danau terindah. Pemandangannya memang sangat mempesona, terutama saat senja. Anda juga bisa memancing karena danau ini merupakan salah satu penghasil ikan air tawar terbesar di Papua.

Sungai Yawei mengalirkan air dari Danau Paniai menuju Timika. Sungai jernih inilah yang menghubungkan penduduk desa di sekitar Danau Paniai di Kabupaten Enarotali, Provinsi Papua. Tempo/Rully Kesuma

2. Danau Sentani

Selain danau-danau di atas, Anda juga bisa mengunjungi Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar. Di wilayah Papua, danau ini merupakan danau terbesar. Danaunya juga indah dan banyak pulau yang menghiasi danau tersebut.

3.Raja Ampat

Siapa yang tidak tahu tempat wisata unik ini? Raja Ampat merupakan tempat wisata populer yang wajib Anda kunjungi. Kawasan ini meliputi pulau-pulau besar seperti pulau Waigeo, Salawati, Batanta dan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Jika Anda berkunjung ke Raja Ampat, Anda bisa snorkeling dan melihat berbagai macam biota laut.

Gugusan pulau di Raja Ampat, Papua Barat.

4. Lembah Baliem

Selain itu, tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Lembah Baliem yang merupakan rumah bagi suku Dani, Yali, dan Lani. Lembah ini terletak di Pegunungan Jayawijaya. Selain jalan-jalan, Anda bisa berinteraksi langsung dengan suku-suku di Lembah Baliem yang masih mengenakan pakaian tradisional. Anda bahkan bisa menghadiri pertunjukan musik khas Papua.

Anak-anak di depan honai atau rumah adat di Kurulu, Wamena, Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua, 11 Agustus 2017. Rumah honai terbagi menjadi tiga jenis, yaitu untuk laki-laki (disebut Honai), perempuan (disebut Ebei) dan a kandang babi (disebut Wamai). Tempo/Rully Kesuma

5. Pantai Bosnik

Jika ingin menikmati resort, Anda bisa mengunjungi pantai Bosnik. Pantai Bosnik sendiri terletak di desa Woniki, 15 km dari pusat kota. Selain menikmati suasana pantai yang asri, Anda juga bisa menyewa gazebo seharga Rp 50.000 dan menikmati kulinernya.

Untuk bisa mengunjunginya, Anda hanya perlu membayar sepuluh ribu rupiah saja untuk masuk ke kawasan pantai ini. Harga yang sangat terjangkau untuk melihat keindahan pantai.

Turis bermain air di tepi Pantai Bosnik, Biak, Papua. flickr.com

6. Pulau Rumberpon

Selanjutnya tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Pulau Rumberpon yang terletak di Teluk Wondama. Untuk mencapainya, dibutuhkan waktu sekitar 5 jam dengan perahu dari Manokwari.

Salah satu pantai yang terkenal di pulau ini adalah Pantai Pasir Panjang yang memiliki garis pantai sepanjang 6 km. Kegiatan yang sering dilakukan pengunjung adalah menyelam, memancing, dan berenang.

7. Monumen MacArthur

Selain terkenal dengan tempat wisata alamnya, Papua juga memiliki tempat wisata sejarah. Tugu MacArthur yang merupakan tugu setinggi 3 meter dengan warna kuning dan hitam ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda. Monumen ini menulis sejarah Jenderal Douglas MacArthur. Selain itu, ada juga museum yang berisi kisah-kisah sejarah.

8. Desa Wisata Swandarek

Papua memiliki tempat wisata bernama Desa Swandarek yang terletak di Kabupaten Raja Ampat. Di desa tersebut Anda bisa melihat banyak rumah adat dan bercengkerama dengan penduduk asli yang tinggal di pesisir pantai. Rumah mereka yang masih terbuat dari kayu dan beratap rumbia menjadi daya tarik wisata.

Suasana desa wisata Swandarek, Raja Ampat, Papua Barat. WAKTU | Alfan Noviar

Lihat: Desa Wisata Swandarek, Raja Ampat, mendapat sambutan hangat dari Elis dan pasukannya

9. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Hotspot wisata di Papua selanjutnya adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang dijaga ketat oleh pemerintah. Luasnya bahkan terluas di Indonesia, mencapai 1.453.500 hektar. Di sini Anda bisa menjumpai berbagai jenis hewan laut yang cantik seperti penyu, kura-kura, lumba-lumba dan hiu saat snorkeling.

10. Bukit Jokowi

Siapa sangka Papua memiliki tempat wisata yang diberi nama Presiden ke-7 Indonesia yaitu Presiden Joko Widodo. Bukit ini dinamakan bukit Jokowi karena pernah mengunjunginya pada tahun 2014 lalu. Dari atas bukit ini, Anda bisa mengagumi keindahan Papua saat matahari terbenam.

11. Air Terjun Bihewa

Papua tidak hanya terkenal dengan keindahan alam berupa lautnya tetapi juga air terjunnya. Salah satunya Air Terjun Bihewa yang terletak di Kabupaten Nabire. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

Anda bisa menikmati kesegaran airnya sambil berenang di kolam renang dan suasananya selalu sangat asri.

12. Gunung Botak

Tempat wisata selanjutnya yang cocok bagi anda yang menyukai petualangan adalah Gunung Botak. Dinamakan demikian karena gunung ini tidak memiliki pohon-pohon tinggi di sekitarnya. Sangat cocok bagi anda yang ingin berfoto dengan keindahan Papua dari puncak gunung.

13. Gunung Carstensz

Jika Anda suka panjat tebing, Anda juga bisa mendaki gunung ini. Gunung Carstensz sendiri merupakan gunung yang memiliki puncak tertinggi di Indonesia, sekitar 4.884 mdpl. Karena ketinggian di atas Anda dapat menikmati salju.

14. Taman Nasional Lorentz

Selain Taman Nasional Teluk Cendrawasih, ada juga Taman Nasional Lorentz yang merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Luas taman ini mencapai 2,4 juta hektar dan telah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Kekhasan tempat wisata ini adalah adanya gletser di tengah daerah tropis yang hanya dimiliki 3 wilayah di dunia termasuk satu di Papua. Di sini Anda juga bisa menikmati berbagai jenis flora dan fauna cantik yang masih terjaga.

15. Air Terjun Karmon

Terakhir, Anda juga bisa mengunjungi Air Terjun Karmon di Hutan Biak. Air terjun ini sangat populer karena aliran airnya yang indah seperti bunga yang mekar, selain itu tebing-tebing di bawahnya juga menambah keindahan air terjun ini. Untuk menuju ke sana, cukup berjalan kaki sekitar 100 meter.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Papua yang bisa menjadi pilihan saat ingin berwisata ke sana. Semoga bermanfaat!

VIVIA AGARTHA F | AWAL RAMADHANI

Baca: Antisipasi 5 Hal Berikut Saat Traveling ke Papua

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Pembaruan Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button