Tempat Wisata

WA Web dan Kegunaannya untuk Pemula + Fitur

Dibandingkan sejumlah aplikasi sejenis lainnya, chatting di WhatsApp dengan smartphone memang paling keren. Tapi ada juga orang yang suka menggunakannya web WA di PC atau desktop Anda karena sejumlah alasan.

wa-web

Misalnya karena ingin menikmati pengalaman chatting di layar yang lebih besar atau membalas pesan penting sambil tetap mengerjakan tugas/pekerjaan di laptop. Apapun alasannya, Whatsapp Web memang sangat membantu dalam beberapa hal dan juga sangat mudah digunakan.

Apa itu WhatsApp Web?

Sebelum berbicara lebih jauh tentang langkah-langkah menggunakannya, Anda perlu mengetahui apa itu WhatsApp Web terlebih dahulu. Secara keseluruhan, Whatsapp Web sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi Whatsapp yang Anda gunakan di smartphone Anda.

WhatsApp Web hanyalah versi lintas platform dari aplikasi seluler WhatsApp yang dapat Anda gunakan di perangkat yang lebih besar seperti Tab, MacBook, PC, atau Laptop.

Sama seperti versi mobile, Whatsapp versi desktop juga memungkinkan Anda untuk membaca dan mengirim pesan, mengirim atau mendengarkan pesan suara, serta mengirim dan menerima file melalui desktop.

Versi terbaru bahkan dapat digunakan untuk mengirim dan menerima foto dan video. Semua obrolan Anda juga sepenuhnya dan otomatis disinkronkan antara dua perangkat (desktop dan smartphone).

Itu artinya semua obrolan di smartphone Whatsapp bisa dibaca di laptop Whatsapp. Begitu juga jika Anda ingin mengirim chat baru ke kontak tertentu, Anda tidak perlu memasukkan ulang nomor karena Whatsapp versi web sudah bisa membaca semua kontak yang sudah Anda simpan di smartphone Anda.

Bagaimana cara mendaftar WhatsApp Web?

Jawabannya cukup mudah! Prosesnya hanya membutuhkan waktu beberapa detik. Namun sebelum Anda mencoba mendaftar, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui dan pahami, yaitu:

  1. Perangkat memiliki browser

Browser milik perangkat

Untuk membuka Whatsapp Web harus menggunakan laptop/pc/tab yang memiliki browser seperti Google Chrome, Mozilla, Opera atau lainnya.

  1. Sambungkan ke jaringan Internet

Terlepas dari pilihan browser, akses Internet harus digunakan dalam hal apa pun, bukan? Oleh karena itu, perangkat Anda harus terhubung ke Internet melalui hotspot ponsel, modem, atau WLAN.

Terhubung ke jaringan internet

Opsi ketiga adalah yang paling direkomendasikan, karena perangkat yang perlu terhubung ke Internet tidak hanya laptop atau PC Anda, tetapi juga ponsel cerdas Anda. Kalau pakai kuota/paket data biasa sepertinya lebih boros.

  1. Ponsel harus tetap aktif

Jika ponsel Anda mati, mungkin karena baterainya mati atau Anda sengaja mematikannya, jangan harap bisa menggunakan Whatsapp Web. Karena saat ponsel mati, Whatsapp Web otomatis berhenti dan bahkan bisa logout.

Whatsapp Web tidak sama dengan software atau aplikasi versi desktop, jadi anda tidak perlu mendownload ekstensi, aplikasi atau software apapun di PC/Laptop anda. Cukup ikuti panduan di bawah ini dan itu akan membawa Anda langsung ke Whatsapp Web:

  • Buka salah satu browser di laptop/PC dan copy paste atau ketik https://web.whatsapp.com/ (tanpa tanda petik).
  • Tanpa harus menekan enter, layar perangkat Anda akan langsung menampilkan barcode. Sekarang ambil ponsel Anda dan buka aplikasi WhatsApp.
  • Jika Anda menggunakan iPhone, buka menu “Pengaturan/ “pengaturan” dan tab Opsi “Whatsapp Web/Desktop”. Sekarang tekan tombol biru dengan kata-kata “Tautkan perangkat” dan klik tombol “Oke”.
  • Jika Anda menggunakan Android, tab ikon “tiga titik tegak lurus” terletak di sudut kanan atas layar setelah Anda membuka aplikasi WhatsApp dan kemudian pilih opsiWeb WhatsApp” dan tekan tombol hijau dengan kata-kata “Perangkat tautan”.
  • Sekarang fungsi kamera akan terbuka secara otomatis di aplikasi WhatsApp. Arahkan kamera smartphone ke layar laptop/pc tepat di depan barcode dan sekarang Anda akan dibawa langsung ke Whatsapp Web.

Cara Penggunaan web WA?

Tergantung kebutuhan Anda, berikut penjelasan cara mengirim chat, file, foto/video, dll melalui Whatsapp Web:

balas obrolan

Ini yang paling mudah bahkan bagi Anda yang baru mengenal Whatsapp Web. Setelah masuk, riwayat obrolan Anda akan segera muncul di layar dan Anda hanya perlu mengetuk kolom “Ketik pesan” seperti yang biasa Anda lakukan di aplikasi seluler WhatsApp.

Caranya cukup sederhana, yaitu dengan mengarahkan kursor mouse ke atasnya “bidang pencarian” (Kolom dengan ikon kaca pembesar mirip dengan Whatsapp Mobile) lalu masukkan nama kontak yang ingin Anda ajak mengobrol. Setelah nama kontak ditampilkan, klik sekali dan ruang obrolan akan segera terbuka.

  • Cara mengirim foto, video, dokumen, dan kontak

Whatsapp Web memiliki fitur yang mirip dengan WhatsApp Mobile yang memungkinkan Anda untuk mengirim video, dokumen, dan bahkan kontak. Triknya adalah:

  • Setelah memilih kontak dan ruang obrolan terbuka, klik pada gambar “klip kertas” yang di sebelah pilar “Ketik pesan” sebelumnya, lalu klik salah satu opsi “Kontak”, “Dokumen”, “Foto/Video”.
  • Setelah jendela baru terbuka, cari file dokumen/foto/video yang ingin Anda kirim. Ketika Anda menemukannya, klik pada file dan klik “Membuka”.
  • Kemudian klik tombol hijau yang terlihat mirip “Panah ke kanan” (posisinya ada di pojok kanan bawah layar laptop/PC), dan sekarang dokumen/video/foto sudah terkirim.
  • Caranya sama jika ingin mengirim kontak. Setelah mengklik opsi “Kontak”, Sebuah jendela baru akan muncul dengan daftar kontak di telepon Anda.
  • Klik nomor yang ingin Anda kirim, lalu klik “Panah ke kanan” dua kali dan selesai.

Catatan: Anda dapat mengirim hingga 30 foto atau video sekaligus. Batas ukuran untuk setiap video adalah 16MB.

Selain foto, video, dokumen dan kontak, Anda juga dapat mengirim pesan suara melalui Whatsapp Web dengan cara sebagai berikut:

  • Buka chat di Whatsapp Web dan klik gambarnya “Mikropon”.
  • Sebuah jendela pop-up akan muncul meminta izin akses. klik “Untuk memungkinkan” dan sekarang mulai berbicara.
  • Klik Tanda Tangan “Daftar Periksa Hijau” setelah Anda selesai merekam dan klik “Palang Merah” jika rekaman Anda salah.
  • Simpan foto dan video
  • Buka chat yang berisi foto atau video yang ingin disimpan.
  • Klik foto atau video, lalu klik panah bawah di pojok kanan atas foto atau video.
  • Pilih opsi “Unduh” dan foto atau video disimpan langsung ke laptop.

Saat ini hampir setiap pemilik smartphone telah menggunakan aplikasi Whatsapp. Sedangkan web WA sendiri lebih sering digunakan oleh orang yang bekerja dengan komputer/laptop.

Whatsapp versi web ini memiliki fitur yang mirip dengan versi seluler dan telah menjadi alat komunikasi yang sangat kuat yang dapat digunakan tidak hanya untuk komunikasi pribadi tetapi juga untuk tujuan bisnis.

hubungan:

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button