Berita Wisata

Nyalakan Api Tungku Pangek Lapuak, Cara Bupati Eka Putra Buka Pesta Pesona Nagari Barulak

RINGKASAN JURNAL | Batusangkar – Festival Pesona Barulak, Sabtu (25/9) dibuka oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, ditandai dengan penyalaan api tungku Pangek Lapuak di pasar Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru, Tanah Datar.

Dalam kesempatan ini Bupati Eka menyampaikan bahwa Festival Pesona Barulak merupakan prosesi mengembalikan sejarah dengan peletakan batu balai baru suku. Dan sejarah yang telah lama hilang dan dihidupkan kembali, salah satu tujuan Progul adalah menjadi pelajaran bagi anak cucu dan generasi muda di Nagari setempat.

Ia mengatakan tujuan lain dari Progul adalah untuk merangsang dan menghidupkan kembali sektor pariwisata di nagari, baik itu wisata tradisional, budaya atau wisata alam, untuk menggeser perekonomian dari masyarakat melalui produk UMKM di nagari, dan mendorong sanggar seni budaya untuk aktif,” kata Eka.

Dengan melakukan kegiatan untuk mendukung program ini, kata Eka, ia juga mampu menumbuhkan rasa persatuan bagi seluruh elemen masyarakat nagari untuk turut menyukseskan acara yang diselenggarakan dan ditampilkan.

Dengan kerjasama semua pihak di Nagari Barulak mulai Pemerintah Nagari, BPRN, KAN, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Pemuda, Bundo Kanduang, Pengembara dan seluruh lapisan masyarakat serta DPO terkait dengan tim Kurator, Eka menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas keberhasilan kegiatan festival sebagai bentuk dukungan kepada Progul Satu Nagari.

Nagari Barulak, kata Eka, memiliki beberapa manfaat dan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif serta merupakan pintu masuk bagi orang asing ke Tanah Datar yang memiliki kekayaan kuliner pangek ikan lapuak, memiliki produk UMKM Sangkar Burung, juga memiliki pengobatan patah tulang dan memiliki mendirikan agrowisata Boncah Raya, populer di mana-mana.

Turut memberikan sambutan pada pembukaan Festival Pesona Barulak yang cukup meriah, General Manager F.Dt.Mangiang Sati, Wali Nagari Barulak M.Dt.Body Airport keduanya

di hadapan Bupati periode 2005-2015 Bpk. Shadiq Pasadiqoe, Anggota DPRD Tanah Datar, Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra, LKAAM Tanah Datar, Kepala OPD Kabupaten Tanah Datar, tokoh masyarakat dan tamu undangan – habede

Source: jurnalsumbar.com

Related Articles

Back to top button