Berita Wisata

Taman Goa Sunyaragi Cirebon, Wisata Edukasi Sejarah

Cirebon

Taman Gua Sunyaragi merupakan salah satu destinasi wisata budaya dan sejarah di Kota Cirebon, Jawa Barat. Bagi Anda yang ingin berlibur sekaligus menambah wawasan sejarah, destinasi wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk dikunjungi.

Taman Gua Sunyaragi merupakan salah satu peninggalan sejarah yang berusia ratusan tahun. Seperti namanya, taman ini terdiri dari gua-gua buatan manusia yang hampir 60% materialnya menggunakan karang.

Saat berkunjung ke tempat wisata ini, Anda akan melihat kemegahan salah satu peninggalan sejarah Keraton Cirebon di masa lampau.

Sebelumnya, Taman Gua Sunyaragi memiliki nama asli Taman Panyepi Ing Raga Kaputren. Saat itu, taman ini dijadikan sebagai tempat bermain bagi putra-putri keluarga Keraton Cirebon.

Di Taman Gua Sunyaragi, beberapa tempat memiliki nama fungsinya masing-masing. Seperti Gua Penjaga, Gua Simanyang, Gua Pawon, Gua Argajumut, Gua Langse dan beberapa tempat lainnya.

Saat liburan atau akhir pekan, Taman Air Gua Sunyaragi selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Wisatawan ini berasal dari Jakarta, Bandung, Majalengka, Kuningan, Indramayu, serta beberapa daerah lainnya.

“Yang datang kebanyakan dari daerah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan). Yang dari Jakarta atau Bandung biasanya datang berombongan,” kata Humas Taman Gua Sunyaragi, Eko Ardi Nugraha kepada detikJabar di Cirebon. , baru-baru ini.

Bagi Anda yang ingin mengisi liburan sekaligus menambah wawasan sejarah, Taman Gua Sunyaragi bisa menjadi pilihan tempat wisata untuk dikunjungi.

Untuk mendapatkan penjelasan tentang sejarah Taman Gua Sunyaragi, seorang guide atau pemandu wisata siap mengantarkan pengunjung ke setiap bangunan.

Sedangkan jika ingin mengabadikan momen liburan di tempat ini, Taman Air Gua Sunyaragi juga memiliki beberapa spot foto yang Instagramable. Menurut Eko, tidak sedikit pengunjung yang sengaja datang ke Taman Gua Sunyaragi hanya untuk berfoto.

“Pengunjung yang datang biasanya bertujuan berwisata sambil berfoto. Ada juga yang ingin mengetahui sejarahnya. Tapi hanya sekitar 15% saja,” ujarnya.

*Lokasi dan Harga Tiket Taman Gua Sunyaragi*

Bagi anda yang sedang berlibur di Taman Gua Sunyaragi, tempat wisata ini terletak di Jalan Brigjen Dharsono di kota Cirebon. Tepatnya di Desa Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon.

Jika dari Terminal Harjamukti Kota Cirebon, Taman Gua Sunyaragi hanya berjarak sekitar 2,3 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 7 menit. Lokasinya sendiri dapat diakses kendaraan roda dua atau empat.

Dari segi fasilitas, Taman Gua Sunyaragi memiliki tempat parkir yang cukup luas. Jadi bagi Anda yang datang bersama keluarga atau rombongan, tidak perlu khawatir.

Untuk menuju tempat ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000/orang. Namun, harga tersebut belum termasuk biaya jika Anda menggunakan jasa tour guide.

Menurut Eko, untuk jasa pemandu wisata atau guide, pengunjung baik individu maupun rombongan biasanya dikenakan tarif Rp 20.000 hingga Rp 50.000.

“Tiket masuknya Rp 15.000. Tapi dengan pemandu, pengunjung biasanya memberikan Rp 20.000 hingga 50.000,” kata Eko.

Simak video “Makan Jagung Bakar Sambil Menikmati Pemandangan Bukit Gronggong”
[Gambas:Video 20detik]
(tei/tei)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button