Berita Wisata

Bunga Rafflesia mekar sempurna di Solok

Jasa guide disediakan bagi wisatawan yang ingin melihat bunga rafflesia yang mekar sempurna di Solok.

Solok – BungaRafflesiaarnoldiditemukan mekar penuh di Nagari Saniangbaka, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Menurut Koordinator Kelompok Sadar Wisata Tangaya Nagari Saniangbaka Wisata Alam (Kerakusan), Muhammad Rizki di Singkarak, Senin, bunga langka ini ditemukan mekar penuh sejak Kamis (19/1).

“Biasanya kalau baru mekar tiga sampai tujuh hari. Kalau bunga yang ditemukan awal tahun ini sudah mulai layu atau menghitam. Itu sudah tidak bagus lagi,” ujarnya.

Rizki mengatakan ada beberapa kumbangRafflesiayang akan mekar sekitar dua minggu di Gaduangbeo.

Ia juga mengatakan pada tahun 2022 ada 27 mogulRafflesiaditemukan di Saniangbaka dan 23 diantaranya berbunga sempurna, empat lainnya tidak berbunga.

“Biasanya waktu berbungaRafflesiaakan mekar jika cuaca terlalu panas sehingga menyebabkan (bunga) menjadi kering. Namun, jika cuaca terlalu lembab atau hujan deras, bunga akan membusuk,” ujarnya.

Dikatakannya, selain memberikan pelayanan untuk membantu wisatawan yang ingin melihat bungaRafflesia,kelompok penjangkau pariwisata mendukung upaya konservasi puspa langka yang merupakan salah satu aset ekowisata kawasan.

“Kami terus bergerak untuk pelestarian dan pelestarian bunga langka ini,” ujarnya.

Baca juga :

Bunga Rafflesia yang mekar di pekarangan warga Agam bertambah menjadi tujuh


Editor : Marcellus Widiarto

Penulis : Termasuk antara

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button