Berita Wisata

Ada robot Gatotkaca mengantarkan makanan di kampung pintar Tembok Gede Oase, Surabaya

Wartawan: Mohammad Zainal Arif

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Warga Desa Oase Pintar Tembok Gede, Surabaya, terus berupaya menarik orang luar untuk berkunjung ke desanya.

Hal inilah yang kemudian mendorong para penghuni untuk membuat spot foto kekinian dengan kehadiran robot-robot dengan karakter yang berbeda-beda.

Wajar saja, desa ini berupaya memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui kehadiran kafe desa pintar.

Kafe ini menawarkan berbagai olahan makanan dan minuman dari warga setempat. Seperti Lumpang Herbal, Puding Kelor, STMJ, Mie Ayam, Kopi, dll.

Untuk menarik pengunjung, warga RT 03 RW 02 Kampung Pintar Oase Tembok Gede, Desa Bubutan, Kecamatan Bubutan membuat beberapa robot baru, seperti robot musisi dan robot Gatotkaca.

Di salah satu kafe tersebut, Anda bisa melihat dua robot musik memainkan gitar dan biola. Hebatnya, kedua robot tersebut berhasil dibuat hanya dalam waktu tiga hari dengan menggunakan bahan dan peralatan sederhana.

Diantaranya pipa paralon, celengan bekas, lampu taman, kaleng, dinamo kipas dan papan triplek.

Kedua bot berfungsi untuk menghibur pengunjung dengan irama musik saat diaktifkan.

Sementara untuk menggerakkan tangannya agar terlihat seperti sedang memainkan gitar, Anang selaku desainer robot menggunakan dinamo kipas.

“Robot ini sebagai pemanis kafe outdoor, sehingga warga bisa menjual sebagian produk UMKM kepada pengunjung,” kata Anang.

Tak berhenti sampai di situ, desa ini juga telah menciptakan robot yang tak kalah canggih, bernama Gatotkaca. Seperti namanya, robot ini terlihat gagah karena besar dan tinggi.

Robot yang hadir dengan warna coklat lengkap dengan asesorisnya ini berfungsi mengantarkan pesanan dan makanan kepada pembeli.

Robot ini juga dibuat dari barang-barang bekas seperti penanak nasi bekas, periuk, periuk, dan mainan mobil-mobilan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button