Berita Wisata

Berlabuh! Taman Handayaningrat dan Umbul Peceren, tempat wisata baru di Boyolali

Boyolali

Pengging di Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali dikenal sebagai destinasi wisata pantai dan religi. Banyaknya kunjungan wisatawan ke kawasan ini ditanggapi oleh Pemerintah Desa Dukuh untuk turut mengembangkan desa wisata.

Sebuah tempat wisata baru telah dibuat oleh pemerintah desa Dukuh. Namanya Taman Handayaningrat dan Umbul Peceren. Tempat wisata ini menggabungkan wisata renang, food courtdan tempat bermain anak.

“Lokasi wisata ini merupakan hasil perencanaan sebelumnya oleh Kepala Desa Dukuh Pak Sri Sadono,” kata Kepala Desa Dukuh Sartono saat peresmian Taman Handayaningrat dan Umbul Peceren, Senin (23/1/2023).

Lokasi Taman Handayaningrat dan Umbul Peceren berada persis di sebelah timur kompleks Umbul Tirto Marto, Pengging. Di sebelah timur Umbul Ngabean atau di belakang balai desa, pengunjung bisa mandi di Umbul Peceren.

Lalu ke samping food court yang menawarkan beberapa menu makanan. Pengunjung bisa kulineran di tempat ini. Di area terbuka juga terdapat meja dan kursi berhias lampu.

Di depannya, di seberang jalan, ada Taman Handayaningrat. Lokasi ini merupakan wahana permainan anak-anak. Bahkan ada jalur untuk anak-anak bermain sepeda trail.

“Pengembangan wisata ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Desa Dukuh, Deswita (Desa Wisata) dan BUMDes,” jelasnya.

Menurutnya, peresmian tempat wisata baru Umbul Peceren dan Taman Handayaningrat ini merupakan langkah awal pengembangan pariwisata di Desa Dukuh. Pengembangan desa wisata ini untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Umbul Peceren di Pengging, Banyudono, Boyolali, Senin (23/1/2023).Umbul Peceren di Pengging, Banyudono, Boyolali, Senin (23/1/2023). Foto: Jarmaji/ detikJateng

Pariwisata di desa yang merupakan bagian dari wisata Pengging ini, lanjutnya, akan terus dikembangkan. Antara lain rekreasi, kuliner, outbond dan wisata religi.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Boyolali, Supana menyambut baik dibukanya wisata baru di Desa Dukuh. Ia berharap Desa Wisata Dukuh berkembang dan bersinergi dengan tempat wisata sekitar di Pengging.

Kisah dibalik nama Umbul Peceren

Panji atau mata air di Pengging, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali banyak terdapat dengan nama yang berbeda-beda. Salah satu umbul tersebut memiliki nama yang unik yaitu Umbul Peceren. Apa ceritanya?

Daerah ini dikenal sebagai tempat wisata religi. Banyak pengunjung yang melakukan tirakat dengan membungkukkan badan di depan spanduk. Ada Umbul Ngabean, Umbul Dudo, Umbul Temanten di komplek Umbul Tirto Marto. Lalu ada Umbul Sunsang, Umbul Kendhat atau Umbul Gumuling, dan lainnya.

“Di sini (Pengging) banyak tempat ritual (umbul kungkum),” kata budayawan asal Pengging, Sujarwanto, Senin (23/1).

Selengkapnya di halaman berikutnya.

Tonton video “Kunjungi Ekowisata Water Park Boyolali”
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button