Tempat Wisata

Air Terjun Selang Prince – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp15.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Timbang, Kec. Bohorok, Cab. Langkat, Sumatera Utara.

Tidak ada alasan untuk meragukan kekayaan alam provinsi Sumatera Utara. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang terkagum-kagum dengan pesonanya. Misalnya keindahan alam air terjun. Di Sumatera Utara sendiri terdapat banyak destinasi air terjun alami yang masing-masing memiliki keunikan yang tidak ditemukan di tempat lain.

Wisata air terjun tidak hanya menawarkan keindahan alam yang masih asri, tetapi juga pengalaman tracking yang seru, karena sebagian besar air terjunnya berhutang. Sulit untuk menuju ke tempat tersebut, begitu pula dengan wisata air terjun yang satu ini. Air terjun yang berada di provinsi Sumatera Utara ini bernama Air Terjun Selang Prince.

Nama air terjun ini diambil dari nama sungai yang mengalirinya, yaitu Sungai Selang Prince di Kabupaten Langkat. Menurut cerita penduduk setempat, air terjun yang indah ini ditemukan oleh penduduk desa yang sedang mencari kayu bakar di hutan. Sekarang air terjun ini dikelola oleh warga setempat.

Daya tarik Air Terjun Selang Pangeran

Daya tarik Air Terjun Selang PangeranKredit Foto: Instagram Like Indonesia

1. Air terjun tingkat pertama

Air Terjun Selang Prince memiliki dua tingkatan yang membuatnya unik. Tahap pertama dari air terjun eksotis ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan aliran air yang tidak terlalu deras. Air, menjadi sangat tipis, menghantam bebatuan besar di bawah. Suara yang dikeluarkan oleh air terjun ini sangat menyenangkan karena tidak terlalu banyak bergemuruh.

2. Air terjun tingkat kedua

Air terjun tingkat kedua ini memiliki ketinggian yang tidak berbeda jauh dengan air terjun tingkat pertama. Ciri yang membedakan dari tingkat kedua ini adalah pembuangan airnya yang lebih berat dari tingkat pertama. Sehingga aliran kebawah dengan air yang banyak juga deras. Karena air yang mengalir pada tingkat pertama membentuk arus.

3. Tebing terjal dan cukup terjal

Bagi pecinta panjat tebing, mengunjungi air terjun yang memesona ini juga bisa menyenangkan. Keadaan air terjun tersebut memiliki tebing yang cukup terjal dengan bentuk yang sangat kokoh untuk dapat didaki.

4. Rumah susun miring untuk berkemah

Objek wisata yang dimiliki Air Terjun Selang PangeranKredit foto: Google Maps Ricky Febriansyah

Daya tarik Air Terjun Selang Prince selanjutnya adalah adanya tingkat landaian yang cukup luas untuk digunakan berkemah atau camping. Wisatawan yang ingin berkemah diperbolehkan di tempat ini.

5. Terletak di kawasan Taman Hutan Raya Gunung Leuser

Air terjun cantik ini berada di dalam hutan dan termasuk dalam kawasan TNGL. Berada di kawasan taman hutan, Air Terjun Selang Prince memiliki suasana yang sejuk, rindang dan tentunya sangat alami. Cocok untuk wisatawan yang suka berpetualang.

6. Wisata Petualangan

Untuk menuju ke tempat air terjun ini berada, wisatawan perlu menempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan berjalan kaki atau tracking. Dalam tracking ini wisatawan harus menyeberangi Sungai Landak setinggi lutut, kemudian harus berjalan lagi melewati perkebunan karet dan melewati Sungai Selang Prince.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Selang PangeranKredit foto: Instagram Fatih & Alkha Aventure

Secara administratif, air terjun ini berada di Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Langkat. Bagi wisatawan untuk sampai ke lokasi gapura membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan dari Kota Medan. Untuk menuju ke desa tempat air terjun ini berada yaitu Desa Lawang dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau dengan bus.

Setelah sampai di desa Lawang, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 3 km menuju gerbang terdekat menuju hutan. Pintu rimba merupakan gerbang masuk untuk menuju lokasi air terjun. Begitu sampai di pintu masuk, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai, hutan dan perkebunan karet milik warga.

Agar tidak tersesat di dalam hutan, wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Air Terjun Selang Prince sebaiknya menyewa guide atau pemandu, karena jalan menuju lokasi air terjun harus masuk ke dalam kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser.

Biaya masuk wisata alam

Biaya masuk ke Air Terjun Selang PangeranKredit foto: Instagram oleh Benny Chandra

Biaya yang harus dikeluarkan pengunjung untuk mengunjungi kawasan Air Terjun Selang Prince adalah Rp 15.000,- per orang. Harga tiket ini belum termasuk biaya parkir yang dipatok Rp 2.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4.

Kendaraan roda empat jarang bisa parkir di kawasan wisata ini karena kondisi jalan. Harga tiket masuk ini dibayar di pintu masuk hutan, Selain wisata air terjun, pengunjung juga dapat menikmati pemandian alam Timbang Lawan dan menjelajahi gua-gua yang ada.

Hanya dengan Rp 15.000 wisatawan sudah bisa mengunjungi semua area di Bukit Lawang lho. Jam buka wisata air terjun yang mempesona ini adalah dari pagi hingga sore hari. Bagi pengunjung yang ingin berkemah, dapat meminta izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola agar pendataan dan petunjuk diberikan.

Aktivitas seru di Selang Prince

Celana pangeran Kegiatan seruKredit foto: Google Maps Riva Fadli

1. Trekking santai

Berwisata ke air terjun merupakan kegiatan petualangan yang akan menguras banyak tenaga. Wisatawan yang ingin merasakan petualangan di alam liar pasti menyukai kegiatan ini. Mendaki atau jalan kaki selama 1 jam di tengah hutan membuat tubuh lebih sehat dan juga bernafas lebih segar.

2. Mainkan air

Tentunya aktivitas utama setibanya di Air Terjun Selang Prince adalah bermain air. Dinginnya air berpadu dengan guyuran yang agak deras seakan mengundang tubuh untuk merasakannya. Lelah selama perjalanan akan terbayar setelah wisatawan merasakan kesegaran air terjun.

3. Panjat tebing

Bagi pecinta olahraga ekstrim dan berjiwa petualang, Anda bisa mencoba aktivitas panjat tebing di air terjun cantik ini. Adanya tebing yang cukup terjal dan stabil bisa menjadi perhentian untuk menuju puncak. Pengunjung dapat mendaki dari air terjun lapis kedua ke air terjun lapis pertama di atasnya.

4. Berkemah di sekitar air terjun

Adanya lahan miring yang cukup luas di dekat air terjun memungkinkan pengunjung untuk berkemah. Tentunya, sebelum berkemah, Anda harus memberi tahu manajemen agar mereka mengetahui tata cara dan ketentuan berkemah.

5. Arung jeram

Aktivitas seru di Air Terjun Selang PrinceKredit Foto: Google Maps sri devi gustina br Melawan angin

Air terjun yang indah ini merupakan anak sungai dari Sungai Selang Prince, di tempat ini pengunjung dapat menikmati kegiatan arung jeram bersama tim pengelola yang ada atau bersama teman-teman. Memperhatikan bahwa kegiatan yang dilakukan telah disetujui sesuai dengan prosedur yang berlaku.

6. Bersepeda di hutan

Aktivitas outdoor selanjutnya yang bisa dicoba di air terjun cantik ini adalah bersepeda. Jalur pendakian sangat cocok untuk bersepeda, setelah berkeringat saat bersepeda pengunjung bisa langsung mandi di bawah air terjun. Wisata bersepeda di kawasan pegunungan ini tentunya harus dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman.

7. Koleksi Foto Alam

Hal favorit hari ini adalah selfie dan selfie. Di kawasan air terjun yang eksotik ini, pengunjung bisa memanjakan diri dengan banyaknya spot foto dengan pemandangan alam, tentunya yang menjadi poin utama dari foto ini adalah ketinggian air terjunnya.

8. Menginap di penginapan

Jika ingin merasakan tinggal di kaki gunung namun tidak tertarik dengan kegiatan camping, pengunjung tetap bisa menginap di penginapan atau homestay yang disediakan oleh penduduk setempat di dekat tempat wisata. Udara pagi yang segar dan suasana pegunungan yang menyenangkan memungkinkan pengunjung untuk bersantai.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas di kawasan Air Terjun Selang PrinceKredit foto: Google Maps Broto Kisowo

Suhu di tempat air terjun ini antara 10 sampai 15 derajat Celcius, suhu ini tentunya cukup dingin untuk Indonesia yang beriklim tropis, suhu di air terjun ini dipengaruhi oleh letaknya yang berada di Taman Nasional Gunung Leuser. Meski berada di dalam hutan, sejumlah fasilitas tetap dibuat pemerintah untuk membantu kenyamanan pengunjung.

Fasilitas yang ada di Air Terjun Selang Prince adalah tempat parkir mobil, bumi perkemahan, kamar kecil dan juga terdapat penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam. Lahan parkir di kawasan desa wisata biasanya digunakan oleh kendaraan roda dua, karena kendaraan roda empat kesulitan melewati area jalan yang ada.

Akomodasi di kawasan wisata dikelola oleh penduduk setempat. Pengunjung dapat menggunakan fasilitas ini dengan membayar biaya sewa. Meski bukan penginapan mewah berbintang lima, penginapan di sekitar air terjun ini menawarkan keindahan alam kaki bukit kawasan pegunungan yang sejuk dan asri.

Bagaimana tertarik berkunjung ke air terjun Selang Prince yang memberikan sensasi berpetualang di alam bebas? Tips bagi wisatawan yang akan berlibur ke air terjun cantik ini adalah memakai baju hangat, sendal atau sepatu yang nyaman agar pengalaman tracking anda semakin menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button