Berita Wisata

Rafting Sungai Melangit di Klungkung Bali, Cek Lokasi

Pulau Bali tidak hanya memiliki pantai yang indah. Pulau dewata ini juga memiliki sungai-sungai yang memesona, termasuk Sungai Melangit. Sungai ini merupakan tempat yang menarik untuk mencoba arung jeram di Klungkung.

Lokasi Arung Jeram Sungai Melangit di Klungkung

Lokasi rafting Sungai Melangit di Klungkung berada di sisi barat Kabupaten Klungkung yang berbatasan dengan Gianyar. Titik awal keberangkatannya di Banjar Kawan, Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Bali. Jalur ini buka mulai pukul 09:00 hingga 16:00 WITA.

Sungai Melangit cukup menantang bagi para penggemar arung jeram. Namun, rafting di sini bisa dilakukan oleh anak-anak berusia di atas 8 tahun. Selain medan yang memacu adrenalin, Anda juga bisa mendapatkan pemandangan alam yang menyegarkan mata dan pikiran.

Untuk menuju ke Sungai Melangit, Anda harus menempuh jarak sekitar 31 km atau 1 jam perjalanan darat dari Denpasar. Anda bisa melewati Jalan By Pass Ida Bagus Mantra. Ada rambu jalan Banjarangkan/Klungkung lalu belok kiri.

Jika Anda menginap di hotel, akan ada tim yang menjemput Anda menggunakan antar-jemput gratis. Mobil tersebut sekaligus dapat mengantarkan beberapa peserta arung jeram ke beberapa hotel.

Tingkat Kesulitan Sungai Melangit untuk Arung Jeram

Tingkat kesulitan Sungai Melangit untuk rafting adalah level III hingga IV. Laporan dari Red Chilli Adventure, ada 6 tingkat kesulitan dalam perjalanan menuju sungai. Level ini berarti cukup sulit dengan ombak tinggi yang tidak beraturan, jalurnya sempit dan membutuhkan manuver.

Rute rafting Sungai Melangit sepanjang 7,5 kilometer dengan arus yang cukup kencang. Sungainya tidak begitu lebar, dan di tepian alirannya terdapat batu pembatas.

Sejak awal perjalanan, kekompakan tim diuji dengan turun sekitar 3 meter. Tim harus mengayuh lebih keras untuk melewati turunan dengan aman. Sepanjang jalan, Anda akan menghadapi beberapa belokan yang sulit, jadi Anda harus berbagi tugas dengan tim agar dapat bermanuver dengan benar.

Ada sekitar 30 jeram yang akan dilalui dan mungkin akan membuat anda berteriak kegirangan. Yang paling seru adalah saat turun disertai riak air di tengah bebatuan. Perjalanan dari titik awal hingga pemberhentian akan memakan waktu kurang lebih 90-120 menit.

Atraksi dan keingintahuan di sekitarnya

Sungai Melangit memiliki daya tarik tersendiri, baik karena medan yang sulit maupun pemandangan indah yang mengelilinginya.

1. Pemandangan Hijau

Sesampainya di assembly point atau base camp, Anda perlu berjalan kaki sekitar 5-10 menit menuju titik awal. Selama perjalanan Anda akan melihat pemandangan pepohonan hijau tinggi di kanan dan kirinya.

2. Fasilitas

Anda juga akan mendapat manfaat dari penyimpanan bagasi. Anda juga bisa membawa gadget dan kamera berkat kantong kedap udara yang disediakan oleh agen. Selain itu Anda mendapatkan makanan ringan dan makan siang.

3. Udara segar dan satwa liar

Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang hijau dengan udara segar karena jauh dari kota. Jika beruntung, Anda akan melihat binatang liar di alam liar, seperti burung dan monyet.

4. Air Terjun Kecil

Di titik akhir, rasa lelah Anda akan terbayar dengan pemandangan air terjun kecil. Setelah selesai, Anda dapat menggunakan fasilitas kamar kecil untuk membersihkan dan mengganti pakaian.

Berapa Harga Rafting di Sungai Melangit Klungkung Bali?

Harga rafting di Sungai Melangit Klungkung Bali bervariasi tergantung operator dan jenis paketnya. Berikut harga rafting di Sungai Melangit dari beberapa operator.

1. Arung Jeram Telaga Waja

Harga untuk dewasa 35 USD atau sekitar 525.000 IDR (kurs 15.000 IDR), anak-anak (5-12 tahun) 30 USD atau sekitar 450.000 IDR, paket keluarga (2 dewasa dan 2 anak) 120 USD atau sekitar 1 IDR. 8000000.

Fasilitas yang didapat antara lain transfer hotel, welcome drink, perlengkapan rafting, pemandu rafting profesional, handuk, kamar mandi, ruang ganti dan toilet, dry bag, loker bagasi, makan siang, sudah termasuk asuransi dan pajak.

2. Petualangan Rafting Bali

Harga rafting di Sungai Melangit dibagi menjadi 3 paket. Minimum order harus dua orang. Harga mulai dari 20 USD atau sekitar 330.000 untuk dewasa tanpa penjemputan.

Jika dengan penjemputan, harganya mulai dari Rp 450.000 untuk dewasa. Fasilitasnya sama dengan operator sebelumnya.

3. Klub Wisata Bali

Harga rafting dengan operator ini adalah Rp 330.000 untuk dewasa dan Rp 250.000 untuk anak usia 7-12 tahun. Fasilitas termasuk penjemputan dari hotel di area Nusa Dua, Kuta, Sanur, Ubud dan Candidasa. Selain itu fasilitas lainnya kurang lebih sama.

Demikian ulasan lengkap trip rafting Sungai Melangit, Klungkung, Bali yang cukup memacu adrenalin sekaligus memiliki daya tarik pemandangan alam yang segar. Harganya cukup terjangkau untuk kawasan wisata Bali. Pecinta alam tidak boleh melewatkan aktivitas seru ini.

Simak video “Rasa Makan Raos Pisaan Euy, Cuisine du Palais Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(teluk/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button