Berita Wisata

Komedian Abah Qomar Jadi Food Blogger, Kontennya Menarik Perhatian!

Jakarta

Dulu dikenal sebagai komedian, Abah Qomar kini hadir di TikTok. ia menjadi vlog makanan yang mengusung konsep berbeda jika membahas makanan daerah. Ini gerakannya

Nurul Qomar atau biasa dipanggil Abah Qomar adalah seorang pelawak berdarah Sunda. Sebelumnya ia pernah tampil di acara televisi bersama grup lawak Empat Sahabat bersama Derry, Eman dan Ginanjar.

Kini Abah Qomar lebih terkenal sebagai pembuat konten TikTok. Di jejaring sosial berbasis video, pengikutnya mencapai 909.000 dengan total koleksi suka (cinta) 5,5 juta.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Salah satu konten utamanya adalah tentang dapur. Abah Qomar memiliki keistimewaan menyapa penontonnya sebagai “cucu Abah” di awal video.

Pria berusia 62 tahun itu kemudian mengajak masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat kuliner mistis dan simbolis suatu daerah. Seringkali, video dilihat jutaan kali.

Komedian Abah Qomar Jadi Food Blogger, Kontennya Menarik Perhatian!Abah Qomar berkunjung ke pelabuhan Nasi Jamblang dan menjelaskan secara singkat kuliner khas Cirebon ini. Foto: TikTok abah. qomar

Misalnya saat Abah Qomar berkunjung ke pelabuhan Nasi Jamblang (6/1) di Cirebon. Ini menunjukkan suasana, pilihan menu, rasa makanan yang disantapnya dengan cara yang menarik.

Abah Qumar bukan berusaha menjadi sosok kekinian dengan membuang kata-kata gaul, tapi menjadi diri sendiri yang memiliki ungkapan santun khas orang tua. Intonasinya seperti sedang menjelaskan makanan kepada anak atau cucunya.

Tak jarang bapak 4 anak ini mengungkap filosofi, sejarah, hingga keunikan hidangan yang dicicipinya. Seperti saat ia memaparkan keunikan nasi jamblang yang dibungkus daun jati.

“Séga jamblang merupakan kekayaan khas nusantara yang ada di Cirebon. Kenapa disebut jamblang? Memang diproduksi di daerah asalnya, disebut Jamblang”, jelasnya.

“Tempat makannya di daun jati, sehingga makanan yang kita makan benar-benar menyatu (bersatu) di tubuh kita,” lanjut Abah Qomar. Video review makanan ini diiringi dengan nuansa musik tradisional sebagai latarnya.

Dalam video lainnya, Abah Qomar menyoroti keunikan kuliner khas Indramayu, rumbah (21/1). Tempat menikmatinya, Rumbah Mimih Darinih terletak di gang desa Eretan Kulon kecamatan Kandanghaur.

Komedian Abah Qomar Jadi Food Blogger, Kontennya Menarik Perhatian!Abah Qomar juga sempat mencicipi rumba khas Indramayu. Foto: TikTok abah. qomar

Abah Qomar menjelaskan keunikan rumah yang terdiri dari kangkung rebus, tauge rebus dan lontong. Ia juga bertemu dengan pemilik restoran, Mimih Darinih, yang berusia 60 tahun namun masih aktif berjualan.

Hal menarik lainnya terlihat saat Abah Qomar mengunjungi penjual Mie Koclok Pandjunan di Cirebon. “Apa bedanya mie koclok bandung?” Dia kemudian berbicara dengan penjual.

“Mie koclok bandung bening, kalau kental. Pakai santan,” kata penjual dan Abah Qomar. Bisnis kuliner ini melegenda karena sudah ada sejak tahun 1975.

Komedian Abah Qomar Jadi Food Blogger, Kontennya Menarik Perhatian!Mie koclok khas Cirebon berkuah santan bikin ketagihan Abah Qomar. Foto: TikTok abah. qomar

Satu porsi terdiri dari mie, irisan kol, tauge, daun bawang dan telur rebus. Saat memaparkan rasa makanan enak, Abah Qomar juga menggunakan jargon yang mudah diingat. “Tahan di mulut, mulut mantap,” katanya dengan wajah bersemangat.

Saat Anda menonton video ulasan makanan dari Abah Qumar, banyak netizen bersenang-senang. Mereka sering berdoa untuk kesehatan sang komedian dan merekomendasikan berbagai tempat makan yang menarik.

“Semoga Abah sehat selalu, Tuhan memberkati,” kata netizen.

“Suka banget nonton video Abah, sehat selalu ya,” kata salah satu netizen.

“Sehat Abah biar bisa menghibur kami semua,” kata netizen lainnya.

(adr/odi)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button