Berita Wisata

Merangsang minat wisatawan, Telaga membangun sejumlah tempat rekreasi baru, ada pameran seni

Laporan reporter TribunnewsBogor.com Wahyu Topami

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CISARUA – Kawasan Puncak Bogor seakan tak pernah habis untuk diperbincangkan para wisatawan yang jatuh cinta dengan berbagai objek wisatanya.

Salah satu obyek wisata yang sering dibicarakan wisatawan adalah Telaga Saat.

Telaga Saat merupakan destinasi wisata alam dengan panorama yang menakjubkan.

Hamparan kebun teh yang luas memberikan suasana yang sejuk sehingga wisatawan tidak ragu untuk berkunjung.

Wakil Direktur Desa Wisata Tugu Utara, Darwin menjelaskan, terjadi peningkatan jumlah wisatawan selama libur Imlek 2023.

“Imlek kemarin ada peningkatan sekitar 30%, dan didominasi oleh wisatawan lokal yang ada di sekitar Jakarta. Hanya hari Minggu, Jumat dan Sabtu saja yang sama. Dibanding libur Nataru, libur Imlek itu nomornya,” katanya, Selasa (24/1/2023).

Selain itu, Darwin menjelaskan faktor-faktor yang membuat wisatawan enggan berkunjung.

“Paling karena macet, tidak hanya satu dua turis, ada juga beberapa yang batal menginap villa di Telaga Saat. Alasannya karena terjebak macet. Selain macet, faktor cuaca juga sangat berpengaruh, masyarakat malas keluar,” jelasnya.

Sementara untuk menjamin kenyamanan wisatawan, Darwin menegaskan pihaknya menambah fasilitas.

“Untuk saat ini kami sedang berinovasi menambah beberapa gazebo untuk berpindah-pindah saat musim hujan untuk menampung pengunjung dan merelokasi beberapa warung dalam satu titik, sehingga terlihat seperti food court. Namun tetap estetis dan Instagrammable”, jelasnya.

Selain melakukan inovasi dalam hal peningkatan ekonomi, pengelola juga membangun performance center.

“Selain pindah toko dan membangun gazebo, kami juga sedang membangun tempat pertunjukan. Nantinya tempat ini bisa digunakan pengunjung untuk karaoke, juga akan ada akustik di akhir pekan. Selain itu, kami juga berencana untuk menyelenggarakan pertunjukan budaya Sunda seperti Jaipong,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button