Berita Wisata

10 tempat wisata di Lembata NTT yang paling banyak dikunjungi dan wajib dikunjungi

Wanovy | Pidana | 24-01-2023

Rekomendasi tempat wisata di Kampung Nelayan Lembata / Lamalera, foto: Dimensiindonesia.com

PARBOABOA, Lembata – Lembata adalah sebuah kabupaten di provinsi NTT, Flores Timur. Meski sedikit orang yang mengetahuinya, kawasan ini merupakan salah satu tempat terbaik yang memiliki destinasi wisata indah bak surga dunia lho!

Betapa tidak, di sebelah utara kawasan ini dibatasi oleh Laut Flores, di sebelah selatan oleh Laut Sawu dan di sebelah barat oleh Selat Boleng dan Lamakera. Sedangkan di bagian timur Kabupaten Lembata berbatasan langsung dengan Selat Alor.

Nah, kondisi geografisnya membuat Lembata menjadi tempat wisata terbaik yang menyimpan berbagai hits dan pemandangan menakjubkan. Mulai dari wisata alam hingga yang berkaitan dengan adat dan budaya setempat.

Buat kamu yang penasaran, simak rekomendasi tempat wisata yang lagi hits di Lembata berikut ini.

1. Kampung Nelayan Lamalera

Lamalera adalah satu-satunya desa di NTT yang memiliki keahlian menangkap ikan paus.

Bagi mereka, perburuan paus merupakan kearifan lokal dan upaya menjaga stabilitas kehidupan ekonomi masyarakat setempat. Itu berlangsung sampai sekarang.

Desa di selatan Lembata ini berada di kecamatan Wulandoni. Untuk menuju ke sana, Anda harus menempuh perjalanan tiga jam dari kota Lewoleba.

2. Bukit Doa Watomiten

Bukit Doa Watomiten terletak di Watokobu dan merupakan tempat wisata religi di Lembata. Bukit doa ini memiliki desain yang mirip dengan perhentian yang dilalui oleh Yesus Kristus dan terdapat 14 perhentian dengan 14 patung yang mewakili tahapan perjalanan kisah sengsara Yesus Kristus, dari saat Yesus dihentikan, disiksa, disalib, hingga penguburannya.

Pengunjung harus siap menaiki ribuan anak tangga, menyusuri lereng dan perbukitan. Di setiap perhentian, umat Kristiani dapat berhenti untuk berdoa. Aktivitas di bukit doa ini antara lain ziarah, melihat patung Bunda Maria, dan Jalan Salib.

3. Air Terjun Lodovavo Atawuwur

Setelah mengunjungi pantai Lembata, Anda juga bisa mengunjungi air terjun Lodovavo Atawuwur di desa Atawai, kecamatan Nagawutun.

Keberadaan air terjun ini memang terbilang istimewa mengingat wilayah NTT dipenuhi padang savana dan kawasan pesisir.

Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 50 meter dan udara di sini sangat segar sehingga pengunjung bisa betah berlama-lama menikmati liburan dengan bersantai atau bermain air di kolam alami. Di pinggiran air terjun terdapat bebatuan yang berserakan dan membuat tempat ini semakin unik.

4. Taman Daun Lewoleba

Apakah Anda senang membaca di alam, ditemani pepohonan, dedaunan berangin, dan suasana alam yang santai?

Coba sobat main Taman Daun tempat wisata di Lewoleba Lembata yang cukup unik sekarang ini mulai hits. Di lokasi Loweleba Leaf Park, Anda bisa membaca berbagai buku bacaan secara gratis.

Taman Daun Lewoleba sendiri tumbuh dari keprihatinan sejumlah aktivis atas minimnya buku bacaan di Lewoleba dan kemudian menelurkan wisata literasi alam.

5. Tanjung Nuhanera

Teman saya suka menonton acara National Geographic? Apakah Anda suka menjelajahi bawah laut? Apakah Anda suka berfantasi tentang menyelam dengan ikan?

Kini saatnya sobat muda pergi ke Tanjung Nuhanera. Ya, tempat wisata Lembata ini memang sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit untuk beraktifitas menyelam dan snorkeling.

Terletak di kawasan Teluk Waienga, Kabupaten Lembata, NTT. Setiap kali Anda berkunjung ke kawasan wisata ini, Anda bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut Indonesia yang memukau mata.

Asyiknya tentunya setelah snorkeling dan menyaksikan keindahan alam Nusa Tenggara Timur bisa makan nasi panas sepuasnya bersama teman-teman.

6. Dermaga Balauring

Jeti Balauring merupakan tempat wisata di Lembata dengan alam yang indah dan layak dijadikan tempat berlibur.

Alam terbuka, laut biru, peluit lembut burung udara, dan pemandangan tanjung Baja serta puncak Ile Ape menanti Anda di sini.

Ajaklah keluarga Anda berlibur ke tempat ini agar hari-hari liburan Anda tidak monoton.

Destinasi ini terletak di Balauring, ibu kota Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Yakinlah, setelah berkunjung ke tempat ini, semangat Anda untuk menjalani aktivitas hidup akan semakin memukau.

7. Pantai Wowong

Pantai Wowong (Wowon) terletak di Desa Wowong, Kecamatan Omesuri, Lembata. Disana anda akan menikmati gemuruh ombak laut sawu, ada juga pemandangan pulau alor, ada pulau rusa dan kambing, juga ada pasir putih bersih dan banyak pohon pandan.

Tempat wisata di Lembata ini sangat potensial di bidang pariwisata. Namun, sejauh ini belum ada intervensi serius dari pemerintah.

Oleh karena itu, Pantai Wowong selalu alami dan bebas pengunjung. Tidak hanya pemandangan pantainya yang indah, di pantai ini juga terdapat Pasar Nusantara Wowong.

Artinya, selain pergi ke pasar untuk melakukan aktivitas jual beli, Anda juga akan menikmati pemandangan Laut Sawu.

8. Panas Bumi Watuwawer

Penduduk setempat menyebut Watuwawer Geothermal setelah masakan alami. Disebut dapur karena area ini memiliki kepulan uap panas yang keluar dari lubang-lubang di lantai.

Oleh masyarakat sekitar, lubang pengasapan ini sering digunakan untuk mematangkan makanan seperti ubi, kacang-kacangan, pisang dan lain-lain.

Tidak perlu menggunakan oven atau alat masak lainnya, makanan yang ingin dimasak cukup ditaruh dalam wadah dan disimpan di lubang-lubang hingga matang.

Dari keunikan inilah lapangan panas bumi Watuwawer banyak dikunjungi wisatawan yang penasaran.

9. Pantai Waijarang

Dengan akses jalan yang cukup mudah karena tidak jauh dari ibu kota kabupaten, Anda juga akan disuguhi beberapa pemandangan alam yang menakjubkan.

Salah satunya adalah Pantai Waijarang yang terletak di Waijarang, Nubatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Selain panorama pantai yang khas, pemandangan Gunung Boleng di seberang pulau menjadi bonus tersendiri yang memanjakan mata.

Apalagi ada Kumah resor orang-orang di sekitar. Jika Anda berencana untuk datang ke sini, Anda harus menanyakan tentang paket wisata pantai Waijarang, termasuk harga sewa akomodasi dan fasilitas yang ditawarkan, ya!

10. Pantai Kacang

Pantai dengan panorama eksotis ini kerap dihadirkan menyerupai pantai Phuket di Thailand.

Namun untuk datang ke tempat wisata Lembata ini membutuhkan sedikit kesulitan karena akses jalan yang cukup sulit.

Meski begitu, perjuanganmu akan segera terbayar, kok. Anda bisa melihat keindahan pantai pasir putih yang terbentang di depan mata.

Selain itu, Pantai Bean cenderung lebih sepi karena sedikit pengunjung yang datang ke sini. Cocok banget buat kamu yang lebih suka suasana pantai yang tenang tanpa banyak orang lalu lalang!

Tag: #wisata lembata #lembata #wisata #tempat wisata #ntt #flores

Baca juga

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button