Berita Wisata

Tingkatkan PAD, Pemkab Bener Meriah diminta optimalkan sektor pariwisata » DIALEXIS :: Dialektika dan Analisis

Irwandi saat mengunjungi salah satu wisata alam di kawasan Bener Meriah Haut-Lut. [Foto: for Dialeksis]

DIALEXIS.COM | Banda Aceh- Sektor pariwisata dianggap sebagai salah satu pilar peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Mahasiswa Pascasarjana IPDN asal Bener Meriah, Irwandi mendorong peningkatan sektor pariwisata untuk memberikan multiplayer effect bagi ekonomi kerakyatan.

“Kabupaten Bener Meriah yang dikenal dengan negeri di atas awan memiliki keindahan dan pesona alam tersendiri. Salah satunya objek wisata alam,” ujarnya kepada Dialeksis.com, Selasa (24/1/2023).

Irwandi yang dikenal sebagai Pangeran Kebudayaan Aceh 2020, saat ini tercatat sebagai mahasiswa pascasarjana di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, sedang melakukan penelitian terkait potensi wisata Bener Meriah.

Dalam pengamatannya selama melakukan penelitian, Irwandi menilai objek wisata di Bener Meriah memiliki keindahan yang luar biasa, memiliki daya tarik tersendiri, tidak menutup kemungkinan sektor pariwisata di Bener Meriah bisa menjadi destinasi wisata unggulan dan dikunjungi mancanegara.

Menurutnya, pengembangan objek wisata di Bener Meriah harus memperhatikan 3A, yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas.

“Memperhatikan daya tarik, akses ke lokasi wisata dan fasilitas sesuai kebutuhan wisatawan yang lewat seperti restoran dan akomodasi harus diperhatikan oleh pemerintah, dalam hal ini Dinas Pariwisata Bener Meriah”, jelasnya lebih lanjut.

Menurut Alumni Ilmu Pemerintahan USK, Dinas Pariwisata Bener Meriah perlu lebih optimal dalam pengembangan objek wisata, karena potensinya besar untuk dikembangkan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja.

Selain itu, kata dia, para pemuda Bener Meriah juga perlu sadar dan aktif dalam mempromosikan tempat wisata, agar lebih dikenal masyarakat luas. Karena pengembangan obyek wisata tidak hanya disediakan oleh pemerintah saja, tetapi juga membutuhkan peran masyarakat sekitar terutama kaum muda. [Nor]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button