Berita Wisata

10 Tempat Wisata yang Terinspirasi dari Film-Film Disney, Keindahan Tidak Main-Main!

Film-film Disney telah menjadi tontonan favorit seluruh masyarakat dunia dari masa ke masa. Di tahun 90-an, siapa yang tidak tahu Cinderella, Si cantik dan si buruk rupaatau Putih seperti salju? Semua film klasik Disney ini sangat melegenda.

Beberapa tahun yang lalu, hampir setiap anak mengenal Anna dan Elsa beku fenomenal. Namun, tahukah Anda? Berbagai tempat di film-film Disney ternyata ada di dunia nyata lho.

Cantik sekali, berikut sepuluh tempat wisata yang menjadi inspirasi film-film Disney. Kastil menawan dengan tebing unik di Afrika!

1.Taj Mahal, India

10 Tempat Wisata yang Terinspirasi dari Film-Film Disney, Keindahan Tidak Main-Main!gambar Taj Mahal (unsplash.com/Meriç Dağlı)

Anda telah menyaksikan Aladdin versi animasi pasti tahu bahwa Jasmine tinggal di istana yang megah bersama ayahnya. Siapa sangka istana megah ini ternyata terinspirasi dari Taj Mahal di India.

Di dunia nyata, Taj Mahal adalah tempat peristirahatan terakhir seorang ratu India. Tempat wisata paling populer di India ini dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mendiang istrinya, Mumtaz Mahal, yang meninggal pada tahun 1631.

2. Château de Chambord, Prancis

10 Tempat Wisata yang Terinspirasi dari Film-Film Disney, Keindahan Tidak Main-Main!gambar Château de Chambord (instagram.com/guidetoeurope.eu)

Berawal dari kelancangan ayahnya yang mencuri mawar, Belle sangat dalam Si cantik dan si buruk rupa dipaksa untuk hidup dengan monster di istana terkutuk. Gambar kastil terkutuk ini terinspirasi dari Chateau de Chambord di Lembah Loire, Prancis. Awalnya, itu berfungsi sebagai pondok berburu dan apartemen untuk raja-raja Prancis.

Hari ini, Château de Chambord adalah tujuan populer. Menjelang Natal, istana menyelenggarakan pesta dansa abad pertengahan yang khas di mana setiap orang dapat berpartisipasi. Jangan khawatir, Anda tidak akan menemukan monster apapun!

3. Mont Saint-Michel, Normandia

10 Tempat Wisata yang Terinspirasi dari Film-Film Disney, Keindahan Tidak Main-Main!gambar Biara Mont Saint-Michel di Normandia (unsplash.com/Customerly)

Meski sekilas terlihat seperti istana, Mont Saint-Michel sebenarnya adalah sebuah biara megah yang dibangun pada abad ke-11. Dengan menara tinggi khas arsitektur Gotik, Mont Saint-Michel terletak di sebuah pulau dengan nama yang sama.

Menariknya, justru karena lokasi terpencil inilah Disney terinspirasi untuk berkreasi kusut. Film kusut sendiri bercerita tentang seorang gadis berambut panjang bernama Rapunzel yang dikurung di menara istana.

4. Bergen, Norwegia

10 Tempat Wisata yang Terinspirasi dari Film-Film Disney, Keindahan Tidak Main-Main!foto pemandangan musim dingin di kota Bergen (instagram.com/mountainsofnorway)

Tak hanya terinspirasi dari istana megah, Disney juga terinspirasi dari banyak kota di Eropa. Bergen adalah salah satunya. Terletak di Norwegia, kota ini merupakan sumber utama inspirasi film beku.

Di Bergen, Anda dapat dengan mudah menemukan versi nyata dari toko warna-warni dan pasar ikan dari film. Adapun kastil es Anna, Disney terinspirasi oleh Hôtel de Glace di Quebec, Kanada.

5. Kastil Neuschwanstein, Jerman

10 Tempat Wisata yang Terinspirasi dari Film-Film Disney, Keindahan Tidak Main-Main!gambar Kastil Neuschwanstein, Jerman pada malam hari (unsplash.com/Massimiliano Morosinotto)

Disney identik dengan logo kastil yang selalu muncul di awal atau akhir film. Kastil ini rupanya terinspirasi dari Kastil Neuschwanstein di Pegunungan Bavaria, Jerman.

Kastil Neuschwanstein sendiri dibangun oleh Raja Ludwig II pada tahun 1869. Saking indahnya, kastil ini juga menjadi inspirasi Disney dalam produksinya. Putri Tidur ditayangkan pada tahun 1959. Di kastil inilah Aurora tertidur setelah disihir oleh Maleficent.

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

Baca juga: 10 Kota Bak Dongeng di Dunia, Keindahan Luar Biasa!

6. Taman Nasional Gerbang Neraka, Kenya

10 Tempat Wisata yang Terinspirasi dari Film-Film Disney, Keindahan Tidak Main-Main!foto panorama di Taman Nasional Gerbang Neraka (instagram.com/quentinclavel)

Terkenal dengan migrasi ribuan hewan, Taman Nasional Gerbang Neraka menjadi inspirasi utama film tersebut Raja singa. Jadi, pada tahun 1991, seorang animator Disney mengunjungi Taman Nasional Gerbang Neraka.

Selain hewan liar khas sabana Afrika, taman nasional ini juga terkenal dengan tebingnya yang bergerigi. Dari tebing bergerigi inilah sang animator menciptakan lokasi ikonik The Pride Rock Raja singa.

7. Hanapepe, Hawai

10 Tempat Wisata yang Terinspirasi dari Film-Film Disney, Keindahan Tidak Main-Main!foto panorama pulau Kauai di Hawaii (instagram.com/hapa.go.hard)

Walaupun karakter Lilo dan Stitch tidak benar-benar ada, kalian bisa menemukan rumahnya di dunia nyata yaitu di Hanapepe. Hanapepe adalah kota bersejarah yang terletak di sepanjang pantai selatan pulau Kauai, Hawaii.

Berkunjung ke sini Anda akan disambut deburan ombak, pantai dan pohon kelapa. Belum lagi, berbagai lokasi dengan logo Lilo dan Stitch, membuat Anda merasa benar-benar melangkah ke dalam adegan film.

8. Angel Falls, Venezuela

10 Tempat Wisata yang Terinspirasi dari Film-Film Disney, Keindahan Tidak Main-Main!foto Angel Falls di Venezuela (instagram.com/juan_diasparra)

Bisa dibilang, film Ups yang keluar pada tahun 2009 telah menjadi salah satu film Disney dengan alur cerita yang paling berbeda. Ups menceritakan petualangan seorang pramuka bernama Russell yang membantu seorang lelaki tua bernama Carl Fredricksen menepati janjinya kepada mendiang istrinya.

Carl, yang tinggal sendiri, pernah berjanji kepada istrinya bahwa mereka akan pulang ke Paradise Falls. Paradise Falls memang tidak ada di dunia nyata, namun inspirasi film ini datang dari Angel Falls di Venezuela.

9. Kota Terlarang, Cina

10 Tempat Wisata yang Terinspirasi dari Film-Film Disney, Keindahan Tidak Main-Main!foto Kota Terlarang di Beijing, China (instagram.com/w.n__t)

Siaran pertama pada tahun 1998, Mulana Berdasarkan kisah seorang pejuang wanita bernama Hua Mulan. Di antara sekian banyak adegan, adegan pertempuran di rumah kaisar adalah salah satu yang paling berkesan.

Rumah Kaisar atau Emperor’s House rupanya diambil dari Kota Terlarang di Beijing, China. Sama seperti filmnya, Kota Terlarang adalah istana kekaisaran yang dibangun pada masa dinasti Qing dan Ming pada abad ke-15.

Di istana inilah para kaisar hidup selama 24 generasi. Dahulu, istana ini hanya dapat diakses oleh raja, keluarga, bangsawan, dan tokoh-tokoh penting. Oleh karena itu, sekarang tempat ini disebut Kota Terlarang.

10. Alcazar dari Segovia, Spanyol

10 Tempat Wisata yang Terinspirasi dari Film-Film Disney, Keindahan Tidak Main-Main!foto Alcazar of Segovia di Spanyol (instagram.com/albertusmadperlas)

Terakhir, ada Alcazar of Segovia di Spanyol yang menginspirasi film Disney pertama, Putih seperti salju. Di istana inilah Ratu Jahat membuat rencana untuk meracuni Putri Salju dengan sebuah apel.

Aslinya, Alcázar of Segovia memang merupakan sebuah istana sekaligus benteng yang dibangun pada abad ke-12. Sayangnya, sebagian bangunan aslinya terbakar pada tahun 1862. Pemerintah Spanyol kemudian merenovasinya dan mengubahnya menjadi museum militer.

Karakter film Disney tidak benar-benar hidup di dunia nyata. Namun, setidaknya Anda bisa mengunjungi berbagai lokasi yang menginspirasi Disney untuk menciptakan karakter tersebut.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata All-Harry Potter di Seluruh Dunia, Potterhead Bersatu!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button