Tempat Wisata

Banyan Park, tempat terbaik untuk bersantai bersama keluarga di Medan

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Jenderal Sudirman No. 41, Anggrung, Kec. Polonia Medan, Kota Medan, Sumatera Utara; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Taman Beringin, warga Medan pasti sangat mengenal namanya. Termasuk obyek wisata alternatif, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Letaknya yang strategis dan lokasi pusat kota membuatnya semakin ramai. Selain itu, banyak sekali objek wisata yang menjadi properti, mulai dari keindahan alam hingga suasana yang sejuk dan asri.

Sebenarnya saat ini bukan tempat wisata melainkan fasilitas umum yang dibangun oleh pemerintah. Tujuan dibangunnya taman ini tidak lain adalah untuk penghijauan. Di tengah padat dan tercemarnya kota Medan, Ruang Terbuka Hijau atau RTH seperti ini sangat dibutuhkan.

Setiap harinya, pengunjung yang merupakan bagian dari warga setempat memadati setiap sudut dengan aktivitasnya masing-masing. Ada orang tua yang mengajak anaknya bermain di taman sambil piknik. Di sisi lain, pemuda dan pemudi tampak sibuk dengan ponselnya, berfoto selfie dari berbagai sudut.

Objek wisata Banyan Garden

Atraksi Taman BeringinSumber gambar: Twitter Didi Panel

Suasana semarak dan meriah yang ditemui setiap hari di Taman Beringin tak lepas dari daya tariknya. Lokasinya cukup besar, tata letak dan desainnya sangat rapi. Selain itu, tentunya masih banyak tempat wisata lainnya yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung.

1. Sejarah Taman Beringin

Meski bukan menjadi daya tarik utamanya, tidak ada salahnya untuk mengetahui sejarahnya terlebih dahulu. Keberadaan taman ini sudah ada sejak kedatangan Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Utara. Tujuannya untuk menyepakati beberapa kerjasama yang akan dilakukan di Kota Medan. Taman yang juga sering disebut Taman Sudirman ini kemudian dijadikan sebagai tanda silaturahmi.

Maka jangan heran jika Anda menemukan prasasti batu yang ditandatangani oleh kedua belah pihak saat berkunjung. Meskipun Taman Beringin diresmikan pada tahun 2014, namun saat itu masih dalam bentuk aslinya. Tiga tahun kemudian, tepatnya tahun 2017, PT Unilever Indonesia mendesain ulang.

Rekonstruksi ini juga bertujuan untuk menambah beberapa fasilitas umum. Selain itu, beberapa lokasi dilengkapi dengan arena bermain untuk anak-anak yang lebih dikenal dengan nama taman bermain. Jenis tumbuhan tidak lepas dari perhatian saat ini banyak dijumpai pohon dan tanaman hias.

2. Pemandangan alam dan suasana yang asri

Kota Medan yang padat dengan banyak polusi sepertinya tidak terasa saat berkunjung ke Banyan Park. Karena banyak semak belukar yang mengelilingi seluruh area taman. Di dalamnya juga terdapat banyak pohon dari berbagai jenis, seperti pohon beringin, bambu, dan pohon jati muda.

Dengan adanya pohon ini, suasana di lokasi menjadi lebih bagus, udara terasa sejuk. Selain itu, ada juga tanaman hias yang membuat pemandangan semakin indah. Beberapa spesies pohon bahkan dibentuk untuk menciptakan suasana hangat. Di suatu tempat terdapat sebuah pohon yang bentuknya seperti gapura, seolah mengucapkan “Selamat datang”.

3. Air mancur di tengah taman

Daya tarik lain dari Banyan ParkKredit foto: Google Maps Chika Afandi

Keindahan dan keindahan Taman Beringin semakin lengkap dengan adanya air mancur yang menghiasinya. Lokasinya berada di tengah taman sehingga mudah dijangkau dari berbagai titik. Tidak terlalu dalam, Anda bahkan bisa melihat dasarnya. Namun, eksotisme alam air bertekanan tinggi mampu menghibur banyak pengunjung.

Karena ada penghalang tabrakan, pengunjung tidak dapat mendekatinya. Meski begitu, keindahannya masih bisa dilihat dari jauh. Selain air mancur, terdapat berbagai tanaman hias yang cantik. Perpaduan antara air dan bunga membuat suasana liburan semakin menyegarkan.

4. Area foto dan olah raga

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Banyan Park tentunya memiliki tujuan tersendiri. Para orang tua yang membawa serta anak biasanya bertujuan untuk mengajak mereka bermain di tempat bermain. Ada juga pemuda dan pemudi yang tujuannya untuk bersantai, menghabiskan waktu luang dan berburu spot foto.

Meski tidak ada lokasi spesifik, hampir sebagian titik lokasi memberikan bidikan yang memukau. Misalnya pepohonan berbentuk gapura, air mancur dan bentuk pepohonan hijau sebagai background. Tempat wisata alternatif di Medan ini juga sering dijadikan sebagai tempat olahraga seperti jogging dan senam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Banyan ParkSumber gambar: Twitter Didi Panel

Mengunjungi Hutan Kota Taman Beringin sangatlah mudah karena lokasinya yang strategis. Berada di tengah kota, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 5 kilometer dari Alun-alun Medan. Alun-alun ini juga bisa Anda jadikan patokan utama jika Anda berasal dari luar daerah. Rute sepanjang 5 kilometer biasanya dapat ditempuh dalam 10 atau 15 menit.

Untuk rute terbaik, silahkan menuju ke Jalan Glugur terlebih dahulu kemudian dilanjutkan ke Jalan Gajah Mada. Lanjutkan ke Jalan Hassanuddin, lalu ke Jalan S Parman dan ikuti jalan utama. Setelah kurang lebih 1 km Anda harus memutar dan menuju ke Jalan Urip Sumoharjo.

Taman Beringin tidak jauh dari titik terakhir, hanya sekitar 100 meter. Silakan periksa panduan rambut di sepanjang jalan agar Anda tidak tersesat. Bagi warga di luar Medan yang belum familiar dengan jalur ini, ada baiknya menggunakan aplikasi Google Maps. Masukkan saja alamat Jalan Jenderal Sudirman No.41, Aggrung, Kecamatan Polonia Medan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Tempat wisata keluarga di Medan ini gratis, Anda bisa naik turun kapan pun Anda mau. Karena sebenarnya bukan tempat wisata, melainkan lembaga publik. Anda hanya perlu menghitung biaya jika datang dengan kendaraan pribadi. Tarif parkir ini adalah Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Kegiatan menarik di Banyan Park

Kegiatan Taman BeringinKredit foto: Google Maps Wahyu Adi Prasetyo

Berkunjung ke obyek wisata bukan hanya sekedar melihat atraksi yang dimiliki, tetapi juga kegiatan apa saja yang bisa dilakukan. Selama berada di Banyan Park ada banyak aktivitas seru yang dijamin tidak akan membosankan, berikut contohnya!

1. Piknik keluarga yang santai

Telah disebutkan di atas bahwa tujuan wisata berbeda. Jika Anda datang bersama keluarga, kegiatan yang paling menarik adalah piknik santai. Ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk kegiatan ini. Anda bisa menggunakan bagian kosong dari taman indah ini, atau bisa juga menggunakan bangku permanen yang tersedia.

2. Berjalan melalui Banyan Park

Sebelum atau sesudah piknik santai, Anda bisa jalan-jalan di sekitar Taman Beringin yang cukup terhampar. Cukup melelahkan memang, tapi kegiatan ini dijamin menyenangkan. Selain itu, banyak hal yang menjadi pusat perhatian, seperti tanaman hias, air mancur, dan pepohonan hijau. Anda juga akan dihibur oleh pengunjung lain dengan aktivitasnya masing-masing.

3. Sehat dengan olahraga

Suasana hijau dan udara segar tempat wisata populer di Medan ini sangat cocok untuk kegiatan olahraga. Kegiatan ini biasanya dilakukan warga setempat pada pagi dan sore hari. Menariknya, terdapat area tersendiri untuk olahraga, sehingga Anda tidak akan terganggu dengan aktivitas pengunjung lainnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman BeringinKredit foto: Instagram Suheri Lukman

Karena bukan objek wisata resmi, fasilitas di Taman Beringin tidak terlalu lengkap. Tapi kalau ditanya tentang fasilitas wajib, jangan khawatir. Tempat parkir mobil resmi tersedia di sini untuk memarkir kendaraan. Selain itu, juga terdapat toilet umum atau jamban untuk kebutuhan air. Bagi yang beragama Islam harap menggunakan mushola yang tidak jauh dari tempat wisata.

Mencari dan menentukan tujuan wisata memang cukup sulit bagi sebagian orang. Nyatanya tidak demikian, karena ada tips dan trik khusus. Misalnya, menentukan tujuan perjalanan, menyesuaikan anggaran dan dengan siapa melakukan perjalanan. Taman Medan Beringin dianggap sebagai objek wisata alternatif karena tidak memerlukan banyak uang dan cocok untuk semua kalangan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button