Berita Wisata

BPBD Klungkung menyarankan penambahan Balawista menjadi 3 pantai Nusa Penida

Klungkung

Tiga pantai di Nusa Penida, Klungkung, Bali ditutup sementara oleh pemerintah setempat. Penutupan ini berdasarkan surat imbauan dari Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta terkait larangan berenang di pantai. Yaitu Diamond Beach, Kelingking Beach dan Angel Billabong.

Kondisi arus di ketiga lokasi tersebut diketahui berbahaya bagi wisatawan renang. Sambil menunggu fasilitas siap, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung sedang mengkaji kebutuhan Badan Penyelamat Wisata (Balawista) Tirta.

Para pekerja ini akan ditempatkan di beberapa pantai di Nusa Penida.

“Kami mohon kepada Gubernur Penjaga pantai di beberapa pantai. Kami usulkan bisa dipenuhi di Kelingking, Diamond Beach dan Atuh Beach,” kata Kepala BPBD Klungkung Putu Widiada, Rabu (25/01/2023).

Widiada menjelaskan, idealnya dibutuhkan lima orang petugas Balawista di setiap pantai. Dia menargetkan, permintaan staf Balawista bisa terealisasi pada 2023.

“Pembiayaan bisa dilakukan melalui anggaran BTT (biaya tak terduga)”, tegas pejabat Tabanan ini.

Ia berharap penambahan petugas Balawista di pantai dapat meminimalisir risiko kecelakaan di laut.

“Ya, tiga pantai yang ditutup sementara itu cukup berbahaya bagi wisatawan. Kita juga perlu memasang rambu larangan seperti bendera nanti,” ujarnya.

Dia menegaskan, penutupan tiga pantai Nusa Penida sebenarnya hanya larangan mandi bagi wisatawan. Sedangkan wisatawan masih bisa mengunjungi ketiga tempat ini untuk melihat pemandangan dari atas tebing tanpa harus berenang.

“Jadi kami tidak mengabaikan destinasi wisata. Kami tutup karena menyiapkan fasilitas untuk menjamin keamanan wisatawan. Hanya titik-titik yang dilarang untuk berenang,” tegasnya lebih lanjut.

Sebelumnya, tiga turis asing terluka di pantai saat berlibur pada Minggu (22/1/2023) lalu. Dua di antaranya terjadi di Pantai Kelingking. Dua pelancong asing terluka oleh ombak.

Simak Video “Momen Panik Puluhan Wisatawan Saat Jembatan Dermaga Nusa Penida Runtuh”
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/irb)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button