Tempat Wisata

Pantai Viovio Batam – atraksi, aktivitas, tempat dan harga tiket

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Bagi warga Kota Batam, Pantai Viovio merupakan tempat wisata populer yang perlu dikunjungi, terutama pada hari libur nasional. Berada di sekitar Jembatan 5 Barelang, pantai ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari hutan mangrove hingga pantai berpasir putih yang sangat bersih.

Air laut di pantai cantik ini tergolong berombak kecil, sehingga wisatawan yang ingin bermain air atau menyelam bisa melakukannya di Pantai Batam. Jika Anda datang bersama keluarga, Anda bisa menyewa gazebo yang bisa menampung 1 keluarga.

Dari dalam paviliun Anda bisa menikmati keindahan pantai pasir putih Viovio dan keindahan sunset di ufuk barat. Bagi anda yang tertarik mengunjungi pantai cantik ini, silahkan baca ulasan singkatnya dibawah ini.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Violeto

Objek wisata Pantai VioletoKredit foto: Google Maps Jhoni Lim

1. Permukaan pasir putih

Daya tarik pertama yang dimiliki Pantai Viovio adalah pasir putih yang terbentang di sepanjang pantai. Pasir putih ini terlihat sangat indah berpadu dengan birunya laut yang terhampar di hadapan Anda. Wisatawan yang masuk wisata alam ini dijamin siap mengeluarkan kamera untuk memotret sepuasnya.

2. Ombak pantai

Tidak semua pantai memiliki ombak yang cocok untuk bermain air, namun pantai ini memiliki ombak yang kecil dan cocok bagi wisatawan untuk bermain air. Jadi, wisatawan yang datang ke destinasi wisata alam ini bisa bermain air sepuasnya tanpa takut ombak besar.

Namun, jika Anda memiliki anak kecil, sebaiknya awasi anak Anda saat bermain di air. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan pada buah hati tercinta.

3. Panorama matahari terbenam

Sebelumnya disebutkan bahwa wisatawan dapat menikmati momen matahari terbenam dari Gazebo di Pantai Viovio. Momen pergantian tempat antara matahari dan bulan ini merupakan salah satu keindahan alam yang bisa dinikmati setiap orang setiap hari.

4. Temukan foto Instagramable

Atraksi memiliki Pantai VioletoKredit foto: Google Maps Cristina Howard

Daya tarik Pantai Viovio selanjutnya adalah spot foto yang instagramable. Dengan pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai, tempat wisata alam ini sangat populer untuk berburu foto-foto indah, bahkan pengelola menyediakan beberapa spot foto seperti ayunan dan tempat duduk.

5. Tempat nongkrong di malam hari

Kamu pasti pernah nongkrong atau kumpul-kumpul dengan teman di kafe atau restoran, tapi pernahkah kamu merasakan bagaimana rasanya nongkrong di kafe tepi pantai dengan lampu warna-warni di sekelilingmu? Hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi pantai Batam yang indah ini pada malam hari.

Tak hanya suasana pantai yang nyaman di malam hari, wisatawan juga disuguhi live music yang dibawakan pengelola setiap akhir pekan atau hari libur nasional. Jadi jika Anda berada di atau sekitar Kota Batam, cobalah untuk nongkrong di pantai populer ini pada malam hari.

6. Memiliki tempat perkemahan

Daya tarik terakhir dari pantai Viovio yang indah ini adalah 2 area berkemahnya, yang dapat menampung lebih dari 100 tenda. Bagi Anda yang suka tidur atau berkemah di alam, Anda bisa mencoba bagaimana rasanya bermalam di pantai pasir putih yang indah yang membentang di sepanjang pantai dan ditemani oleh suara deburan ombak.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai VioletoKredit foto: Google Maps Hesadarma Harmin

Alamat Pantai Viovio tepat setelah Jembatan 5 Barelang yang merupakan jembatan penghubung antara Pulau Rembang dan Pulau Galang di Kecamatan Galang, Desa Sijantung Batam Kepulauan Riau. Rute menuju pantai indah ini bisa ditempuh dengan mobil dari Bandara Internasional Hang Nadim sejauh 65 km.

Saat keluar dari bandara, silakan belok kiri ke Jl. Hang Tuah sampai menemukan bundaran, lalu ambil exit 2 menuju Jl. Sudirman. ikuti jl Sudirman hingga menemukan pertigaan Jl. Ahmad Yani kemudian berbelok ke kiri dan mengikuti jalan ini hingga memasuki Jl. Letnan Jenderal Suprapto dan masuk kembali ke Jl. Trans Barelang.

Dari Jl Di Trans Barelang ini anda akan melewati Jembatan Barelang 1, 2, 4 dan 5 kemudian anda akan menemukan tujuan anda yang ada di sebelah kanan jalan. Dibutuhkan sekitar 1 jam 14 menit dengan kendaraan pribadi dari Bandara Internasional Hang Nadim di Batam ke Pantai Viovio.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Sumber gambar: Google Maps Ircham Manthof

Pengunjung yang ingin menikmati panorama alam Pantai Viovio membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Tentunya untuk sebuah kawasan pantai dengan berbagai atraksi dan fasilitas yang terjangkau, harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Namun tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan (bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi), harganya berkisar antara Rp 1.000 hingga Rp 5.000 per kendaraan tergantung jenis kendaraan yang dibawa.

Aktivitas seru di pantai Viovio

Kegiatan Menyenangkan Pantai VioletoKredit foto: Google Maps AL Hafiz

1. Bermain air di pantai

Yang namanya wisata alam pantai pasti rata-rata wisatawan yang berkunjung ingin bermain air laut. Di pantai Batam yang populer ini, wisatawan dapat bermain air laut sepuasnya, bahkan anak kecil dan mereka yang tidak bisa berenang dapat bersenang-senang di pantai laut yang indah ini.

Pasalnya, pantai berpasir putih yang membentang di sepanjang pantai ini memiliki ombak yang kecil. Jadi anak-anak dan yang belum bisa berenang bisa bebas bermain di air laut. Jika anda membawa anak kecil, sebaiknya tetap perhatikan anak anda agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

2. Menikmati keindahan pantai

Kegiatan menarik berikutnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Viovio adalah menikmati keindahan alamnya. Duduk di gazebo Anda bisa melihat betapa indahnya pantai ini, dimulai dengan pasir putih yang selalu tersusun oleh ombak kecil dengan laut biru, dan di ujung setiap sisi pantai terdapat hutan bakau yang hijau.

3. Menikmati matahari terbenam

Sayang sekali jika melewatkan momen sunset di pantai yang mempesona ini karena pada sore hari matahari akan terbenam di ujung lautan dan langsung mengubah suasana pantai menjadi begitu tenang dan menyenangkan. Momen ini sangat cocok bagi wisatawan yang membawa pasangannya karena bisa menikmati waktu bersama yang lebih romantis.

4. Ambil foto

Kegiatan menyenangkan di pantai VioletoSumber Gambar: Google Maps Semua Tentang Batam

Percuma jika ada wisatawan yang lalu lalang aktivitas foto saat memasuki pantai alami ini. Pasalnya, pantai yang berada tak jauh dari Jembatan 5 Barelang ini menjadi spot foto Instagram yang populer di media sosial.

Pasalnya, banyak spot foto menarik yang bisa Anda gunakan untuk berfoto, mulai dari pasir putih, ayunan pantai, gazebo, tempat duduk dan beberapa tempat menarik lainnya. Jadi jangan lupa untuk berpose di depan kamera saat tiba di pantai populer ini.

5. Menikmati malam bersama orang terdekat

Saat matahari terbenam dan malam tiba, jangan buru-buru pulang dari Pantai Viovio karena keseruan selanjutnya baru saja dimulai. Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat malam tiba di pantai yang indah ini adalah menikmati indahnya langit malam sambil ditemani orang lain dan semilir angin pantai.

Kemeriahan semakin terasa berkat lampu warna-warni yang terbentang dari dekat Whitesand Cafe hingga gazebo di sekitarnya. Bahkan di akhir pekan, Anda akan ditemani live music dari kafe pantai berpasir putih ini.

6. Berkemah di sekitar pantai

Kegiatan menarik terakhir yang bisa dilakukan di pantai indah ini adalah berkemah atau bermalam di alam. Terdapat 2 lokasi yang bisa digunakan wisatawan untuk berkemah yaitu lokasi kecil yang mampu menampung hingga 20 tenda dan lokasi besar yang mampu menampung hingga 100 tenda.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai VioletoSumber gambar: Google Maps Savannah SV

1. Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang akan Anda temukan di pantai berpasir putih Batam ini adalah tempat parkir kendaraan. Wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi dapat memarkir kendaraannya di tempat ini, namun tidak boleh meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan, meskipun tempat parkir dijaga oleh petugas.

2. Kafe

Pantai Viovio memiliki sebuah kafe bernama The Whitesand Cafe yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman. Menu paling populer di kafe ini adalah Seafood atau Makanan Laut. Namun, pihak pantai juga tidak melarang wisatawan membawa bekal dari rumah.

3. Paviliun

Sejak awal sudah disebutkan bahwa pantai cantik ini memiliki beberapa paviliun yang disewakan kepada wisatawan. Paviliun tersebut dapat menampung 1 keluarga dan dapat digunakan selama 1 hari penuh dengan harga mulai dari 175.000 hingga 250.000.

Demikian sekilas tentang apa saja yang menarik di Pantai Viovio, destinasi wisata bahari dari Kota Batam. Pantai ini memadukan wisata pantai dan wisata modern seperti kafe dan live music yang membuatnya populer di kalangan wisatawan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button