Berita Wisata

Pecinta durian kumpul! Inilah rangkaian wisata kebun durian di kota semarang Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pengunjung memamerkan buah durian saat berkunjung ke Kebun Durian Watu Simbar. (Instagram @watusimbardurian)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang selama ini dikenal sebagai salah satu daerah penghasil durian di Jawa Tengah (Jawa Tengah). Hal itu pula yang membuat banyak tempat wisata di Semarang hadir dengan konsep kebun durian.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, Kota Semarang mampu menghasilkan 11.267 kwintal durian per tahun. Ada dua daerah di Semarang yang menjadi sentra produksi durian, yakni Kecamatan Mijen dan Gunungpati.

Promo Promosi Menarik, Menginap di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasnya!

Selama satu tahun, wilayah Mijen mampu menghasilkan 7.288 kwintal durian. Sedangkan Gunungpati memproduksi durian sekitar 2.386 kwintal.

Menjadi salah satu daerah penghasil durian di Semarang, Gunungpati juga memiliki banyak tempat wisata yang mengusung konsep kebun durian.

EMagz Solopos

Berikut ini adalah wisata kebun durian di Kota Semarang yang mayoritas berada di wilayah Kabupaten Gunungpati.

1. Kebun Durian Temu Kencono

Kebun Durian Temu Kencono terletak di Kecamatan Gunungpati, tepatnya di Jalan MR Koesbiyono Tjondro Wibowo, Sumur Jurang, Sumurejo. Kebun Durian Temu Kencono dibuka dengan konsep agrowisata sejak tahun 1995.

Di sini pengunjung bisa menikmati kesegaran alam dan menyantap durian di antara pepohonan rindang. Lokasi taman ini tidak jauh dari kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Di kebun ini para pecinta durian juga bisa mencicipi berbagai jenis durian seperti durian manuk, durian sunan, durian montong dan durian sukun.

Solopos interaktif

2. Kebun Durian Monti

Mengutip dari halaman gunungpati.semarangkota.go.id, salah satu variasi durian yang terkenal di Gunungpati adalah durian montong. Durian jenis ini juga sering disebut durian monti, singkatan dari montong gunungpati.

Untuk menikmati durian ini, pecinta durian bisa berkunjung ke Monti Durian Garden yang terletak di Desa Sekorame. Di sini, pengunjung bisa menikmati durian Monti yang terkenal rasanya manis, legit dan berukuran raksasa.

3. Kebun Durian Watu Simbar

Kebun Durian Watu Simbar sangat populer di kalangan pecinta durian di Kota Semarang. dilaporkan dari direktoripariwisata.idKebun Durian Watu Simbar merupakan tempat wisata yang menawarkan konsep kebun durian di Kota Semarang.

Iklan

Di tempat ini, wisatawan tidak hanya bisa merasakan sensasi menikmati durian sepuasnya dengan harga yang cukup terjangkau. Di Kebun Durian Watu Simbar, wisatawan juga akan disuguhi pemandangan perkebunan hijau yang menyegarkan mata.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat berbagai wahana untuk wisatawan mulai dari gardu pandang, flying fox, pondok penginapan hingga tempat ibadah.

4. Kafe Kebon Duren Markonah

Tempat wisata yang menawarkan konsep kebun durian di Semarang ini tidak berada di kawasan Gunungpati. Tempat wisata ini sebenarnya berada di kawasan Banyumanik.

Tempat makan durian ini punya konsep kembali ke alam atau berdampingan dengan alam, di mana sebuah kafe didirikan di tengah kebun durian. Pengunjung yang datang juga akan disuguhi suasana taman sambil mencicipi buah durian.

Selain itu, kafe ini juga menawarkan makanan olahan dengan bahan durian seperti cendol dawet durian, kebab durian, selain durian, dan masih banyak lagi.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button