Tempat Wisata

Pantai Mirota Batam – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 06.00-19.00 WIB, Alamat: Sijantung, Galang Barelang, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Sebenarnya banyak tempat rekreasi di Kepulauan Riau, termasuk Pantai Mirota di Kota Batam. Pesona wisata alam ini berbeda dengan destinasi lainnya karena masih alami dan dikelilingi pemandangan alam. Air laut yang sangat jernih dan pasirnya menjadi perpaduan keindahan yang memanjakan mata. Bahkan di hari libur, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Area pantai selalu dibersihkan secara rutin oleh petugas agar tidak membuang sampah sembarangan. Anda yang sedang berlibur pun tidak bisa mencemari lingkungan agar destinasi tetap terjaga. Pengunjung yang ingin menghabiskan waktu berlibur bisa mencoba permainan yang ada. Ini pasti akan membuat Anda betah di sana.

Jika datang pada pagi hari, wisatawan bisa menjelajahi kawasan sekitar Pantai Mirota. Selain itu, ada juga perahu tradisional yang bisa disewa untuk menjelajahi perairan sekitar pantai. Tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang tertarik berlibur ke destinasi ini karena keunikannya. Maka dari itu, jangan lupa untuk pergi ke Mirota bersama orang-orang terdekat Anda.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Mirota

Objek wisata Pantai MirotaKredit foto: Google Maps Iqbal Fajarola

1. Memiliki jembatan ikonik

Pantai Mirota dikenal memiliki jembatan panjang yang terbentang di tengah air laut. Jembatan ini sangat unik karena terbuat dari kayu yang dijadikan sebagai papan dengan pegangan tali. Namun kawasan jembatan ini sangat aman meski banyak orang melewatinya. Hal ini membuat jembatan ini menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Jembatan ini juga sering dijadikan tempat untuk menikmati pantai dari dekat. Anda yang berada disana akan melihat kejernihan air yang begitu alami dan asri. Selain itu, jembatan unik ini juga bisa dijadikan tempat untuk berfoto atau merekam video. Potret foto dijamin lebih estetik dengan turis berdiri di atas jembatan kayu.

2. Keindahan pariwisata

Destinasi alam selalu menawarkan keindahan yang menarik. Pantai Mirota memiliki panorama yang sama sekali tidak kalah dengan wisata lainnya. Di sana Anda bisa melihat air pantai yang begitu jernih karena tidak tercemar sampah plastik. Air lautnya yang berwarna biru kehijauan selalu menarik minat wisatawan untuk bermain di pantai.

Di sepanjang pantai Anda juga akan melihat hamparan pasir yang terbentang dari ujung ke ujung. Warna pasirnya terlihat putih bersih dan tidak ada bebatuan sehingga terasa lembut. Pasirnya memang cocok sebagai tempat bermain dan bersantai. Panorama alam selalu dijaga dengan baik oleh warga setempat agar kawasan tersebut tidak menjadi tempat wisata yang kotor.

3. Suasana menyenangkan

Pantai Mirota menawarkan suasana yang nyaman karena jauh dari hiruk pikuk kepadatan perkotaan. Selain itu kawasan wisata ini dilengkapi dengan pohon kelapa dan berbagai tanaman lain yang terlihat asri. Anda yang berada di pantai akan merasakan kesejukan angin.

Gazebo di setiap sudut cocok untuk istirahat dan relaksasi. Kicauan burung dan suara deburan ombak dijamin membuat wisatawan betah. Maka dari itu, pilihlah tempat ini sebagai tempat wisata untuk berkumpul bersama keluarga.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai MirotaKredit foto: Google Maps Dikdok B

Pantai Mirota terletak di desa Sitanjung di Kepulauan Riau yang mudah ditemukan. Traveler bisa membawa kendaraan pribadi atau menggunakan beragam pilihan transportasi. Destinasi alam ini berada di kawasan strategis karena dekat dengan jalan raya. Hal inilah yang membuat pengunjung selalu ramai di tempat wisata ini.

Wisatawan bisa menuju Jalan Trans Balerang dari Jalan Letjen Suprapto. Lurus terus hingga sampai di area Barelang Link Bridge. Dari jembatan tersebut, letak pantai tidak jauh, hanya beberapa menit saja. Wisatawan mendengar suara ombak dan melihat tanda selamat datang di bagian depan.

Ada tanda-tanda di sepanjang jalan sehingga para tamu yang berkunjung tidak kesulitan menemukan tur. Selain itu, kamu juga bisa mengakses rute pantai melalui Google Maps di Android. Jadi traveler tidak perlu khawatir tersesat meski baru pertama kali ke Batam. Penduduk setempat yang ramah dijamin membuat Anda senang saat berjalan-jalan di sepanjang pantai.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Biaya masuk ke Pantai MirotaKredit foto: Google Maps di 1234

Pengunjung yang ingin berlibur ke Pantai Mirota bisa membeli tiket di loket. Harga tiket masuknya tidak mahal, hanya Rp 10.000 yang untuk dewasa. Tarif ini berlaku dari hari kerja hingga hari libur karena tidak ada perubahan. Anda dapat menikmati pantai hingga malam hari jika Anda memiliki anggaran terbatas.

Terdapat juga tempat parkir di bagian depan untuk menampung kendaraan. Biaya parkir Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda 4. Tempat parkir aman karena dijaga langsung oleh petugas setempat. Jika Anda membawa bus, Anda bisa memarkirnya di tempat parkir yang ada, karena areanya dikenal sangat luas.

Memang, biaya liburan di Mirota berbanding lurus dengan keindahannya. Beberapa daerah juga menyewakan peralatan untuk bermain air, seperti pelampung dan banana boat. Harganya tidak mahal dan tergantung peralatan yang ingin disewa. Anda juga bisa membawa perlengkapan sendiri jika tidak ingin membayar sewa.

Aktivitas seru di Pantai Mirota

Aktivitas Seru Pantai MirotaKredit foto: Google Maps D2RW

1. Mainkan air

Pantai Mirota menawarkan permainan seru yang bisa Anda coba bersama kerabat dekat. Wisatawan dapat menyewa banana boat, parasailing, dan jet ski yang membuat liburan mereka semakin menyenangkan. Permainan ini hanya bisa dicoba pada cuaca yang mendukung agar ombak pantai tetap aman. Jadi lebih baik datang di siang hari.

2. Piknik di pantai

Kegiatan piknik sering dilakukan saat berkunjung ke wisata pantai. Kawasan pantai yang asri dan nyaman tentunya sangat cocok untuk tempat berkumpulnya keluarga. Selain itu, traveler bisa membawa bahan makanan dan tikar untuk menikmati angin sepoi-sepoi. Namun, jangan membuang sampah plastik sembarangan setelah piknik.

3. Berburu foto

Banyak traveler yang berfoto di sekitar Pantai Mirota. Menghadirkan pasir yang lembut dan air laut yang membuat hasil jepretan semakin indah. Selain itu, bunga dan pepohonan hijau juga bisa dijadikan background bernuansa alam. Jadi kamu bisa berburu foto sepuasnya dengan memilih spot di destinasi pantai ini.

4. Bermain pasir

Pasir Pantai memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan tempat bermain. Wisatawan bisa membawa cetakan pasir atau bola voli untuk menghabiskan waktu berlibur. Pasir lembut ini juga sering digunakan untuk sekadar berjemur di bawah sinar matahari pagi. Beragam aktivitas tersebut tentunya tidak akan membuat liburan Anda membosankan.

5. Berenang

Aktivitas seru di Pantai MirotaKredit Foto: Utas Saluran Google Maps

Pantai Mirota memiliki ombak yang tidak terlalu besar dengan air yang sangat jernih. Pengunjung bisa berenang dengan pelampung di pinggirnya. Namun, pemudik harus tetap mematuhi aturan yang ada untuk tidak berenang di tengah laut karena sangat berbahaya. Nikmati liburan Anda dengan mengajak keluarga berenang di pantai yang indah ini.

6. Wisata Kuliner

Aneka jajanan dan makanan berat yang dijual di sekitar pantai banyak dikunjungi pengunjung. Hidangan khas yang dimasak dengan bumbu juga disajikan. Wisatawan bisa mencoba es krim kelapa muda dan seafood yang menjadi kuliner hits di kawasan pantai. Restoran ini juga dilengkapi dengan meja dan kursi yang nyaman.

7. Perjalanan dengan perahu

Pada siang hari, banyak perahu nelayan berjejer di tepi Pantai Mirota. Perahu ini sengaja disewakan kepada para pelancong yang ingin berkeliling. Anda akan diantar oleh petugas saat menjelajahi pantai sehingga dapat melihat keindahan air laut dari dekat. Di pantai cantik ini, pengunjung juga bisa melihat ikan-ikan kecil berenang bebas.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai MirotaKredit foto: rizaldi gesit Google Maps

Berbagai fasilitas di sekitar Pantai Mirota dapat digunakan wisatawan untuk menunjang aktivitas. Di sana Anda bisa menyewa permainan jet ski, kano boat dan banana boat yang menarik untuk dicoba. Jika pengunjung tidak terlalu terlatih, petugas bisa menemani sambil bermain. Anda juga tidak perlu khawatir karena akan diberikan pelampung.

Di setiap sudut terdapat toilet umum yang bersih dan tentunya bisa Anda cuci setelah bermain. Selain itu, pihak pengelola menyediakan tempat sampah bagi para tamu untuk menjaga kebersihan lingkungan. Jika ingin bersantai, Anda bisa duduk di paviliun. Tempat duduk ini terlihat berjejer di sepanjang pantai.

Pantai yang indah ini memiliki warung kuliner yang menjual makanan dan minuman. Olahannya dimasak langsung oleh warga setempat sehingga rasanya enak. Traveler bisa mencoba es krim buah segar yang ada di stand. Berbagai fasilitas pantai terus diperbaiki dan diperluas oleh petugas agar wisatawan merasa nyaman di sana.

Itulah ulasan menarik tentang Pantai Mirota sebagai tempat bersantai. Pengunjung yang berada di Batam dapat mengunjungi pantai untuk membuat liburan mereka semakin berkesan. Yang terpenting jangan sampai merusak alam saat berada di area tersebut untuk menjaga kebersihannya. Selain itu, jangan lupa mengabadikan momen di area pantai.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button