Berita Wisata

Kenali Coban Rondo, pesona air terjun yang melegenda dan mitosnya

JURNALACEH.COM- Saat berwisata di Jawa Timur, Coban Rondo wajib masuk dalam daftar wisata Anda. Air terjun ini sangat melegenda dan terkenal sejak tahun 1980. Letaknya di lereng Gunung Panderman, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Keindahan Coban Rondo tidak lepas dari mitos yang mendasarinya.

Malang memang terkenal dengan kesegarannya. Jadi jangan heran, jika berkunjung ke Coban Rondo, udara segar akan terasa. Memiliki daya tarik tersendiri, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama yang tersaji disana. Dengan ketinggian 84 meter, Coban Rondo memiliki air yang jernih. Selain itu, pepohonan rindang yang asri mengelilingi area air terjun.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Malang Favorit Anak Jaman Now Nomor 4 Terbaru

Di balik pesonanya, Coban Rondo juga menyimpan mitos yang masih dipercaya masyarakat. Jika ada sepasang kekasih yang datang ke air terjun ini, mereka tidak bisa sampai ke tahap pernikahan atau bernasib sial. Hal ini diyakini berdasarkan asal usul nama Coban Rondo.

Konon pada zaman dahulu, ada pasangan pengantin baru bernama Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma yang melanggar adat Jawa.

Mereka dilarang bepergian hingga pernikahan mereka mencapai 35 hari. Namun, mereka tidak menghiraukan dan melanjutkan perjalanan mereka.

Di tengah jalan, mereka bertemu dengan Joko Lelono yang langsung menyukai Dewi Anjarwati. Raden Baron Kusuma melawan dan meminta Dewi Anjarwati menunggunya di air terjun.

Baca juga: Tempat Wisata di Klaten Terbaru yang Menarik untuk Dikunjungi Tahun 2023

Namun suaminya tidak datang karena Raden Baron Kusuma dan Joko Lelono telah meninggal dunia. Kesedihan Dewi Anjarwati disebut-sebut menjadi kutukan bagi air terjun yang hingga kini masih dipercaya banyak orang.

Selain mitos yang berkembang, Coban Rondo juga memiliki spot foto yang menarik. Seperti taman, kafe, labirin, dan monyet liar di kawasan ini. Selain itu, Anda juga bisa berkemah karena tersedianya bumi perkemahan di kawasan ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button