Berita Wisata

Day 2 Lattek Pelayaran Bersama WJY XIX 2023, Siswa Kodikmar Latihan Mendarat Amfibi Metro Times News

MetroTimes (Surabaya) – Hari ke 2 pelaksanaan Latihan Kerja Praktek (Lattek) Komando Diklat Gabungan Wira Jala Yudha (WJY) XIX 2023 Komando Doktrin Diklat (Kodiklatal) TNI Angkatan Laut, Mahasiswa Komando Pendidikan Kelautan ( Kodikmar) dilaksanakan Latihan Pendaratan Amfibi dilaksanakan di Pantai Banongan Kabupaten Situbondo pada Kamis (26/1/2023).

Latihan Pendaratan Amfibi bagi mahasiswa Bintara Kelas Satu (Dikmaba) dan Formasi Pratama (Dikmata) Korps Marinir TNI AL XLII/1 TA 2022 dilaksanakan secara terbatas, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur dan profesionalisme prajurit mahasiswa yang menerima pengetahuan dari pelatih dan instruktur serta juga dipraktikkan dalam Lattek Operasi Amfibi Pelajar Kodikmar pada awal Januari 2023.

Latihan pendaratan dimulai dengan peran sekoci dan peran tambatan yang dilakukan oleh siswa Korps Marinir. Dibantu oleh awak kapal KRI Makassar-590 (ABK), para mahasiswa Korps Marinir melakukan proses penurunan sekoci dan water flooding untuk menurunkan dua unit Landing Craft Utility (LCU) dan tiga unit LCVP (Landing Craft Vehicle Personnel). Seluruh unit kendaraan yang menjadi bagian dari perlengkapan KRI Makassar-590 digunakan untuk mendaratkan pasukan di pantai Banongan.

Usai Taklimat disampaikan, seluruh mahasiswa Korps Marinir yang telah siap tempur segera menuju ke pantai. Gelombang pertama menghantam pantai (mahasiswa Dikmata Kelautan melakukan pendaratan menggunakan LCU dan LCVP), dilanjutkan dengan Konsolidasi dan Perimeter Pantai. Setelah itu, semua kembali ke KRI Makassar-590 dengan menggunakan LCU dan LCVP, dilanjutkan peran sekoci dan peran undocking oleh para mahasiswa Korps Marinir. (nald)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button