Tempat Wisata

10 Pulau Terindah Di Sumatera Barat

Inilah daftar destinasi wisata pulau terindah di Indonesia Sumatera Barat. Obyek wisata laut yang eksotis, populer, dan terpanas wajib Anda kunjungi untuk liburan yang menyenangkan.

Kaya akan tradisi dan budaya, Sumatera Barat ternyata memiliki pesona alam yang indah yang dapat menyegarkan mata dan memperkaya jiwa. Khusus untuk wisata laut, kerajaan Minang ini memiliki pulau-pulau lepas pantai yang begitu menakjubkan. Berikut beberapa pulau cantik yang melengkapi keindahan Sumatera Barat yang menjadi tujuan wisata populer.

1. Pulau Pasumpahan

Pulau PasumpahanSumber gambar: Google Maps Gito Pramagista

Pulau Pasumpahan terletak di perairan Teluk Kabung di Kota Padang. Oleh karena itu, Pulau Pasumpahan sangat dekat dengan mengunjunginya dengan speedboat dari Teluk Bungus yang berada di dekat kota Padang. Klaim pesona laut Pulau Pasumpahan membuatnya populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pulau ini memiliki daya tarik pantai pasir putih yang lembut lengkap dengan terumbu karang yang masih utuh. Selain itu, Pulau Pasumpahan juga sering dijadikan tempat berlindung para nelayan. Di sini Anda dapat dengan mudah mengamati aktivitas para nelayan yang sedang menjaring atau menangkap ikan di laut.

Potensi wisata bawah lautnya juga tidak masalah, yang dijamin membuat siapapun yang melihatnya enggan untuk keluar dari pulau ini. Saat snorkeling Anda akan melihat terumbu karang yang indah dikelilingi oleh berbagai ikan karang. Ada juga berbagai jenis ikan hias yang bisa Anda lihat di bawah laut Pulau Pasumpahan.

Biaya tur: Dari Rp 250.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sungai J L. Banana, Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

2. Pulau Mandeh

Pulau MandehSumber gambar: Google Maps Safar Pasaribu

Pulau lepas berikutnya di provinsi Sumatera Barat yang tidak boleh dilewatkan adalah Pulau Mandeh. Pulau ini dikenal sebagai Raja Ampat Sumatera Barat karena memiliki surga tersembunyi yang begitu indah dengan keindahan alam yang menakjubkan. Pesonanya dijamin tidak akan membuat siapa pun yang melihat Pulau Mandeh ini menolak.

Destinasi wisata yang satu ini berada di pesisir selatan, perpaduan perbukitan alami dan teluk yang dihiasi gugusan pulau-pulau kecil di Teluk Carocok Tarusan. Puncak Mandeh sendiri berbatasan langsung dengan kota Padang yang berjarak sekitar 56 km. Dimana di bagian selatannya terdapat tanjung berkelok-kelok yang terlihat seperti danau.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Pulau Mandeh. Salah satunya snorkeling karena kawasan ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Pemandangan rumput laut, terumbu karang dan berbagai biota laut akan memanjakan Anda saat snorkeling.

Biaya tur: Dari Rp 300.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Mandeh, Kec. Koto XI Tarusan, Cab.Pantai Selatan, Sumatera Barat.

3. Pulau Cubadak

Pulau CubadakKredit foto: Google Maps Muhamad Izzul Fiqh bin Muchtar Bashori

Kepopuleran Pulau Cubadak sudah sampai ke telinga turis mancanegara. Bahkan ada seorang turis asal Jerman yang terpesona dengan pulau Cubadak ini dan akhirnya membuat film dokumenter tentang segala keindahan pulau yang satu ini. Setelah film tersebut dirilis, semakin banyak media internasional yang berbondong-bondong ke Pulau Cubadak.

Pulau Cubadak sendiri terletak di kawasan Ampang Pulai, hanya berjarak sekitar 15 menit dengan speedboat dari Pantai Carocok di Kota Painan. Meski tergolong pulau kecil, bukan berarti pulau ini tak berpenghuni. Pulau Cubadak telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, resort bintang 5 juga bisa Anda temukan di sini.

Aktivitas yang paling diminati wisatawan saat berkunjung ke Pulau Cubadak adalah snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Karena pulau ini terletak di Samudera Hindia yang menjadi garis pemisah antara Kepulauan Mentawai dan pantai barat Sumatera. Oleh karena itu, Cubadak memiliki keanekaragaman hayati dan ekosistem yang sangat kaya.

Biaya tur: Dari Rp 150.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Ampang Pulai, Kec. Koto XI Tarusan, Cab.Pantai Selatan, Sumatera Barat.

4. Pulau Angso Duo

Pulau Angso DuoSumber gambar: Google Maps Ahmadi Yusuf

Pulau Angso Duo merupakan salah satu pulau terindah di Sumatera Barat yang wajib Anda kunjungi. Pulau ini merupakan pulau mungil di kawasan Pariaman yang menyimpan sejuta pesona. Meski tidak luas, ada beberapa spot menarik di mana Anda bisa bersantai.

Ada ayunan yang disediakan di sekitar pantai, Anda bisa menikmatinya sambil merasakan hembusan angin dan suara deburan ombak menuju pantai. Noda ini juga sangat estetis saat diabadikan dalam sebuah potret. Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat beberapa gubuk yang tertata rapi, tempat berbagai kuliner dapat ditemukan.

Di pondok-pondok ini Anda akan menemukan kesegaran kelapa muda dan makanan lautnya yang lezat. Lalu ada juga mie instan ala Minangkabau yang wajib dicoba wisatawan. Untuk menu olahan ikan bahkan bisa anda dapatkan sendiri dari hasil tangkapan yang kemudian di olah oleh pemilik cottage.

Biaya tur: Dari Rp 25.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

5. Pulau Pamutus

Alamat Pulau PamutusSumber gambar: Google Maps Mare Liberiana

Pulau Pamutusan terletak di Bungus Teluk Kabung, sekitar 38 kilometer dari kota Padang. Anda membutuhkan sekitar 2 jam perjalanan untuk mencapai tempat ini. Meski perjalanannya cukup panjang, semuanya akan terbayar sesampainya di Pulau Pamutus yang mempesona ini.

Pemandangan bawah laut dari Pulau Pamutus cukup terkenal dimana-mana. Snorkeling memungkinkan Anda melihat sendiri betapa indahnya biota laut dan terumbu karang di pulau ini. Selain biota dan terumbu karang yang indah, air laut di sekitarnya begitu jernih dan segar sehingga Anda bisa snorkeling seperti di rumah sendiri.

Biaya tur: Dari Rp 235.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sungai Pinang, Kec. Koto XI Tarusan, Cab.Pantai Selatan, Sumatera Barat.

6. Pulau Pagang

Pulau PaganSumber Gambar: Google Maps Reyner Gunawan

Secara geografis, Pulau Pagang berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu. Padahal secara administratif pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Dimana daya tarik pulau ini terletak pada panorama lautnya yang sangat indah dan mempesona.

Selain aktivitas pantai seperti berenang untuk merasakan segarnya air atau snorkeling untuk melihat keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, Anda juga bisa menikmati bukit kecil di Pulau Pagang ini. Dari atas bukit Anda bisa melihat kemegahan kota Padang dari jauh, Anda juga bisa melihat perahu nelayan berjejer indah di pinggir pantai.

Biaya tur: Dari Rp 35.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: daerah. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

7. Pulau Siberut

Pulau SiberiaSumber gambar: Twitter Sherly Yumita S.Kom

Secara administratif, Pulau Siberut memang berada di kawasan Padang Pariaman Sumatera Barat. Namun jarak pulau ini cukup jauh dari pesisir pantai Sumatera Barat, yakni sekitar 155 kilometer. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, sangat disarankan untuk mengunjungi pulau yang satu ini. Dimana berjam-jam wahana di Selat Mentawai menunggu untuk ditaklukkan.

Setibanya anda di Pulau Siberut, selain keindahan alam dan wisata lautnya yang menawan. Di sini pula Anda akan bertemu dengan suku Mentawai yang dikenal sebagai salah satu suku paling terasing di Tanah Air. Suku ini merupakan salah satu daya tarik Pulau Siberut. Bisa dibilang pulau ini adalah wisata bagi anda yang haus akan budaya.

Biaya tur: Dari Rp 95.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Bojakan, Kec. Siberut Utara, Kab.Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

8. Pulau Pandan

Objek wisata Pulau PandangKredit foto: Google Maps Iran Situmorang

Pulau Pandan merupakan salah satu pulau yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Sumatera Barat. Ada banyak daya tarik di pulau yang satu ini, mulai dari pantai pasir putihnya yang begitu halus, air lautnya yang sangat jernih, bahkan di kawasan ini terdapat telur penyu yang sangat menarik untuk disaksikan.

Selain menyaksikan telur penyu menetas, Pulau Pandan juga menjadi tempat di mana Anda bisa menikmati atraksi ribuan lumba-lumba yang akan menyambut pengunjung. Dan jika beruntung, Anda juga bisa melihat ikan paus yang sesekali muncul. Dengan berbagai pesona tersebut, objek wisata yang tergolong baru ini mampu menarik minat berbagai wisatawan.

Biaya tur: Dari Rp 350.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kabupaten Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

9. Pulau Sipora

Kredit foto: Google Maps Anak Rantau 2020

Pulau Sipora sudah populer di seluruh negeri karena ombak selancarnya yang menantang. Maka tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau yang satu ini hanya untuk menikmati aktivitas selancar. Tak hanya untuk berselancar, pulau yang dikelilingi laut biru ini juga layak dikunjungi karena keindahan pantainya.

Pantai berpasir putih terbaik, pohon-pohon palem yang melambai tertiup angin pantai dan kuliner wisata bahari yang bervariasi di tepi pantai menjadi daya tarik utamanya. Semua keindahan tersebut membuat pesona pantai di Pulau Sipora sangat cocok menjadi destinasi wisata bahari yang sayang untuk dilewatkan.

Biaya tur: Dari Rp 95.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Mara, Kec. Sipora Selatan, Cab.Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

10. Pulau Sawo

Pulau SawoSumber gambar: Twitter membual berlagak

Terakhir ada destinasi wisata Pulau Sawo yang terletak di kawasan Pasia Nan Tigo yang sangat digemari oleh masyarakat Sumatera Barat sendiri. Pulau ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, meski fasilitasnya cukup memadai. Di pinggir pantai terdapat sejumlah gubuk yang menjual sembako. Beberapa gubuk ini juga bisa digunakan untuk beristirahat.

Dengan luas sekitar 8 hektar, pulau ini memiliki keindahan pasir putih yang lembut saat disentuh. Sedangkan untuk pemandangan bawah lautnya sendiri juga sangat menyenangkan dan sangat worth untuk dilihat, dimana masih terdapat terumbu karang yang begitu alami dikelilingi oleh ribuan ikan yang berenang disekitarnya.

Biaya tur: Dari Rp 100.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

Bahkan, wisata pulau disebut-sebut paling diminati masyarakat karena menawarkan tawaran wisata yang lengkap. Sumatera Barat sendiri memiliki gugusan pulau yang memiliki sejuta pesona, baik dari sisi pantai maupun pemandangan bawah laut yang menakjubkan dan layak untuk dilihat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button