Tempat Wisata

Masjid Puncak Atta’awun, destinasi wisata religi di Bogor

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Raya Puncak—Gadog, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kab.Bogor, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Masjid Atta’awun Puncak, bagi Anda yang sering melintas di Jalan Raya Puncak Gadog Bogor pasti pernah melihat kemegahan bangunan tempat ibadah ini. Keindahannya menonjol dari bangunan lainnya, bahkan bisa dikatakan sangat indah. Meski begitu, dia memiliki banyak keunikan yang membuat semua mata tertuju padanya.

Seperti masjid pada umumnya, fungsi utama bangunan ini tak lain adalah sebagai tempat ibadah. Namun karena keindahan dan letaknya yang strategis, tidak sedikit orang yang lewat dan memasukinya. Selain beribadah, ada juga yang sekadar beristirahat di sepanjang jalan.

Ada juga yang menempuh keduanya, yaitu istirahat setelah menunaikan shalat wajib sesuai waktunya. Keindahan alam sekitar lokasi menjadi daya tarik tambahan, suasana sejuk dan damai dijamin langsung terasa. Masjid ini dikelilingi pemandangan hijau persawahan dan perkebunan warga, viewpoint sangat jernih dan begitu indah.

Objek wisata Masjid Atta’awun Puncak

Objek wisata Masjid Atta'awun Puncak BogorKredit Foto: Google Maps Masjid Atta’Awun Puncak

Meski hanya masjid umum yang bisa dikunjungi siapa saja, namun Masjid Atta’awun memiliki pesona tersendiri. Tak heran jika tempat ibadah ini selalu dipadati pengunjung untuk beribadah, bersantai dan kegiatan terkait lainnya.

1. Sejarah Masjid Atta’awun

Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas sejarah sebuah bangunan yang memiliki banyak keistimewaan. Tempat ibadah ini dulunya bernama Masjid Al-Muttawien dan merupakan bangunan milik PT Gunung Mas. Tujuan awal pembangunannya adalah sebagai tempat ibadah para juru tulis dan karyawan yang bekerja di pabrik.

Dibangun pada tahun 1987, masjid ini memiliki pekarangan yang tidak begitu luas. Masalah sering muncul pada hari jumat dimana lokasinya tidak sesuai untuk melaksanakan sholat jumat. Karena tidak hanya karyawan PT Gunung Mas yang sholat di masjid ini, tapi juga warga setempat.

Tepatnya perluasan lahan dimulai pada tahun 1990 dan selesai 9 tahun kemudian atau tahun 1999. Saat itu namanya diubah menjadi Masjid Atta’awun Puncak dengan segala keunikan dan keindahan arsitekturnya. Karena biaya pembangunannya tidak hanya ditanggung oleh PT Gunung Mas, perusahaan juga menghibahkannya kepada pemerintah daerah.

Total biaya renovasi dan perluasan lahan masjid ini diperkirakan mencapai 36 miliar rupiah. Selain sumbangan dari PT Gunung Mas, pemerintah daerah dan warga juga turut menyumbang dan mencari dana. Nama Masjid Atta’awun diambil dari kondisi bangunan yang dimaksud, artinya ketakwaan dan kerja sama dalam kebaikan.

2. Pemandangan alam yang indah

Daya tarik selanjutnya adalah keindahan alam sekitar serta keindahan taman buatan di serambi masjid. Tidak jauh dari lokasi, pengunjung dapat dengan mudah melihat keindahan alam perkebunan penduduk yang menghijau. Tangga menyerupai terasering juga sangat jelas, yang merupakan sawah aktif milik warga.

Keindahan lainnya datang dari perbukitan yang mengelilingi lokasi Masjid Atta’awun Puncak. Hampir semua keindahan alam tersaji dalam warna hijau yang menenangkan pandangan. Berada di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, cuaca di sini sangat sejuk bahkan beberapa pengunjung menganggapnya dingin.

Saat cuaca cerah, segala keindahan yang dimiliki seseorang terlihat begitu jelas. Meski mendung atau cuaca tidak mendukung, keindahan alam sekitar tetap terlihat melalui gugusan awan yang terlihat eksotis. Selain itu, keindahan taman buatan yang mengelilingi masjid juga tak kalah menarik, banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk mengabadikan momen tersebut.

3. Arsitektur Masjid Atta’awun yang unik

Arsitektur Masjid Atta’awun terlihat sangat unik karena tidak seperti tempat ibadah umat Islam pada umumnya. Masjid ini memiliki perpaduan bangunan Timur Tengah dan Jawa yang nyaris sempurna. Jika kebanyakan masjid identik dengan kubah, kali ini Anda tidak akan menemukannya di sini.

Atap masjid ini berbentuk seperti jamur, jumlahnya cukup banyak. Setiap ruangan atau bagian bangunan memiliki bentuk seperti jamur dengan ukuran yang berbeda-beda. Kubah jamur terbesar ada di bangunan utama, sedangkan kubah jamur di sekitarnya berukuran lebih kecil.

Tak berbeda dengan masjid di tempat lain, Masjid Atta’awun Puncak juga memiliki menara yang cukup tinggi. Bangunan yang menjulang tinggi ini tidak terlihat seperti jamur. Sedangkan konsep bangunan Jawa terlihat dari kolam kecil yang mengelilingi masjid. Keberadaan kolam ini bertujuan untuk membasuh kaki dengan makna filosofis yang dalam.

Makna yang dimaksud tidak lain adalah siapa saja yang masuk ke dalam masjid harus suci. Baskomnya dangkal karena hanya untuk mencuci kaki. Air di kolam ini berasal dari sungai kecil yang mengalir di sekitar masjid. Uniknya, air ini tidak pernah kering dan selalu mengalir meskipun musim kemarau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Masjid Atta'awun Puncak BogorSumber gambar: Twitter Jelajahi Jawa Barat

Sebenarnya untuk menemukan lokasi Masjid Atta’awun Puncak tidaklah sulit karena letaknya yang sangat strategis. Alamatnya juga jelas, terletak di Jalan Raya Puncak Gadog 90, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hanya warga di luar Bogor yang kesulitan karena tidak terbiasa dengan akses jalan atau jalan setapak.

Masjid ini satu arah dengan Puncak Pass, tentunya menjadi objek wisata sekaligus tempat penginapan yang tidak pernah sepi. Sehingga bisa anda jadikan sebagai patokan utama saat anda berkunjung ke masjid ini. Dari Alun-alun Bogor jarak yang dibutuhkan sekitar 30 kilometer, rata-rata memakan waktu 1 jam.

Silakan gunakan Tol Jagorawi karena cukup mudah ditemukan dan juga lebih cepat. Setelah keluar pintu tol, lanjutkan ke Jalan Labuhan. Dari sini Masjid Atta’awun Puncak tidak jauh, Anda hanya perlu menuju ke Jalan Raya Puncak dan ikuti jalur utama.

Ikuti jalan utama dan lihat sekeliling karena ada beberapa rambu yang bisa digunakan sebagai panduan. Jangan kaget jika perjalanan bisa memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan karena semakin dekat ke tempat itu segalanya menjadi semakin sempit. Namun jangan khawatir, karena keindahan alam di sekelilingnya siap memanjakan Anda selama perjalanan.

Jangan lupa buka jendela mobil untuk merasakan sejuknya udara alami yang tidak didapatkan di perkotaan. Tanpa kendaraan bermotor, kawasan puncak ini dijamin bebas polusi. Alasannya karena hampir di mana-mana warna hijau dari berbagai tumbuhan terpelihara dengan sangat indah.

Sama seperti tempat ibadah lainnya, Masjid Atta’awun Puncak buka setiap hari tanpa pernah tutup. Letaknya yang strategis sebagai tempat berlalu lalang pengendara semakin mendukung jam operasionalnya. Anda bisa datang untuk beribadah dan beristirahat kapan saja selama berada di sini.

Anda tidak perlu membayar karena masjid ini sebenarnya bukan objek wisata. Hanya saja yang membawa kendaraan bermotor sudah ada uang receh yang siap menggantikan tempat parkir. Selain itu, diperlukan biaya untuk bisa menikmati keragaman kuliner di sekitar masjid. Hal ini berlaku bagi Anda yang sedang kehabisan bekal atau memang sengaja tidak membawa dari rumah.

Aktivitas menarik di Masjid Atta’awun Puncak

Kegiatan Masjid Atta'awun Puncak BogorKredit foto: Google Maps Theo Petrozza

Meski bukan objek wisata, ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Masjid Atta’awun Puncak. Kegiatan utamanya adalah ibadah, namun masih banyak kegiatan lain yang biasa dilakukan pengunjung selama berada di sini.

1. Ibadah Doa

Sangat dianjurkan ketika anda berada di masjid, baik yang kita diskusikan kali ini maupun di masjid lain, usahakan untuk melakukannya dengan niat ibadah. Ibadah yang dimaksud tidak lain adalah shalat, Anda bisa shalat berjamaah ketika waktunya tiba. Jika Anda melewatkannya, tidak masalah jika Anda berdoa sendiri atau mencari pengunjung lain yang memiliki niat yang sama untuk bergabung dengan jamaah.

2. Menikmati pemandangan alam

Setelah berdoa atau melakukan ibadah utama, Anda dapat melakukan kegiatan lain sesuai keinginan. Di antara sekian banyak aktivitas yang paling dinantikan pengunjung di Masjid Atta’awun Puncak adalah menikmati pemandangan alam. Sawah, kebun, dan sungai menjadi daya tarik utama di sini.

3. Bersantai sambil beristirahat

Bagi yang sedang menuju alun-alun, masjid ini siap menawarkan kenyamanan. Itu berarti Anda dapat beristirahat dengan santai di ruang publik dan terbuka ini. Ada banyak tempat untuk dikunjungi yang pastinya bukan di dalam masjid. Di serambi masjid, pengunjung biasanya memilih waktu istirahat dan bersantai.

4. Wisata Kuliner

Lokasi masjid ini sangat strategis karena dekat dengan tempat wisata di Bogor. Jadi jangan heran jika di sepanjang jalan banyak warung atau restoran yang menawarkan hidangan utama yang berbeda untuk setiap orang. Tidak perlu jauh-jauh, di sekitar masjid juga banyak pertokoan, tinggal pilih sesuai selera.

Fasilitas yang tersedia di area masjid

Fasilitas Masjid Atta'awun Puncak BogorSumber gambar: Google Maps Kang Ensap

Masjid Atta’awun memiliki fasilitas yang cukup memadai, bahkan lebih lengkap dari masjid pada umumnya. Yang pertama adalah toilet di sebelah area cuci. Selain itu, tersedia pula tempat parkir mobil yang luas bagi mereka yang datang dengan membawa kendaraan bermotor. Seperti yang sudah disebutkan di atas, banyak juga warung makan di sekitar tempat itu.

Masjid ini sebenarnya digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Islam. Namun karena keindahan dan arsitektur bangunannya, tidak sedikit pengunjung yang menjadikan Masjid Atta’awun Puncak sebagai alternatif wisata. Meski bukan yang utama, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama yang sedang dalam perjalanan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button