Tempat Wisata

10 pulau terindah di Sumatera Utara

Ini adalah tujuan pulau terindah yang direkomendasikan Sumatera Utara. Obyek wisata laut yang eksotis dan populer yang patut Anda kunjungi untuk liburan yang tak terlupakan.

Indonesia adalah negara yang dijuluki Kepulauan Seribu. Tentunya karena hampir seluruh provinsi di Indonesia terbagi menjadi beberapa pulau dan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Tak terkecuali provinsi Sumatera Utara yang sebenarnya memiliki banyak surga tersembunyi. Pulau-pulau di sekitarnya menawarkan pemandangan panorama yang menakjubkan. Berikut beberapa destinasi pulau cantik di Sumatera Utara yang memiliki pesona surgawi yang menarik untuk Anda jelajahi.

1. Pulau Nias

pulau NiasSumber gambar: Google Maps Ferry Iran

Dalam beberapa tahun terakhir, pulau ini hancur total akibat bencana tsunami yang melanda daerah sekitarnya. Namun, Pulau Nias yang indah segera pulih kembali dan kembali menyuguhkan keindahan alamnya serta wisata budayanya yang selalu memukau. Dengan pantai yang sering digunakan untuk selancar, Nias sering disebut-sebut sebagai salah satu tempat selancar terbaik di dunia.

Selain keindahan alamnya, Pulau Nias juga kaya akan budaya dan adat istiadat yang masih bertahan hingga saat ini. Salah satu yang paling terkenal adalah tradisi Hombo Batu atau lompat batu di Desa Adat Bawomataluo yang menjadi daya tarik pulau ini. Tradisi ini dilakukan sebagai tanda bahwa seorang laki-laki mampu melompati susunan batu yang menandakan bahwa ia telah memasuki usia kesiapan menikah.

Biaya tur: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Bawomataluo, Kec. Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan, Sumatera Utara.

2. Pulau Samosir

Atraksi di pulau SamosirSumber gambar: Google Maps doniva pdd

Wisata Danau Tobase merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Indonesia. Salah satu hal yang menarik dari Danau Toba, karena di tengahnya terdapat pulau indah yang wajib dikunjungi, yaitu Pulau Samosir. Banyak wisatawan yang akan menyempatkan diri untuk mengunjungi pulau ini menggunakan kapal feri yang telah disewa di sekitar danau.

Pulau ini tidak hanya mengandalkan keindahan, tetapi juga warisan budaya yang perlu dilestarikan, termasuk Kampung Huta Siallagan. Desa adat ini menjadi titik tolak sejarah peradaban Samosir saat penegakan hukum pertama kali dilakukan. Suasana desa ini begitu menyejukkan ditambah dengan pemandangan alam yang bisa membuat wisatawan betah.

Biaya tur: Dari Rp 100.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sijambur, Kec. Ronggur Nihuta, Cab. Samosir, Sumatera Utara.

3. Pulau Mursala

Pulau MursalaKredit Foto: Google Maps Dani Rahadian

Pulau Mursala adalah salah satu pulau yang paling populer untuk dikunjungi selama liburan Anda di Sumatera Utara. Di sekitar pulau ini terdapat pantai pasir putih yang luas. Tak heran jika pulau yang dihuni 60 keluarga ini terkenal dengan keindahan lautnya yang mampu memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Pulau ini juga dikelilingi bebatuan granit berwarna merah kecokelatan yang kontras dengan hijaunya pepohonan yang ditanam di sekitar pulau. Di tengah pulau Anda bisa menemukan air terjun yang tidak kalah indahnya yang mengalir langsung ke laut dan juga keindahan pulau-pulau lainnya. Keindahan pulau ini memikat sutradara film King Kong untuk syuting di sini.

Biaya tur: Dari Rp 170.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Tapian Nauli I, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

4. Pulau Berhala

Pulau IdolaKredit foto: Google Maps Intan Sinuraya

Pulau Berhala masuk dalam daftar destinasi wisata di Sumatera Utara yang sayang untuk dilewatkan. Kondisi pulau ini masih perawan dan sangat asri, karena itu air laut di pulau ini terlihat sangat biru jernih. Bentang alam sekitarnya yang berupa bukit-bukit dihiasi pantai berbatu sering dianggap sebagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke sini.

Pulau yang memiliki air laut yang begitu jernih ini sering dijadikan spot snorkeling di pagi hari. Kondisi pulau ini sangat bagus dan juga menawarkan pemandangan bawah laut yang tidak kalah indahnya. Wisatawan disuguhi berbagai jenis biota laut yang tumbuh subur di perairan Pulau Berhala. Di sini Anda juga bisa melihat kura-kura yang menggemaskan di penangkaran.

Biaya tur: Dari Rp 70.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kabupaten Tanjung Beringin, Serdang Bedagai Cab, Sumatera Utara.

5. Pulau Tello

Pulau TelloKredit foto: Google Maps, Bung MD

Selain Nias, Sumatera Utara juga memiliki surga surfing bagi peselancar dunia yaitu Pulau Tello. Pulau ini mungkin masih terdengar cukup asing bagi wisatawan lokal asal Indonesia. Namun pulau ini sudah banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, terutama para peselancar yang ingin menantang liarnya ombak di pantai Pulau Tello.

Ombak indah yang datang ke pulau ini dikirim dari Mentawai dan juga dari Nias yang berada tepat di sebelahnya. Pulau yang masih merupakan bagian dari gugusan pulau Nias ini juga memiliki pantai yang sangat indah dengan air yang sangat jernih. Sesekali wisatawan bisa melihat ikan-ikan kecil berenang-renang cantik di tepian Pulau Tello.

Biaya tur: Dari Rp 190.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kabupaten Pulau Batu, Kab.Nias Selatan, Sumatera Utara.

6. Pulau Sibaranun

Pulau SibaranunKredit Foto: Google Maps Lie Ono Niha

Memasuki Pulau Sibaranun, Anda tidak akan pernah berhenti berdecak kagum dengan keindahan lukisan alam. Sebagai salah satu surga tersembunyi di Sumatera Utara, pulau kecil ini kerap dikunjungi wisatawan mancanegara asal Australia. Tujuan wisatawan mancanegara ini adalah untuk menikmati serunya surfing di Pulau Sibaranun dengan pemandangan yang sangat indah.

Biasanya wisatawan mancanegara ini banyak berkunjung pada pertengahan Maret hingga Oktober. Pada periode inilah ombak terbaik Sibaranun muncul dan sangat bagus untuk berselancar. Para wisatawan yang datang ke sini pasti betah dan ingin menghabiskan waktu liburannya di Pulau Sibaranun yang sangat tenang dan damai.

Biaya tur: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sibaranun, Kec. Pulau Batu, Kab. Nias Selatan, Sumatera Utara.

7. Pulau Pandang

Pantai di Pulau Pandang BatubaraKredit foto: Google Maps Iran Situmorang

Pulau Pandang adalah salah satu mutiara terindah di Selat Malaka. Meski kecil, pulau ini sebenarnya memiliki potensi keindahan wisata yang sangat besar. Panorama bawah laut yang sangat indah menanti Anda pada kunjungan pertama Anda ke sini. Ikan-ikan kecil berwarna-warni serta terumbu karang dan biota laut lainnya akan menggoda setiap pengunjung.

Pulau ini juga cukup unik, di sisi timurnya wisatawan akan menjumpai pantai dengan hamparan pasir putih halus berhias bebatuan granit kemerahan. Sementara itu, ketika wisatawan melihat ke sisi utara, mereka akan disambut oleh ombak yang agak besar menyapu pasir berbatu besar dengan bentuk yang agak unik dan terlihat eksotis.

Di sebelah barat pulau, wisatawan akan menemukan pantai berpasir putih yang membentuk cekungan seperti teluk dengan formasi batuan yang indah. Ombaknya juga relatif lebih tenang dibanding pantai di dua sisi lainnya. Daya tarik lain dari pulau cantik ini adalah adanya sebuah batu yang dikenal dengan sebutan “batu belah” yang dianggap sebagai benda berbau mistis.

Biaya tur: Dari Rp 200.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kecamatan Tanjung Tiram, Cab Batu Bara, Sumatera Utara.

8. Pulau Hinako

Pulau HinakoKredit Foto: Google Maps Iman Halawa

Surga tersembunyi lainnya di Sumatera Utara adalah Pulau Hinako yang memiliki keindahan bawah laut layaknya kerajaan laut dalam dongeng. Tempat ini memiliki kekuatan magis untuk snorkeling yang karena keeksotisannya mampu menarik banyak wisatawan. Bahkan tak sedikit yang membandingkan keindahan alam bawah laut di sini dengan Raja Ampat.

Sama seperti pulau lainnya, pulau ini menawarkan pantai alami dengan ombak ganas yang seolah menantang wisatawan yang ingin berselancar. tanpa keraguan. Pulau ini juga sering menjadi tujuan utama selancar. Anda tidak akan bosan dengan variasi ombak di pantai, itu saja. Karena Pulau Hinako memiliki banyak pantai yang tak kalah indahnya yang bisa kamu coba sebagai destinasi surfing.

Biaya tur: Dari Rp 100.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Lahawa, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat, Sumatera Utara.

9. Pulau dengan nama yang salah

Pulau dengan nama yang salahSumber Gambar: Google Maps Anggun Lestari

Banyak nelayan di pulau ini yang menangkap gurita dan cumi pada malam hari. Berjalan-jalan di sepanjang pulau menawarkan pemandangan laut lepas yang indah, yang dihiasi dengan lampu pancing berwarna-warni. Pemandangan seperti ini akan menyemarakkan suasana malam Anda di Sumatera Utara dan kaki Anda akan terasa enggan beranjak.

Pemandangan alam di sekitar Pulau Salah Nama tak pernah berhenti memukau siapapun yang mengunjunginya. Tidak hanya keindahan lautnya saja, pulau ini juga memiliki bukit yang sering didaki oleh wisatawan yang ingin melihat keindahan pemandangan pulau Salah Nama secara keseluruhan.

Padahal, pulau ini ditata dengan sangat rapi. Sepanjang jalan Anda akan menemukan banyak jembatan batu yang dihiasi pot keramik kuno berisi bunga-bunga menawan. Pemerintah setempat juga telah menyediakan pondok-pondok di sekitar pantai bagi pengunjung yang lelah setelah seharian di air atau menunggu matahari terbenam.

Biaya tur: Dari Rp 40.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Bogak, Kec. Tiram Tanjung, Cab.Batubara, Sumatera Utara.

10. Pulau Vunga

pulau wungKredit foto: Google Maps Ririn Ambar

Jika hari sedang cerah, Anda bisa menikmati pemandangan Pulau Wunga yang menawarkan panorama yang sangat luar biasa. Pantai ini dibingkai oleh hamparan pasir putih lembut yang terkadang basah karena ombak. Air pantainya sangat jernih, berwarna biru kehijauan dan terkadang terlihat mengkilat karena terpantul sinar matahari yang hangat.

Pulau indah yang termasuk dalam gugusan pulau Nias ini memang sangat tenang karena hanya dihuni oleh delapan kepala keluarga. Meski demikian, keindahan pemandangan alam di pulau ini patut terus dikembangkan dan dirawat agar semakin dikenal wisatawan. Tak heran, pulau cantik ini juga masuk dalam daftar pulau dengan sejuta pesona di Nias, Sumatera Utara.

Biaya tur: Dari Rp 100.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Lauru I Afulu, Kec. Afulu, Kab. Nias Utara, Sumatera Utara.

Terletak di negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau kecil yang belum tersentuh dan masih sepi seperti beberapa pulau terindah di Sumatera Utara. Meski demikian, pemandangan yang disajikan sangat menakjubkan. Oleh karena itu, tak jarang pula pulau-pulau kecil ini disebut sebagai penggalan kecil surga tersembunyi di wilayah Indonesia.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button