Berita Wisata

6 tempat wisata di jepara yang murah dan wajib dikunjungi

Merdeka.com – Kota Jepara merupakan kota kecil di pesisir Pulau Jawa yang dikenal sebagai tempat lahirnya RA Kartini.

Namun, nyatanya Jepara juga menyimpan banyak tempat wisata murah dan wajib dikunjungi jika singgah di kota ini. Akses menuju Jepara juga sangat mudah bagi wisatawan yang ingin berkunjung baik dengan kendaraan pribadi maupun umum.

taboola di tengah artikel

Meski kota ini sangat indah dan memiliki pantai yang indah, tempat wisata di Jepara tidak hanya wisata alam lho. Ada juga wisata edukasi, sejarah, budaya, kuliner dan religi. Selain pantai, wisatawan dapat mengunjungi danau, bukit, bangunan bersejarah, dan pusat kuliner Jepara.

Apalagi Jepara juga dikenal sebagai kota patung, sehingga desain furniture dan bangunan di Jepara sangat menarik untuk dilihat. Berikut merdeka.com merangkum beberapa tempat wisata di Jepara yang murah dan wajib dikunjungi:

2 dari 3 halaman

Museum R.A. Kartini

Tempat pertama di Jepara yang wajib dikunjungi adalah Museum RA Kartini. Museum RA Kartini terletak di Jalan Alun-Alun no. 01, Panggang, Jepara. Dibuka secara resmi oleh Bupati Soedikto pada tanggal 21 April 1977, sesuai dengan namanya, didedikasikan untuk memperingati Kartini, pahlawan emansipasi wanita asal Jepara.

Museum ini terdiri dari 3 bangunan dengan desain menyerupai huruf K, T dan N. Meski bernama RA Kartini; tidak semua koleksi milik Raden Ajeng Kartini. Ada juga koleksi artefak kuno dan peninggalan sejarah lainnya yang disimpan dan dipajang di sana.

Harga tiket: Rp 3.000

Pantai Kartini

Tempat wisata di Jepara selanjutnya adalah Pantai Kartini. Tidak hanya pemandangan pantai yang indah dan menawan, Pantai Kartini juga menawarkan wahana yang menarik, terutama untuk anak-anak.

Pantai Kartini terletak di antara Karimunjawa dan Pulau Panjang. Pantai ini terletak di desa Bulu, kabupaten Jepara atau sekitar 2,5 km sebelah barat kantor kabupaten Jepara.

Festival budaya tahunan yang disebut “Lomban” biasanya diadakan di sini pada tanggal 8 Syawal, seminggu setelah Idul Fitri.

Harga tiket: Rp 3.000

Karimunjawa

Karimunjawa pada dasarnya adalah ikon pariwisata Jepara. Terletak di Laut Jawa, 83 km dari Jepara, pulau-pulau ini telah berkembang dalam wisata bahari.

Untuk menuju ke sana, wisatawan dapat menggunakan transportasi yang tersedia, seperti feri dari Semarang, Jepara atau Kendal.

Kharisma Karimunjawa terletak pada keindahan bawah lautnya dengan kekayaan biota laut yang terdiri dari 90 jenis karang keras, lebih dari 200 ikan dan 130 genus perairan.

Biota laut di Karimunjawa dilindungi demi menjaga kelestarian ekosistem yang ada. Kegiatan seru meliputi snorkeling, berenang, permainan pantai, dan berjemur. Anda juga dapat melihat atraksi budaya yang disajikan oleh penduduk setempat.

Harga tiket: Rp 5.000

3 dari 3 halaman

Air Terjun Ngarai Nganten

Di balik keindahan panorama alamnya, ada kisah tragis yang akan menjadi asal mula nama Ngarai Nganten. Konon ada sepasang suami istri yang tidak direstui oleh orang tuanya masing-masing tetapi bersikeras untuk menikah.

Keduanya kemudian melarikan diri dengan gerobak yang ditarik kerbau.

Sayangnya, mobil itu jatuh dari tebing. Pasangan itu meninggal di tebing, maka nama Air Terjun Jurang Nganten. Air terjun ini terletak di desa Tanjung, kecamatan Pakis Aji, sekitar 20 km dari pusat kota Jepara.

Suasana damai dan pemandangan indah di sekitar air terjun memberikan suasana nyaman bagi wisatawan yang menginap di sana.

Harga tiket: gratis

Gua Tritip

Gua Tritip dipercaya sebagai jejak Mbah Joyo Kusumo, sosok alim yang pernah bersemedi di gua tersebut. Hingga kini, warga sekitar goa masih menawarkan sesajen berupa minuman manis dan kopi pada Kamis malam.

Meski kunjungan ke Jepara ini dianggap sebagai pertapaan kuno dan tempat keramat bagi penduduk setempat, sama sekali tidak ada nuansa mistis dan seram.

Gua Tritip sebenarnya adalah salah satu alternatif wisata alam Jepara. Daya tarik utama Gua Tritip adalah sisa-sisa perahu yang merupakan bekas pertapaan Mbah Joyo.

Kebanyakan pengunjung juga datang ke tempat ini untuk ngalap berkah (meminta berkah). Gua ini terletak di desa Ujungwatu, di kecamatan Donorojo, di utara kabupaten Jepara.

Harga tiket: gratis

Danau Blingo

Tidak hanya pulau, pantai dan gua, Jepara juga memiliki danau. Danau Blingoh terletak di Desa Lembah, Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo. Dikelilingi oleh batu kapur yang menawan, danau ini memiliki air berwarna biru kehijauan yang indah.

Danau ini dulunya merupakan hasil penambangan liar yang terbengkalai yang pada musim hujan akan menjadi danau.

Namun saat musim kemarau tiba, air di danau tersebut mengering. Oleh karena itu, yang terbaik adalah merencanakan kunjungan Anda selama medan hujan.

Untungnya, pemerintah setempat berencana membangun saluran air untuk mengairi danau. Dengan cara ini, orang dapat menikmati keindahan danau setiap saat sepanjang tahun.

Harga tiket: gratis

Ini dia tempat wisata di jepara yang murah dan wajib dikunjungi. Jadi Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk berwisata ke tempat-tempat indah di Jepara. Hati senang, dompet senang.

(mdk/amd)

TOPIK TERKAIT

Setelah

taboola di bawah artikel

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Back to top button