Berita Wisata

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Selatan, Hits Terbaru dan Lainnya

Tempat wisata di Jakarta Selatan, foto: wilayah kami

PARBOABOA, Jakarta – Jakarta Selatan merupakan bagian dari Wilayah Ibukota DKI Jakarta. Berbicara tentang tempat wisata, pasti banyak yang beranggapan bahwa kota-kota tidak memiliki destinasi wisata yang seru.

Namun, siapa sangka ternyata kawasan Jakarta Selatan memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Di tengah padatnya ibu kota Jakarta, Anda tetap bisa menghabiskan waktu luang atau akhir pekan di sini.

Bagi Anda yang tinggal atau sekedar singgah di kawasan Jakarta Selatan, tidak ada salahnya mencoba mengunjungi beberapa tempat wisata di Jakarta Selatan selain pusat perbelanjaan.

Ya, jika kamu penat dari aktivitas seharian, kamu bisa istirahat sejenak dengan mengunjungi tempat wisata menawan di Jakarta Selatan ini.

Tidak mall atau gedung-gedung tinggi, ternyata banyak sekali tempat wisata di Jakarta Selatan mulai dari wisata alam, wisata pendidikan, hiburan hingga wisata sejarah.

Berikut telah dirangkum dari berbagai sumber rekomendasi tempat wisata di Jakarta Selatan yang bisa kamu kunjungi untuk relaksasi.

1. Gedung Taman Como

Ingin mengajak anjing Anda jalan-jalan sore? Kamu bisa mengajaknya ke Gedung Como Park yang berlokasi di Jalan Kemang Timur, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Como Park Building adalah area bermain yang dirancang khusus untuk anjing. Di taman ini, pemilik dapat dengan bebas melepaskan anjingnya untuk bermain dengan anjing lain.

2. Museum Harry Darsono

Museum ini didirikan oleh desainer ternama Indonesia Harry Darsono sejak tahun 1970-an dan merupakan salah satu museum fashion di Jakarta. Di museum ini Anda bisa melihat berbagai koleksi yang berhubungan dengan mode.

Museum ini juga memamerkan kreasi dunia, termasuk gaun yang dikenakan Lady Diana dan Ratu Rania, lho!

Menariknya, pengunjung harus memakai sandal karena Harry mengidap ADHD yang mengganggunya dengan suara sepatu.

3. Kebun Binatang Ragunan

Meliputi area seluas 140 hektar, kebun binatang tertua di Jakarta ini menampilkan berbagai binatang, seperti harimau, jerapah, gajah, beruang, reptil dan lain-lain.

Tidak hanya itu, ada juga berbagai jenis tanaman yang terawat. Oleh karena itu cukup tepat untuk mengajak anak mengenal keanekaragaman fauna dan flora sejak dini.

Selain mengamati koleksi yang ada di dalamnya, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan satwa yang berlangsung beberapa kali dalam sehari.

4. Pusat Primata Schmutzer

Ini adalah peternakan primata yang terletak di kawasan Kebun Binatang Ragunan. Namun tempat yang resmi dibuka pada tahun 2000 ini merupakan bagian yang berbeda dari Bonbin Ragunan.

Untuk masuk, pengunjung harus membeli tiket lagi. Pusat Primata Schmutzer (SPC) menampung berbagai spesies primata, baik dari Indonesia maupun negara lain. Mamalia ditempatkan di kandang yang menyerupai habitatnya masing-masing.

Manajemen SPC sangat ketat, sehingga siapa pun yang berkunjung akan disaring saat masuk dan tidak diperbolehkan membawa makanan ke dalam. Hal ini dilakukan untuk mencegah mereka memberikan makanan yang berbahaya bagi primata.

5. Taman Spathodea

Berlokasi di Pasar Minggu, tempat wisata di Jakarta ini menjadi oasis di tengah banyaknya perumahan dan gedung pencakar langit Jakarta Selatan.

Kata Spathodea sendiri diambil dari nama bunga besar berbentuk kerucut berbentuk segitiga yang mendominasi taman tersebut.

Paru-paru kota, tempat ini dipikirkan sebaik mungkin untuk menghadirkan kenyamanan bagi para pengunjung. Fasilitas seperti danau kecil, jogging track, dan taman bermain anak-anak juga dihadirkan untuk mendukungnya.

6. Museum Satria Mandala

Bagi Anda yang berada di kawasan Jakarta Selatan dan membutuhkan referensi tempat bersejarah, Museum Satria Mandala adalah pilihannya.

Museum ini menjadi satu-satunya tempat bersejarah di Jakarta Selatan yang populer dan ramai, lho.

Menurut sejarahnya, museum ini dulunya adalah kediaman Ratna Sari Dewi, istri presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Rumah ini bahkan menjadi pemakaman terakhir Presiden Soekarno sebelum dimakamkan di kota Blitar.

Ketika Presiden Soeharto berkuasa pada tahun 1971, rumah ini resmi menjadi Museum Satria Mandala dan disulap menjadi Pusat Sejarah TNI.

7. Museum Layang-layang

Seperti namanya, Museum Layang-layang merupakan museum yang memiliki ratusan koleksi layang-layang dari berbagai penjuru Indonesia dan dunia. Setiap layang-layang memiliki bentuk yang unik, dari kecil hingga raksasa.

Museum ini memiliki bangunan tradisional Jawa yang dilengkapi dengan taman-taman asri yang membuat pengunjung serasa berada di pedesaan.

Jika ingin mengunjungi museum ini, Anda bisa mengunjungi Jalan H. Kamang No. 38, Cilandak, Jakarta Selatan.

Nah itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jakarta Selatan yang wajib kamu kunjungi. Selamat berlibur!

Tags: #wisata jakarta selatan #jaksel #travel #tempat wisata #jakarta selatan

Baca juga

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button