Berita Wisata

Tegas kedapatan merokok di tempat wisata diancam denda Rp 8,2 juta

Jakarta

Meksiko memiliki aturan ketat untuk merokok di lokasi wisata. Jika melanggar akan didenda Rp 8,2 juta.

Meksiko kini telah mengeluarkan peraturan yang melarang merokok di tempat-tempat wisata di negaranya. Tak hanya turis, warga setempat kini juga terancam denda hingga ratusan dolar karena merokok di tempat umum terbuka seperti pantai, taman, plaza, hotel, stadion, dan area lainnya. Undang-undang ini mulai berlaku di Meksiko minggu lalu.

BBC menggambarkan ini sebagai salah satu undang-undang anti-merokok paling ketat di dunia. Aturan tersebut juga mencakup larangan iklan produk tembakau dan rokok tidak boleh dipajang di toko.

IKLAN

GULIR UNTUK MEMBATASI KONTEN

“Meksiko adalah salah satu negara terdepan dalam melindungi kesehatan anak-anak dan remaja,” kata Gady Zabicky Sirot, presiden Komisi Nasional Penanggulangan Kecanduan Narkoba Meksiko.

Tapi tidak jelas seberapa ketat hukum akan ditegakkan di negara di mana satu dari delapan orang mengidentifikasi dirinya sebagai perokok. Sebuah laporan BBC menunjukkan bahwa sekitar 16 juta orang Meksiko adalah perokok.

Sejumlah warga khawatir aparat penegak hukum yang korup akan menggunakan undang-undang tersebut untuk memeras warga atau turis dengan memanfaatkan larangan merokok.

Wakil direktur Dewan Pengendalian Tembakau Nasional Meksiko, Diana Cedillo, mengatakan kepada Washington Post bahwa denda untuk merokok dapat mencapai $550 dan undang-undang tembakau tahun 2008 yang ada dapat menyebabkan hukuman penjara hingga $500. 36 jam bagi mereka yang menolak untuk bekerja sama.

Menurut Washington Post, setidaknya satu hotel, Hard Rock Hotel Riviera Maya di Semenanjung Yucatan Meksiko, tepat di selatan Cancun, memposting secara online bahwa mereka telah mengubah propertinya sebagai akibat dari undang-undang anti tembakau yang baru. .

“Semua area publik di properti ini telah disertifikasi bebas rokok dari rokok, vape, rokok elektrik, dan semua produk tembakau lainnya,” tulis resor populer Meksiko itu secara online.

“Area khusus merokok akan diberi tanda khusus di seluruh hotel untuk digunakan para tamu jika perlu,” tambahnya.

Beberapa bisnis, terutama di kota perbatasan Ciudad Juarez, tepat di seberang El Paso, Texas, khawatir undang-undang baru tersebut dapat merugikan mereka hingga 20% dari pendapatan mereka, menurut Border Report, dan saran telah muncul. Meksiko. pemerintah.

Tonton video “Penembakan di penjara Meksiko: 14 orang tewas, 24 tahanan melarikan diri”
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button