Berita Wisata

Sandiaga Uno akan meningkatkan pariwisata di kawasan Pansela: banyak destinasi potensial

Laporan reporter Tribunnews.com Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan meningkatkan pengembangan destinasi wisata di kawasan Pantai Selatan Jawa (Pansela).

Menurutnya, destinasi wisata di kawasan Pansela memiliki potensi wisata yang tinggi.

Namun, kata dia, pengembangan pariwisata masih diutamakan di jalur utara Jawa.

Berbagai bentuk dukungan dan upaya yang telah dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan daya tarik wisata di kawasan Pansela dilakukan melalui fasilitasi dan pendampingan pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pariwisata.

“Ada pertamanan dan gazebo di Pantai Jatimalang Kabupaten Purworejo yang dilaksanakan melalui DAK fisik pariwisata tahun 2022,” kata Sandiaga di Jakarta, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga: Menteri Bahlil Berharap Investor Timur Tengah Bangun Kawasan Wisata Halal di Aceh

Sedangkan pada tahun 2023, Tempat Wisata (DTW) yang berlokasi di Pansela yang memfasilitasi pengembangan atraksi dan amenitas melalui DAK fisik pariwisata adalah Pantai Jatimalang Kab. Purworejo, Pantai Klotok, Kab. Wonogiri, Pantai Glagah, Kab. Kulon Progo dan Pantai Pintu Pancer Kab. Pacitan.

Ke depan, kata dia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan berkoordinasi dengan OPD di bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang memiliki potensi wisata di pantai selatan Jawa. .

“Kami akan bersama-sama mendukung pengembangan atraksi wisata di daerah seperti pengembangan wisata cerita dan penyiapan paket wisata,” kata Sandiaga.

Selain itu, pihaknya akan mempererat kerjasama dan kolaborasi antar kementerian dan lembaga untuk meningkatkan kebersihan, keamanan, dan kenyamanan guna menumbuhkan minat dan kepercayaan masyarakat untuk berkunjung ke kawasan Pansela.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong pemerintah daerah (Pemda) mengembangkan destinasi wisata tepi laut untuk menghidupkan kembali Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa.

Tak hanya pemerintah daerah, Kementerian Perhubungan juga mendorong Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno mengatakan, jalur pantai selatan Provinsi Jawa Barat dari Pelabuhan Ratu (Sukabumi) hingga Pangandaran memiliki 13 pantai indah yang berpotensi untuk dikembangkan.

“Kami akan mendorong Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan pemerintah daerah untuk mengembangkan sektor pariwisata yang ada, sehingga masyarakat tertarik mengambil jalur ini,” kata Hendro kepada Karangcut Ocean View, Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat, Jumat (20/1). /2023).

Baca juga: Bertemu DPD RI, Wamenparekraf Sampaikan Program Strategis dan Target Pertukaran Pariwisata 2023

Menurutnya, ketika Jalan Pansela Jabar banyak digunakan, otomatis akan menarik minat investasi dan pertumbuhan ekonomi.

“Karena pantai-pantai yang ada di jalan pantura selatan ini memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya,” kata Hendro.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button