Berita Wisata

6 Wisata Populer di Yogyakarta, Cocok Jadi Referensi Liburan Keluarga : Okezone Travel

YOGYAKARTA sangat terkenal dengan wisata budayanya yang padat, sehingga hal ini yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi favorit dan sangat digemari oleh wisatawan nasional maupun mancanegara (wisnus dan mancanegara).

Beberapa tempat wisata populer di Yogyakarta ini mirip dengan negara lain lho. Jadi sayang jika dilewatkan, jika berkunjung ke kota pelajar ini.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 6 wisata populer di Yogyakarta yang bisa menjadi referensi liburan Anda.

1. Gereja Gotik Sayidan

Jika ingin suasana liburan ala kastil, Anda bisa menuju ke gereja Gotik di Sayidan. Meski nama dan bentuk bangunannya menyerupai gereja, ternyata rumah itu dihuni oleh seorang keturunan Tionghoa.

Saking indahnya, menarik dan uniknya, bahkan seolah-olah berada di luar negeri, tidak sedikit orang yang berfoto dengan latar bangunan tersebut. Gereja Gotik Sayidan terletak di Sayidan, Desa Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan.

2. Taman Merapi Jogja World Monument

The World Landmark Merapi Park Jogja, memberikan suasana Yogyakarta yang berbeda dari biasanya. Anda akan merasa seperti sedang berlibur di Eropa karena terdapat miniatur ikon global, seperti Menara Eiffel, Menara Miring Pisa, Kincir Angin Belanda, dan Big Ben London.

Monumen Dunia Merapi Jogja

(Foto: Instagram/@merapipark.jogja)

Destinasi wisata unik ini sangat cocok untuk mengajak keluarga, sekaligus mengenalkan anak pada setiap miniatur bangunan yang ada. Lokasinya di Jalan Kaliurang km 25, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman.

3. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo atau sering juga disebut Gunung Sahara di Jogja. Kawasan wisata ini merupakan gundukan pasir yang menarik. Terletak di Jalan Pantai Parangkusumo dan Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

Selain melihat pemandangan dan foto-foto, Anda juga bisa melakukan olahraga ekstrim yaitu sandboarding. Dimana masing-masing akan dikenakan biaya sebesar Rp 150.000 – Rp 200.000 ditambah biaya sewa papan selancar.

4. Gua Maria Tritis

Gua ini terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Paliyan, Desa Giring, Dusun Bulu. Atau di Jalan Sapto Sari, di pinggir ring road selatan Gunungkidul. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 50 kilometer.

Gua Maria Tritis terletak di antara perbukitan Karst Gunung Kidul. Nah, ini bisa jadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta yang pantainya terkenal indah dan menawan.

Gua Maria Tritis

(Foto: Instagram/@guamaritritis.ind)

Biasanya wisatawan yang datang ke Gua Maria Tritis tertarik dengan pesona alamnya. Suasananya tenang, sangat jauh dari hiruk pikuk kota.

Menariknya, terdapat pemandangan alam berupa stalaktit yang eksotis. Sehingga membuat liburan menjadi lebih menyenangkan dan berkesan.

Selain itu, Gua Maria Tritis sering dijadikan tempat ziarah oleh umat Katolik. Pasalnya, di sini terdapat patung Bunda Maria berukuran besar. Itu membuat Anda merasa lebih dekat dengan Tuhan di tengah alam.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

5. Pantai Glagah

Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal dengan wisata pantainya yang menarik. Selain Parangtritis, Anda juga bisa mengunjungi pantai Glagah Indah yang tak kalah menarik dan unik.

Pantai Glagah Indah terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sekitar 40 kilometer atau 1 jam dari pusat kota Yogyakarta.

Sedangkan umumnya pasir di pantai ini sebagian besar berwarna putih, berbeda dengan Pantai Glagah Indah yang berpasir hitam dan banyak mengandung pasir besi di sepanjang pantai.

Pantai Glagah DIY

(Foto: Instagram/@ihsanudn)

Menurut website dinas pariwisata Kabupaten Kulonprogo, di pantai ini terdapat kawasan gumuk pasir dengan rerumputan yang menggiling dan laguna Glagah yang sangat luas terbentang untuk kegiatan day trip berperahu, kano, kayak, berenang dan memancing.

6. Pemandian Tirta Budi

Pemandian Tirta Budi juga sering disebut dengan blue lagoon, karena air disini benar-benar biru jernih, bersih, sangat cocok untuk dimasukkan dalam list liburan anda selama liburan di yogyakarta.

Pemandian Tirta Budi sangat direkomendasikan, terutama bagi Anda yang ingin mencari suasana asri dan menenangkan. Selain itu, sambil berenang atau bermain air, tempat ini wajib dikunjungi.

Pemandian Tirta Budi

(Foto: Instagram/@royndiki)

Terdapat juga bebatuan di dasar sungai yaitu bebatuan di tepian. Serta beberapa pancuran mata air yang masuk bersama air dari sungai, ditambah dengan adanya pohon bambu rindang yang menyelimuti pengunjung saat mandi.

Lokasi Pemandian Tirta Budi terletak di desa wisata Blue Lagoon Tirta Budi di Dusun Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Jaraknya dari pusat kota Jogja tidak lebih dari 20 kilometer.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button