Tempat Wisata

Harga tiket, fasilitas instagramable!

Alun-alun kota batu – Batu merupakan kota yang sering menjadi tujuan wisata bagi banyak orang. Wisata yang ditawarkan pun beragam, mulai dari wisata alam seperti air terjun atau biasa disebut Coban yang menawan, hingga wisata edukasi yang tak kalah ramai, dan lain sebagainya.

Berkunjung ke Kota Batu akan terasa kurang afdal jika tidak mampir ke Alun-alun Batu yang asri dan ramai. Alun Alun Batu sangat cocok sebagai tempat persinggahan liburan Anda bersama keluarga karena Alun Alun Batu memiliki lokasi yang strategis dan fasilitas yang cukup lengkap.

informasi Umum

Alamat: Alun Alun Kota Wisata Batu, Jl. Diponegoro, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
Biaya masuk: Gratis
nomor telepon:-
jam operasi: 24 jam
peta: Peta Google

Alun-alun kota batuAlun-alun kota batu

Bagi Anda yang beragama Islam tidak perlu jauh-jauh mencari tempat sholat lima waktu, karena di depan Alun Alun Batu berdiri megah Masjid An Nur yang juga memiliki fasilitas lengkap dan kamar mandi yang bersih.

Meski begitu, jika Anda mampir ke Alun Alun Batu, pastikan Anda selalu memiliki uang tunai di dompet karena banyak jajanan kuliner di sekitar Batu Alun yang menggoda lidah Anda, seperti Ketan Post yang melegenda pada tahun 1967. Ikon tersendiri di Alun-alun Kota Batu.

Selain itu, di sekitar Alun-alun Kota Batu juga terdapat beberapa tempat rekomendasi untuk sekedar nongkrong, ngopi atau makan seperti Kopi Lethek, Kafe Omah Kitir dan masih banyak lagi. teriak teman-teman.

Alun Alun Kota Batu ternyata tidak hanya menjadi tempat persinggahan yang strategis, tetapi juga dilengkapi dengan wahana permainan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tidak banyak, tapi cukup lucu. Yuk simak beberapa ulasan mengenai fasilitas yang ada di Alun-Alun Kota Batu sekarang ini.

Berjalan di sekitar alun-alun kota batuBerjalan di sekitar alun-alun kota batu

Pusat informasi dan toilet umum

Sebagai tempat yang ramai pengunjung dan terdapat beberapa wahana permainan, Alun Alun Kota Batu juga memiliki pusat informasi dengan struktur bangunan yang unik.

Saat Anda berkunjung ke Alun-Alun Kota Batu, bangunan berbentuk apel dan strawberry di dekat air mancur menjadi pusat informasinya. Unik sekali guys. Ada juga toilet umum tepat di sebelah pusat informasi. Jadi tidak perlu bingung mencari toilet yang jauh.

Kunjungi juga: 10 Aktivitas Seru & Kebun Binatang Rahasia Zona Batu

Harga tiket perjalanan bermain di Alun-alun Batu

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi alun-alun kota Batu tidak dikenakan biaya masuk atau gratis. Tidak ada biaya masuk, hanya biaya parkir kendaraan yang dibayarkan.

Namun bagi wisatawan yang ingin mencoba wahana tersebut, Anda perlu merogoh kocek khusus untuk bermain. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tarif yang harus Anda bayarkan sesuai wahana:

tempat bermain harga tiket
kincir ria Rp5.000,00
komidi putar Rp5.000,00
PARKIR MOTOR Rp2.000,00
area parkir Rp5.000,00

jam operasi

Kapan wisatawan bisa mengunjungi Alun-alun Batu ini? Wisatawan bisa mengunjungi tempat ini kapan saja karena jam bukanya 24 jam alias tidak pernah tutup.

Namun, wahana tersebut memiliki waktu tertentu sesuai dengan kebijakan pengelola wahana yang ingin Anda mainkan.

Namun, jam sibuk atau waktu yang paling ramai dikunjungi wisatawan untuk mengunjungi objek wisata keluarga di Batu ini adalah sore hingga malam hari. Wisatawan berduyun-duyun ke kawasan alun-alun ini pada akhir pekan atau saat musim liburan.

Lokasi dan rute menuju Alun Alun Batu

Lokasi kursus ini sangat mudah dijangkau karena berada di Jl. Diponegoro, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Alun-alun ini sendiri berada di pintu masuk utama kota Malang dan pasti akan Anda lewatkan saat mengunjungi Jatim Park 3 dari arah barat.

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan mengikuti rute dari Google Maps yang kami bagikan melalui tautan di atas.

Selain itu, wisatawan yang datang dengan kendaraan umum dapat naik angkot dengan kode BL/BTL yang berhenti di depan alun-alun. Angkutan umum ini bisa Anda temukan di terminal Landungsari.

perabot

Pihak pengelola dan pemerintah telah menyediakan berbagai fasilitas penunjang bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke alun-alun.

Tersedia toilet yang cukup, tempat parkir yang cukup untuk kendaraan roda dua dan tempat parkir yang tidak terlalu luas.

Periksa juga: 10+ Wahana Batu Spektakuler Malam

Taman bermain di alun-alun kota Batu

Wahana apa saja yang ada di alun-alun ini? Ada banyak wahana bermain disini yang akan membuat liburan anda semakin seru, diantaranya :

kincir ria

Bianglala di Alun-alun Kota Batu (dokter staf. Arif Rahmat Santoso)Bianglala di Alun-alun Kota Batu (dokter staf. Arif Rahmat Santoso)

Bianglala ini seperti ikon Alun-Alun Kota Batu dimana anda akan melihat bianglala terbesar di Malang, jawabannya ada di Alun-alun Kota Batu ini. Bianglala yang ada di Alun-alun Kota Batu ini tidak kalah indahnya dengan bianglala yang ada di Dufan sob, apalagi dengan pemandangan Batu dan Malang dari ketinggian, keren banget.

Jadi jangan sampai ketinggalan bianglala kalau ke Alun-Alun Kota Batu, harga tiketnya sangat murah, hanya sekitar Rp 3.000-5.000 orang. Tapi masih ada kemungkinan bisa berubah sewaktu-waktu.

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi alun-alun ini namun melewatkan wahana bianglala yang menakjubkan, apalagi pada malam hari Anda akan melihat bianglala ini berkelap-kelip dengan lampunya.

Bianglala ini akan melayani Anda pada jam operasionalnya sendiri yaitu 0900-2200 WIB, namun biasanya istirahat pada 1100-1230, 1430-1530 dan 1700-1900.

Wisatawan wajib memesan tiket di luar jam istirahat, oh ya kincir ria ini hanya untuk anak-anak, usia maksimal 10 tahun.

tempat bermain

Tempat bermain yang aman dan nyaman untuk anak Private Doc Fatma Roisatin NadhirohTempat bermain yang aman dan nyaman untuk anak Private Doc Fatma Roisatin Nadhiroh

Mungkin ciri khas taman kota yang harus ramah anak, Alun Alun Kota Batu juga memiliki ruang khusus untuk anak-anak bermain. Bukan sekedar tempat bermain, tapi juga wahana edukasi bagi anak-anak tersebut.

Wahana ini selalu ramai pengunjung terutama anak-anak, karena disini anak-anak akan selalu merasa nyaman dengan berbagai wahana yang disediakan. Orang tua masih bisa mendampingi dari luar pagar.

Oh ya, karena anak-anak yang boleh bermain disini adalah yang berusia 0-7 tahun. Untuk orang tua atau anak-anak masuk tempat bermain harus melepas sepatu.

Wisatawan tidak diperbolehkan membawa minuman atau makanan ke dalam kawasan tempat bermain. Juga, Anda tidak diizinkan masuk saat hujan tempat bermain

air mancur

Baik melalui Google Maps @Irene MysBaik melalui Google Maps @Irene Mys

Terdapat beberapa air mancur cantik di beberapa tempat Alun-alun Kota Batu, yang membuat Alun-alun Kota Batu terasa lebih nyaman dan segar. Tanaman di sekitarnya juga membuat suasana terasa lebih sejuk dan tidak gerah.

Di wahana air mancur ini, anak-anak senang dengan air yang tiba-tiba muncul. Orang tua yang anaknya bermain di sini sebaiknya membawa baju ganti.

Coba wahana skuter listrik dan bayar hanya Rp 15.000

Naik Skuter Listrik di Alun-Alun Kota Batu (Dok. Pribadi/Fatma Roisatin Nadhiroh)Naik Skuter Listrik di Alun-Alun Kota Batu (Dok. Pribadi/Fatma Roisatin Nadhiroh)

Wahana yang tak kalah menarik di alun-alun kota Batu terdekat adalah skuter listrik. Wisatawan yang ingin mencoba wahana ini hanya merogoh kocek Rp15.000 untuk menikmati wahana yang digandrungi anak muda ini.

Skuter listrik terbatas, sehingga pengunjung terkadang harus mengantri untuk mendapatkan giliran saat ramai.

Pergi ke Pasar Larron

Pasar Laron Kota Batu (dok. pribadi Fatma Roisatin Nadhiroh)Pasar Laron Kota Batu (dok. pribadi Fatma Roisatin Nadhiroh)

Berkunjung ke Alun-alun Batu belum lengkap tanpa mampir ke Mozzarella Market yang terkenal dengan banyak jajanannya. Pasar ini menawarkan jajanan tradisional, makanan khas hingga jajanan modern.

Selain itu, pengunjung juga bisa menemukan banyak toko suvenir dan aksesoris yang bisa Anda jadikan oleh-oleh di pasar Laron ini.

kuliner

Wisata Kuliner di sekitar Town Square oleh Wisata Kota Batu via Google Maps @ryu kanoshikiWisata kuliner keliling alun-alun kota Batu City Tour via Google Maps @ryu kanoshiki

Alun Alun Kota Batu juga menjadi salah satu tempat wisata kuliner di Batu Malang. Kuliner yang ditawarkan di sekitar tempat ini juga sangat beragam.

Wisatawan bisa memilih makanan sesuai selera, mulai dari street food (makanan jalanan), kafe dan restoran tersedia di sekitar alun-alun.

Untuk pilihan santapannya sendiri mulai dari sop, sate, sosis bakar, bakso, sefaood dan masih banyak lagi. Sedangkan bagi anda yang ingin minum, tersedia kopi di kafe, susu, jahe hangat dan berbagai minuman lainnya di kafe sekitar alun-alun.

Wahana kelinci dan mobil hias

Mobil dekoratif tentang BeritagarMobil dekoratif tentang Beritagar

Wisatawan juga bisa berkeliling alun-alun dengan menaiki wahana kelinci dan mobil hias yang bisa disewa. Wisatawan yang tertarik menaiki kereta ini bisa langsung menghubungi penjaga di sekitar wahana.

Biasanya mobil-mobil ini lebih seru saat kita kendarai di malam hari karena lampu hiasnya terlihat bagus, lampunya tidak terlihat di siang hari.

Berfoto di Fruit and Cosplayer Building

Cosplayer melalui MalangvoiceCosplayer Pocong via Malangvoice

Jika Anda menyukai fotografi, jangan lupa untuk berfoto bersama cosplayer dengan karakter yang berbeda-beda. Ada karakter superhero, karakter kartun, bahkan kostum Pocong yang seram.

Untuk berfoto bersama para cosplayer ini, wisatawan hanya perlu membayar sepuasnya di tempat masing-masing cosplayer tersebut.

Hotel dan akomodasi

Jika Anda sedang mencari tempat menginap di sekitar Alun-Alun Kota Batu, Anda juga tidak akan terlalu repot. Beberapa hotel yang dekat dengan Alun-alun Kota Batu adalah Panderman Hotel, Arjuna Hotel, dan Batu Inn Hotel.

Periksa juga: Terbaik! 12 Hotel Terbaik di Malang

* * * * *

Bagaimana kalau sudah tidak sabar untuk mencoba semua keseruan di alun-alun kota Batu ini? Tunggu apa lagi, yuk langsung ke TKP. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi tambahan liburan anda di kota Batu.

Kunjungi juga: Batu Taman Air Wonderland

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button