Berita Wisata

3 Fakta Menarik Kebun Raya Bogor, Destinasi Wisata Favorit dan Ikonik Kota Bogor

MASALAH BOGOR – Kebun Raya Bogor merupakan tujuan wisata paling populer dan ikonik di kota Bogor. Setiap akhir pekan, tempat ini akan selalu dikunjungi oleh masyarakat Bogor dan sekitarnya.

Kebun Raya Bogor dianggap sebagai tujuan wisata favorit karena memang merupakan taman terbesar di Indonesia dengan keanekaragaman hayati yang beragam.

Menariknya, Kebun Raya Bogor merupakan kebun raya pertama di Indonesia sehingga disebut-sebut sebagai tempat wisata yang sangat ikonik dan melegenda.

Kebun Raya Bogor memang menjadi tempat bersejarah bagi masyarakat Indonesia. Sejatinya berdirinya kebun raya ini merupakan awal dari perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia dalam bidang botani dan sebagai wadah para ilmuwan di bidang botani itu sendiri agar tertata dengan baik.

Akhirnya karena menitikberatkan pada penelitian dan ilmu pengetahuan, Kebun Raya Bogor melahirkan beberapa lembaga ilmiah lainnya, seperti Bibliotheca Bogoriensis (1842), Herbarium Bogoriense (1844), Kebun Raya Cibodas (1860), Laboratorium Treub (1884), dan Museum dan Laboratorium Zoologi (1894).

Kebun Raya Bogor merupakan kebun raya yang tersebar di seluruh Indonesia yang terletak di tengah kota Bogor dan berdekatan dengan Istana Kepresidenan Bogor. LIPI atau BRIN bertugas mengelola kawasan ini karena pada awalnya tempat ini sempat menjadi tempat penelitian terkait botani.

Caspar Georg Karl Reinwardt sebagai orang yang membantu berdirinya Kebun Raya Bogor pada tanggal 18 Mei 1817. Kebun Raya Bogor buka setiap hari, Senin sampai Jumat pukul 08.00 sampai 16.00 dan hari Sabtu, Minggu, dan Hari libur mulai pukul 07.00 s.d. 16.00 WIB melalui gate 1 dan 3.

Keindahan Kebun Raya Bogor membuat banyak orang ingin mengunjungi tempat ini. Suasana sejuk, pepohonan rindang dan taman bunga yang bermekaran menarik banyak orang untuk bersantai di tempat ini. Tempat ini sepertinya menjadi solusi untuk menghilangkan penat di tengah padatnya kota Bogor.

Kebun Raya Bogor merupakan tempat favorit untuk berkumpul bersama keluarga, kekasih atau sahabat. Biasanya mereka menghabiskan waktu di tempat ini dengan makan bersama di atas tikar, bersepeda, berfoto atau sekedar jalan-jalan menikmati suasana. ***

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button