Berita Wisata

Abrasi, pantai Nusa Selagan akan menambah 18.000 batu pasir

Kondisi terakhir Pantai Nusa Selagan yang rusak karena abrasi

KUTSEL – Sebagai bagian dari salah satu paket Bali Beach Conservation Project (BBCP) Tahap II, Bali Penida River Basin Center (BWS) akan segera mengerjakan penanganan abrasi di Pantai Selagan Nusa, Nusa Dua. Bahkan rencananya, pengerjaan fisik akan dimulai pekan ini.

Kepala Satuan Non Vertikal Terpilih (SNVT) Penyelenggaraan Jaringan Sumber Air (PJSA) BWS Bali Penida, I Wayan Riasa memastikan sosialisasi di ITDC selaku pengelola kawasan Nusa Dua juga dimulai pada Jumat (23/9/2022). ). Sabtu (24/9/2022) dilanjutkan dengan upacara Ngruak.

“Sejak Minggu lalu hingga hari ini, pengukuran lapangan sudah dilakukan. Dan dalam waktu dekat, alat berat akan dikerahkan. Pada saat yang sama, kami akan berkomunikasi dengan hotel-hotel yang terkena dampak, sehingga implementasinya dapat dipercepat, “katanya, Senin (26/9/2022).

Meski satu paket, Pantai Selagan Nusa diakui sebagai bentang alam pesisir yang mengutamakan penanganan di atas Pantai Tanjung Benoa dan Sanur. Hal ini berdasarkan koordinasi dengan ITDC, dengan mempertimbangkan pelaksanaan KTT G20 pada November 2022.

“Kita sendiri tidak tahu kapan mulai disterilisasi di sana dibandingkan dengan G20. Jadi kita mulai dulu. Kalau belum selesai pada saat sterilisasi selesai, nanti kita lanjutkan setelah diizinkan,” dia mengakui.

Pekerjaan yang dilakukan pada bentang alam pesisir umumnya berupa input pasir. Adapun perbaikan jalan paving yang sebelumnya rusak karena abrasi, kata dia, sudah menjadi domain ITDC.

Selain itu, ia juga mentransmisikan, melihat kondisi saat ini, dalam pekerjaan ini akan ditambah 18 ribu kaki kubik pasir. 15.000 meter kubik akan diambil dari pantai di depan Grand Hyatt Bali, sedangkan 3.000 meter kubik sisanya akan diambil dari Mertasari Beach Reserve.

“Kita akan coba percepat di sana. Kalau misalnya kita dibolehkan bekerja 24 jam sehari, bisa selesai dalam sebulan,” sambungnya.(adi/jon)

Seperti itu:

Saya suka memuat…

Source: wartabalionline.com

Related Articles

Back to top button