Berita Wisata

12 wisata kota Medan yang memiliki panorama luar biasa, sayang untuk tidak dilewatkan begitu saja

Merdeka.com – Wisata Kota Medan, seperti kota-kota lain di Indonesia, menawarkan destinasi wisata yang menakjubkan. Wisata kota Medan tidak hanya menawarkan pemandangan alam tetapi juga berbagai wisata religi yang meningkatkan spiritual. Wisata religi yang dapat dikunjungi adalah masjid, vihara dan gereja.

Adapun salah satu wisata kota Medan yang dikenal dari cerita masyarakatnya yaitu Danau Toba. Hingga saat ini Danau Toba tidak pernah sepi pengunjung dan selalu menjadi destinasi wajib para wisatawan yang berkunjung ke Medan.

taboola tengah artikel

Merdeka.com berikut merangkum secara detail rekomendasi wisata di kota Medan.

2 dari 3 halaman

Danau Toba

Tangkap banyak ikan menggunakan jaring ikan untuk menyaksikan meriahnya Festival Mardoton Danau Toba

©2021 Merdeka.com

Rekomendasi wisata kota Medan yang populer adalah Danau Toba. Pasti sebagian besar dari anda mengetahui tempat wisata di kota Medan yang terkenal dengan legenda rakyatnya ini. Di sini Anda bisa melihat hamparan danau hijau yang luas dikelilingi bukit-bukit tinggi yang bergulung-gulung.

Indahnya pemandangan alam yang disuguhkan pasti akan memanjakan mata setiap pengunjung yang datang. Anda bisa menikmati suasana danau yang sejuk dan menyejukkan ini. Selain menikmati pemandangan, jangan lupa untuk mengambil kamera dan mengabadikan setiap spot foto menarik yang Anda jumpai. Tentunya hal ini dapat menambah koleksi unggahan foto menarik Anda di jejaring sosial Anda.

Taman Labirin

Rekomendasi wisata kota Medan yang tak kalah populer adalah Taman Labirin. Seperti namanya, Anda bisa melihat pemandangan taman dengan pagar tanaman hijau berbentuk labirin yang rumit. Ini adalah salah satu tempat wisata yang selalu ramai pengunjung karena banyak spot foto menarik yang bisa didapatkan.

Selain menjelajahi labirin dan mengambil foto-foto menarik, pengunjung juga bisa bersantai bersama teman atau keluarga di taman sekitar lokasi. Ada juga beberapa kafe dengan berbagai macam makanan ringan dan minuman yang enak untuk dicoba. Jika Anda tertarik, Anda bisa datang ke Jalan Raya Merk, Kodon-kodon, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara. Tiket masuk objek ini dibandrol dengan harga 50.000 rupee.

Air Terjun Sipiso-piso

air terjun sipisopiso

©2019 Merdeka.com

Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu tempat wisata utama di Sumatera Utara. Dilaporkan di situs web resmi disbudpar.sumutprov.go.idWisata kota Medan romantis ini memiliki air terjun dari ketinggian 120 meter. Terletak di Desa Tongging, Kecamatan Brand, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Lokasi air terjun Sipiso-piso tidak jauh dari danau terbesar di Indonesia yaitu Danau Toba. Air terjun yang terletak 800 meter di atas permukaan laut dari daratan ini terbentuk dari aliran sungai bawah tanah dari dataran tinggi Karo yang mengalir ke sebuah gua di tepi kawah Danau Toba.

Air yang keluar dari goa tidak begitu besar namun sangat deras. Apalagi jatuh dari ketinggian 120 meter membuat air terjun ini begitu indah. Perlu diketahui bahwa kata “piso” sendiri berarti pisau, karena air terjun ini jika dilihat dari kejauhan terlihat seperti pisau belah, kecil dan panjang.

Itulah beberapa tempat wisata di Medan yang romantis dan lebih cocok untuk dikunjungi bersama pasangan. Nuansa alam yang begitu mendukung akan membuat kisah cinta Anda semakin berkesan.

Masjid Al Osmani

Masjid yang terletak di kecamatan Medan Labuhan ini termasuk dalam salah satu wisata kota Medan yang menawarkan pengalaman religi. Masjid budaya melayu ini dibangun oleh Sultan Osman Perkasa pada tahun 1854.

Keunikan masjid ini adalah hampir semua dindingnya berwarna kuning. Jika Anda berkunjung ke tempat ibadah ini tidak perlu repot, cari saja bangunan berwarna kuning persis di pinggir jalan.

Kuil Siu San Keng

Mengunjungi kota Medan kemudian Vihata Siu San Keng. Biara ini bersebelahan dengan Masjid Al-Osmani yang jaraknya hanya sekitar 200 meter. Keragaman dan toleransi penduduk kota Medan terlihat.

Klenteng Siu San Keng merupakan klenteng tertua di Labuhan. Dibangun pada tahun 1890, seluruh bangunan berwarna merah dengan ornamen dan patung yang dapat ditemukan pengunjung saat memasuki gerbang.

Tempat ini didirikan oleh Shia Eng Tjai bersama sebelas anggota Partai Pembangunan lainnya. Saat ini, Kelenteng Siu San Keng masuk dalam Daftar Cagar Budaya oleh Pemerintah Kota Medan.

Graha Maria Annai Velangkanni

Wisata kota Medan selanjutnya adalah Graha Maria Annai Velangkanni yang berlokasi di Tanjung Selamat, Medan. Pengunjung bisa masuk ke rumah ibadah ini meski berbeda keyakinan.

Tempat ibadah ini terbilang unik, ketika berdiri di depan pintu langsung terlihat seperti kuil dari India Mongolia. Ada banyak spot foto keren di tempat ini, namun tidak semua ruangan bisa diakses karena Graha Maria Annai Velangkanni masih rutin mengadakan pelayanan.

Gereja HKBP Sudirman

Kunjungan berikutnya di kota Medan adalah Gereja HKBP Sudirman. Gereja ini merupakan gereja Batak pertama di kota Medan. Gereja Protestan inilah yang menjadi cikal bakal perkembangan HKBP pada masa penjajahan Belanda. Gereja ini dibangun pada tahun 1954 dan beralamat di Jalan H Misbah No. 18, Medan Maimoun.

Meski merupakan bangunan tua, Gereja HKBP Sudirman telah mengalami beberapa kali renovasi. Namun, gereja ini masih mempertahankan ornamen aslinya luar dalam. Tempat ini menjadi salah satu pilihan destinasi wisata religi di Kota Medan.

Pantai Olos

Tempat wisata kota Medan yang menarik untuk dikunjungi yaitu pantai Olo. Pantai Olo terletak di kecamatan Belawan, 37 kilometer dari pusat kota Medan. Pantai Olo sebenarnya bernama Pantai Samudera Pasifik, namun penduduk setempat menyebutnya Pantai Olo karena menurut cerita masyarakat setempat, pantai ini dibangun oleh Olo Panggabean.

Pantai Olo merupakan objek wisata pantai di Medan yang sangat populer, terutama karena pemandangannya yang menakjubkan.

Sayangnya, pantai ini sudah tidak terawat lagi sehingga bisa mengurangi kepuasan pengunjung. Jalan menuju pantai Olo cukup mudah, sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan apa yang harus dikendarai.

Pantai Olo sangat ideal untuk menikmati matahari terbenam bersama teman, keluarga atau pasangan.

3 dari 3 halaman

Pantai Lestari Bali


Tempat wisata Medan yang tak kalah indahnya yaitu Pantai Bali Lestari. Namanya yang agak unik mungkin membuat orang bertanya-tanya mengapa disebut demikian. Nama tersebut digunakan sebagai perwujudan suasana pantai di Pulau Bali.

Pantai Bali Lestari terletak 60 km dari pusat kota Medan. Sayang sekali jika Anda pergi ke Medan dan tidak mengunjungi pantai. Suasananya seperti Bali, apalagi di gerbang pantai yang dibangun seperti gerbang Bali.

Selain itu, kursinya juga dihias kain hitam putih yang menambah nuansa pulau dewata. Pantai Bali Lestari buka 24 jam setiap hari kecuali hari Sabtu dan Minggu hingga pukul 22:00.

pantai mutiara

Selanjutnya mengunjungi kota Medan yang indah yaitu Pantai Mutiara. Pantai Mutiara terkenal sebagai objek wisata karena lingkungannya yang sejuk. Terletak di kota Pari, Serdang, pantai ini hanya berjarak 43 kilometer dari pusat kota Medan.

Pantai Mutiara menawarkan pasir putih bersih dan pepohonan pinus yang rindang. Pantai ini sangat ideal untuk piknik dan permainan air bersama keluarga dan teman.

Tak perlu khawatir, fasilitas kawasan pantai Mutiara cukup baik yaitu terdapat ruang bilas dan cabana untuk bersantai.

Pantai Kuala Putri

Kunjungan berikutnya dari kota Medan adalah Pantai Kuala Putri Perbaung. Pantai ini terletak di Desa Kuala Lama, Kecamatan Pantai Cermin, sekitar 48 kilometer dari pusat kota Medan.

Pantai Kuala Putri memiliki keunikan pasir kecoklatan dan sangat cocok untuk bersantai menikmati pemandangan laut, selain itu pengunjung juga akan melihat pemandangan nelayan laut.

Pantai Kuala Putri juga menawarkan permainan kapal cepat dan perahu pisang, oleh karena itu sangat cocok untuk liburan keluarga atau dengan sekelompok teman. Biaya masuk per orang hanya Rp 5.000 per orang, pengunjung dapat menikmati pantai di waktu luang mereka.

teluk romantis


Medan City Tour kemudian Romance Bay. Seperti namanya, Romantic Beach memiliki suasana yang sangat menyenangkan bagi Anda dan pasangan. Tepatnya berada di Jalan Pantai Tengah No. 20 Dusun 3 Desa Sei Nagalawan Perbaungan, Serdang Bedagai. Sekitar 30 km dari kota Medan.

Pantai ini merupakan salah satu pantai di sepanjang pesisir Perbaungan, Serdang Bedagai. Berdasarkan ksmtourTempat wisata romantis di Medan ini menawarkan konsep pondok bambu atau gazebo. Kios pantai yang romantis bahkan lebih indah dengan kelambu warna-warni.

Bahkan Romance Bay menjadi pantai berkonsep kelambu pertama dan satu-satunya di Sumatera Utara, dengan tema Feel the paradise of North Sumatera. Sebelumnya, pantai ini bernama Pantai Tengah. Namun resmi berganti nama menjadi Romantic Beach atau Romance Bay setelah dijalankan oleh SWF (Sumatra Women Foundation).

Romance Bay membuka layanannya mulai pukul 07:00 hingga 19:00 dengan biaya masuk sebesar Rp 35.000 per orang. Konsep tempat wisata romantis di Medan ini diperkuat dengan banyaknya dekorasi pendukung. Oleh karena itu cocok untuk menghabiskan waktu bagi pasangan muda atau keluarga.

Di sekitar pantai terdapat areal perkebunan mangrove. Dengan demikian, wisatawan tidak hanya menikmati pantai, tetapi juga bisa mengunjungi hutan. Di Romance Bay, wisatawan bisa memanjakan diri dengan bersantai sambil menikmati pemandangan pantai yang indah, gemerisik pasir dan suara deburan ombak.

[amd]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button