Berita Wisata

Air Terjun Ciwatin Tasikmalaya, Trekking Hanya 5 Menit

Curug Ciwatin Tasikmalaya merupakan objek wisata air terjun yang bisa dijangkau dengan trekking paling mudah. Cukup berjalan kaki 5 menit dari tempat parkir, wisatawan sudah bisa sampai di air terjun dan berenang di kolam yang jernih.

Selain itu, fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun cukup memadai, mulai dari toilet, mushola, hingga warung yang menjual makanan.

Lokasi Air Terjun Ciwatin berada di Desa Linggalaksana, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Untuk mengakses tempat ini, wisatawan perlu menempuh jalan menuju Alun-alun Cikatomas dari pusat kota Tasikmalaya. Kemudian akan ada beberapa petunjuk arah menuju kawasan wisata Curug Ciwatin.

Baca juga : Air terjun Gedus Tasikmalaya, pesona air terjun kembar

Pesona objek wisata Curug Ciwatin Tasikmalaya

Kabupaten Tasikmalaya memiliki banyak air terjun tersembunyi yang belum banyak terjamah. Konon, keberadaan air terjun ini ditemukan oleh warga sekitar yang sedang membangun perairan untuk persawahan.

Keindahan air terjun Ciwatin tersebar dari mulut ke mulut dan menjadi perbincangan hangat melalui pengaruh media sosial. Berikut hal-hal menarik yang bisa kita temukan saat berkunjung ke lokasi air terjun Ciwatin.

Air terjun dengan bebatuan bertingkat

Daya tarik Curug Ciwatin Tasikmalaya adalah jatuhnya air terjun yang melewati bebatuan bertingkat. Karena bongkahan batu tersebut berukuran besar dan bertumpuk, pemandangan air terjun ini terlihat seperti sebuah karya seni. Tak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang menarik dan Instagrammable.

Kolam di sekitar air terjun cukup luas dan memiliki kedalaman hingga satu meter. Saat musim kemarau air kolam sangat jernih. Namun, saat curah hujan tinggi, warna air kolam bisa berubah.

Cocok untuk perjalanan keluarga

Karena trekkingnya yang ringan dan fasilitas yang tersedia, banyak wisatawan yang menjadikan Curug Ciwatin Tasikmalaya sebagai sarana rekreasi keluarga.

Banyak pengunjung yang membawa anak-anak karena kawasan air terjun cukup aman dan tidak terlalu berbahaya. Hanya saja, Anda harus ekstra hati-hati saat melewati bebatuan yang licin.

Baca juga : Jalur Pendakian Ekstrim Curug Meber Tasikmalaya

Secara keseluruhan tempat ini memiliki pemandangan yang bagus dengan air yang jernih. Wisatawan juga bisa memesan nasi liwet untuk dinikmati secara rombongan.

Sayangnya, beberapa pengunjung masih membuang sampah sembarangan dan mengotori kolam. Beberapa fasilitas juga perlu diperbaiki karena semakin banyak kunjungan ke kawasan wisata. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button