Tempat Wisata

Keindahan Grojogan Sewu, Air Terjun Eksotis di Kulon Progo Jogja

Grojogan Sewu merupakan salah satu wisata air terjun yang mempesona di Kulon Progo, Jogja yang menarik untuk dijelajahi. Wisata air di Perbukitan Menoreh menawarkan panorama alam yang memanjakan mata.

harga tiket: Rp6.000, Waktu aktif: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Beteng, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Yogyakarta, salah satu provinsi yang masih mempertahankan adatnya dan terkenal dengan kepemimpinan keratinnya. Siapa sangka kawasan yang satu ini juga menjadi tempat tinggal berbagai destinasi wisata untuk dijelajahi lebih jauh. Tidak hanya terkenal dengan pegunungannya, tetapi juga pantainya yang menakjubkan. Grojogan Sewu di Kulon Progo juga patut untuk dikunjungi.

Air terjun ini merupakan tempat yang menarik untuk menghabiskan liburan Anda. Karena di sini Anda bisa mendapatkan gambaran tentang surga tersembunyi di Yogyakarta. Tempat wisata yang baru dibuka pada tahun 2014 ini sebenarnya memiliki daya tarik yang tidak bisa dihindari. Sekarang popularitasnya menyebar bahkan ke luar kota.

Beragam objek wisata yang dimiliki Grojogan Sewu Kulon Progo memang beragam. Tak heran banyak orang akhirnya ingin datang ke sini saat liburan tiba. Apalagi dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Tentunya akan sangat seru untuk dijadikan tempat liburan keluarga. Sebelum mengunjungi air terjun eksotis ini, ada beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui.

Daya Tarik Grojogan Sewu

Atraksi Grojogan SewuKredit Foto: Google Maps (Mustafa Al Azmi)

1. Dilengkapi dengan taman yang asri

Saat memasuki Kawasan Wisata Grojogan Sewu, pengunjung disuguhi pemandangan taman yang indah di pintu masuk. Taman ini sengaja dipelihara untuk membuat kawasan wisata semakin asri. Taman ini juga dihiasi dengan berbagai bunga berwarna-warni. Ada berbagai tanaman yang bisa Anda temukan.

Selain itu untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang datang, lokasi taman dilengkapi dengan gazebo untuk tempat istirahat sementara. Sehingga pengunjung dapat bersandar dan menikmati indahnya pemandangan di sekitar lokasi.

2. Ketinggian air terjun yang menakjubkan

Daya tarik utama dari wisata alam ini adalah air terjunnya yang menakjubkan. Di sini Anda bisa melihat tebing-tebing tinggi dengan arus air yang cukup deras. Selain itu, area sekitarnya juga dipenuhi pepohonan rindang dan pakis.

Beginilah suasana sejuk yang bisa Anda rasakan di wisata alam ini. Anda akan merasakan bagaimana rasanya menyatu dengan alam dan sebagian penghuninya. Burung, binatang kecil yang bahkan tidak segan-segan menunjukkan diri kepada pengunjung.

Tebing yang terkena aliran air yang konstan membuatnya tampak seperti kolam. Sehingga posisi air terjun seolah diapit oleh dua tebing tinggi sekaligus.

Apalagi saat Anda berkunjung di pagi dan sore hari, Anda benar-benar hanya merasakan kesejukan. Suara gemericik air ditambah dengan kicauan burung seakan menjadi harmoni yang sangat menenangkan.

3. Menanamkan Legenda Wayang Mahabharata

Daya Tarik Grojogan SewuKredit foto: Google Maps (khusus Azizah)

Anda pasti tahu keindahan dan pesona alam Grojogan Sewu Kulon Progo. Bahkan, di tempat ini juga disematkan legenda pewayangan Mahabharata yang tersebar dari mulut ke mulut.

Konon tempat wisata ini merupakan tempat pertapaan seorang pria bernama Prabu Baladewa bertahun-tahun yang lalu. Dia adalah kakak dari Raja Kresna. Saat itu Prabu Kresna memerintahkan saudaranya untuk bersemedi di air terjun. Langkah ini hanya dilakukan untuk mencegah Raja Balarama ikut serta dalam Perang Baratayuda yang agung.

Prabu Kresna menggantikan Grojogan Sewu karena debit air yang deras. Air terjun setinggi 15 meter, katanya, bisa meredam suara tembakan.

Akhirnya, Prabu Baladewa memenuhi keinginan kakaknya dengan bertapa di lokasi air terjun. Karena serius melakukan pertapaan, Raja Balarama tidak menyadari bahwa Perang Baratayuda telah dilancarkan.

4. Air jernih dan segar

Lokasi berada di area yang jauh dari kendaraan bermotor. Membuat udara di sekitar air terjun jadi sejuk. Selain itu, air yang keluar dari pegunungan juga sangat jernih. Jadi Anda bisa melihat bebatuan alam di dasar air. Airnya yang segar berpadu dengan panorama khas dataran tinggi akan menginspirasi Anda.

Ini adalah tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan liburan. Semakin dekat sore hari, semakin banyak pengunjung yang datang. Grojogan Sewu adalah tempat yang sangat eksotis di Kulon Progo. Airnya yang kebiruan seolah memberikan keajaiban tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Apalagi saat ini masih sangat pagi. Tempat ini sering dipadati pengunjung yang menunggu cahaya matahari terbenam menyinari tebing-tebing air terjun.

Alamat dan rute ke Grojogan Sewu Lokasi

Alamat Grojogan SewuFoto oleh Google Maps Adi Nurtantyo

Bagi yang merasa ingin mengunjungi tempat wisata yang eksotis dan indah ini, bisa langsung menuju alamat yang sesuai. Grojogan Sewu terletak di kawasan Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Untuk sampai ke tempat yang tepat, ada beberapa rute yang bisa dipilih. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Tempat wisata ini mudah ditemukan karena lokasinya yang dekat dengan tempat wisata lainnya. Apalagi jika Anda mengambil jalur Tugu Jogja. Arahkan kendaraan ke Jalan Godean dengan mengambil jalur barat.

Setelah itu, Anda akan sampai di pertigaan ring road Demak Ijo. Ikuti jalan tersebut hingga tiba di perempatan Pasar Kenteng. Selama berada di sini, Anda bisa langsung melihat pemandangan dari Gunung Menoreh.

Dari sini Anda harus melewati medan yang cukup sulit. Jalan yang berkelok-kelok disertai tanjakan dengan kecuraman sedang siap menemani perjalanan Anda. Meski demikian, Anda akan disuguhkan dengan fenomena alam yang begitu indah di sepanjang perjalanan.

Kendarai kendaraan Anda sampai menemukan pertigaan, ambil jalur kanan dan Anda akan menemukan rambu atau rambu jalan yang bertuliskan Grojogan Sewu. Melewati medan yang ada akan membawa Anda ke lokasi air terjun yang eksotis ini.

Perjalanan yang berkelok-kelok penuh tanjakan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Setibanya di lokasi, parkirkan kendaraan Anda di tempat yang telah disediakan.

Setelah itu, pengunjung harus berjalan kaki melewati hutan selama kurang lebih 15 menit. Sudah ada rute jalan menuju tempat wisata ini. Jadi yang harus Anda lakukan adalah mengikuti instruksi manajer.

Harga Tiket Masuk Grojogan Sewu Kulon Progo

Harga tiket Grojogan SewuFoto dari Google Maps Nugraha Kusuma

Seperti tempat wisata pada umumnya, untuk mengembangkan tempat wisata menjadi lebih baik. Pengunjung juga dikenakan harga tertentu untuk dapat menjelajahi segala bentuk keindahan alam di tempat ini. Tapi Anda tidak perlu khawatir.

Pasalnya, pengelola Grojogan Sewu Kulon Progo tetap mematok harga yang bersahabat untuk setiap wisatawan yang datang. Hanya dengan modal Rp 6000 Anda sudah bisa menikmati segarnya air dan sejuknya udara khas pegunungan.

Biaya parkirnya sendiri sekitar Rp 2000 untuk kendaraan bermotor, sedangkan harga mobil dipatok dengan harga lebih tinggi yaitu Rp 4000.

Segala sesuatu yang disajikan di tempat ini akan sangat mengesankan. Bagaimana tidak, berlibur di salah satu fitur alam Tuhan tidak pernah mengecewakan. Harga yang tercantum di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan peraturan manajemen.

Kegiatan Menarik di Grojogan Sewu

Aktivitas di Grojogan SewuFoto dari Twitter Putu Ayu Ratna Dian

1. Berenang & Bermain Air

Aktivitas yang tidak boleh dilewatkan di Grojogan Sewu adalah menikmati kesegaran air khas pegunungan yang ditawarkan alam. Ini pasti akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan berkesan untuk liburan Anda.

Juga, airnya agak kebiruan dan sangat jernih. Anda pasti akan betah saat menyelami perairan alami pegunungan ini.

Selain itu, alam Jogja juga terkenal dengan perkebunan dan udaranya yang sejuk. Pengunjung juga bisa berdiri kokoh di bawah bisikan air terjun yang indah. Grojogan Sewu Jogja tidak pernah mengecewakan.

Namun, pastikan Anda bisa berenang. Karena cekungan airnya juga cukup dalam di sini. Terutama yang membawa anak-anak pastikan untuk terus memantau pergerakannya.

2. Bersantai sambil menikmati keindahan alam

Bagi yang tidak bisa berenang, bukan berarti aktivitas lain tidak bisa dilakukan. Anda pasti tahu bahwa tempat ini memiliki keindahan alam yang memanjakan mata. Bersandarlah dan nikmati panorama alam yang akan memukau Anda. Lokasi Grojogan yang berada di tengah hutan membuatnya terlihat asri dan sejuk.

Tak jarang, beberapa burung terbang rendah seolah menyambut pengunjung. Pemandangan yang jarang terlihat di kota besar. Jangan lewatkan salam alam. Ada juga pepohonan yang terlihat seperti payung rindang untuk tempat wisata.

3. Berjalan melalui taman

Seperti disebutkan, pengelola wisata alam ini juga telah menanami taman bunga di pintu gerbang masuk. Anda juga dapat berjalan-jalan di taman bunga dan mengobrol dengan pengunjung lain.

Nikmati keindahan taman bunga yang berwarna-warni serta kesejukan alam. Seolah mengendurkan pikiran sejenak. Tapi lokasinya masih sejuk banget di siang hari. Ini juga karena pepohonan rindang, yang bertindak seperti payung dari alam. Biasanya pengunjung memilih sore hari untuk datang kesini. Karena saat ini Anda bisa melihat cahaya jingga yang menyinari tebing berbatu dan langsung memecah warna airnya.

Fasilitas Wisata di Grojogan Sewu Kulon Progo

Fasilitas di Grojogan SewuFoto oleh Google Maps Jake Bo

Tempat wisata ini telah mengalami pengelolaan yang baik dari masyarakat terkait. Maka tak heran jika Grojogan Sewu cukup memadai dari segi fasilitas juga. Hal ini dibuktikan dengan adanya gazebo yang dibangun untuk para pengunjung bersantai. Selain itu, terdapat juga ruang ganti atau kamar mandi untuk membersihkan diri setelah berenang di air terjun ini.

Saat Anda disibukkan dengan kegiatan yang mengasyikkan, tibalah waktu sholat. Pengunjung tidak perlu bingung karena pengelola telah menyediakan mushola untuk umat Islam. Jadi Anda hanya perlu pergi ke tempat musala untuk melakukan ritual ibadah.

Mereka yang datang dengan mobil dapat berkendara langsung ke pusat penitipan anak atau ke tempat parkir yang tidak jauh dari gerbang masuk wisata. Di sini tentunya Anda harus membayar biaya parkir sesuai aturan pengelola. Sehingga pengunjung dapat menitipkan kendaraannya ke pihak yang bertugas dengan tenang dan damai.

Berbagai hal yang disebutkan di atas tentang Grojogan Sewu Kulon Progo tentu membuat Anda ingin menjelajahi semua keindahan alamnya. Hal ini juga membuktikan bahwa Indonesia memiliki sektor pariwisata yang sangat maju. Selain itu, dengan mengunjungi pariwisata Indonesia, Anda juga turut mendukung perekonomian masyarakat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button