Berita Wisata

Pantai Manalusu Garut, Pesona Zamrud Selatan

Pantai Manalusu merupakan objek wisata yang terletak di Desa Cigadog, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Meski kawasan Garut Selatan memiliki beberapa pantai, namun masing-masing pantai memiliki keunikan tersendiri.

Keunikan Pantai Manalusu terletak pada hijaunya bebatuan karang yang menghiasi bibir pantai. Karena warnanya yang hijau, banyak orang menyebut pantai ini sebagai “zamrud” Garut selatan.

Zamrud sendiri merupakan jenis batu permata yang harganya lebih mahal dari berlian dan bisa membawa cinta dan harapan. Tak heran, setiap orang yang berkunjung ke Pantai Manalusu akan merasa senang.

Baca juga : Pantai Santolo Garut, berpasir putih dengan ombak yang tinggi

Arah menuju Pantai Manalusu Garut

Untuk mengakses lokasi, wisatawan dapat menempuh jalan dari pusat kota melalui Jalan Raya Garut – Cikajang – Ciparay. Kemudian masuk ke Jalan Raya Cihurip – Cisompet – Cilauteureun.

Jalan Cilauteureun merupakan penghubung jalur Trans Jawa Barat sehingga banyak bus yang melintas. Lokasi Pantai Manalusu ini tidak jauh dari Jalan Raya Trans Jawa Barat, sehingga tidak lama lagi Anda akan sampai di tempat tujuan.

Karang hijau seperti zamrud

Tiket masuk kawasan wisata dikenakan biaya Rp 10.000 untuk pengendara sepeda motor dan Rp 20.000 untuk yang membawa mobil.

Pantai Manalusu Garut sebenarnya cukup dekat dengan pemukiman warga, namun karena keterbatasan fasilitas, kawasan ini masih sepi dibandingkan Santolo dan Sayang Heulang.

Baca juga : Candi Cangkuang Garut, warisan alam wisata sejarah

Meski demikian, Pantai Manalusu tetap diminati wisatawan berkat batuan karang hijaunya yang indah.

Orang Eropa menggambarkan keindahannya sebagai zamrud yang merupakan nama lain dari zamrud. Kondisi alam pantai Manalusu di Garut selalu sangat asri karena tidak terlalu ramai, cocok untuk para introvert yang terkadang butuh penyembuhan.

Bisa makan seafood murah

Di sekitar pantai terdapat genangan air laut hingga seukuran orang dewasa. Namun perlu kehati-hatian khusus untuk berenang di kawasan ini karena dikhawatirkan akan mengganggu biota laut. Beberapa hewan yang mungkin kita jumpai antara lain kepiting, bintang laut, dan ikan.

Bagi wisatawan yang suka makan seafood, terdapat warung kecil dengan menu seafood di pantai Manalusu Garut.

Ada ikan bakar, cumi dan aneka seafood lainnya dengan harga murah. Menyantap seafood sambil melihat deburan ombak jelas merupakan tamasya hemat yang cocok untuk Anda dan keluarga. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button