Berita Wisata

Bekas koleksi observatorium Bosscha, terdapat teleskop generasi pertama dalam foto para astronom

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com – Observatorium Bosscha memamerkan sejumlah koleksi teleskop atau alat observasi tua serta foto-foto lawas dari masa ke masa yang berusia 100 tahun.

Koleksi artefak kuno dan dokumen penting itu sengaja dipajang dalam satu hari untuk memperingati 100 tahun Observatorium Bosscha di Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat pada Senin (30/01/2023).

“Kami telah membuka beberapa venue pameran untuk menampilkan perkembangan kegiatan Observatorium Bosscha selama 100 tahun terakhir,” kata Yatny Yulianti, peneliti Observatorium Bosscha, di sela-sela pameran.

Baca Juga: 100 Tahun Observatorium Bosscha Bertahan dari Polusi Cahaya Kota

Observatorium Bosscha memamerkan koleksi kuno dalam rangka peringatan 100 tahun pembuatannya, Senin (30/1/2023).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Observatorium Bosscha memamerkan koleksi lama dalam rangka peringatan 100 tahun berdirinya, Senin (30/1/2023).

Pada peringatan 100 tahun ini, Observatorium Bosscha memamerkan teleskop utamanya, Teleskop Refraktor Ganda Zeiss, yang disumbangkan langsung oleh Karel Albert Rudolf Bosscha pada tahun 1928.

Teleskop ini juga menjadi penanda Observatorium Bosscha untuk memulai pengamatan bintang setelah gedung observasi dibangun pada tahun 1923.

“Pameran ini menampilkan konstruksi Teleskop Refraktor Ganda Zeiss, jadi kami sangat ingin menunjukkan teleskop. Ada penjelasan tentang sejarahnya, lalu motivasi untuk teleskop, seperti apa evolusinya, seperti apa pekerjaannya, kata Yatny.

Observatorium Bosscha memamerkan koleksi kuno dalam rangka peringatan 100 tahun pembuatannya, Senin (30/1/2023).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Observatorium Bosscha memamerkan koleksi lama dalam rangka peringatan 100 tahun berdirinya, Senin (30/1/2023).

Berbagai alat ukur dan teleskop generasi pertama sebagai alat untuk mengamati rotasi, massa, dan jarak bintang juga dipamerkan. Alat tersebut digunakan oleh para astronom awal di Observatorium Bosscha.

Sekadar informasi, KAR Bosscha memulai asosiasi astronom bernama Nederland Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) pada tahun 1920.

Para astronom tersebut merupakan generasi pertama astronom yang melakukan penelitian astronomi di awal Observatorium Bosscha.

Observatorium Bosscha memamerkan koleksi kuno dalam rangka peringatan 100 tahun penciptaannya, Senin (30/1/2023).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Observatorium Bosscha memamerkan koleksi lama dalam rangka peringatan 100 tahun berdirinya, Senin (30/1/2023).

“Di ruang multimedia, ada cerita tentang pekerjaan para astronom Observatorium Bosscha yang terekam dalam instrumen yang digunakan para astronom Observatorium Bosscha,” jelas Yatny.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button