Berita Wisata

Pemkot Surabaya Kebut Wisata Baru Untuk Hibur Wisatawan Piala Dunia

Pemkot Surabaya (Pemkot) membidik tempat wisata baru, wahana off road di Pakal Forest Park (Tahura) yang diperkirakan selesai sebelum Piala Dunia U-20 2023 yang akan dimulai pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 di Gelora Bung Tomo (GBT) sebagai salah satu tempat penyelenggaraannya.

Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, mengatakan kehadiran sirkuit baru tersebut untuk menambah alternatif sirkuit bagi wisatawan yang datang ke Kota Surabaya.

“Mudah-mudahan nututi bisa dibuka sebelum Piala Dunia U-20. Lokasinya di taman hutan Pakal. Ada car trip off road,ujar Eri, Selasa (31/1/2023).

Pengembangan pariwisata off road di Pakal Tahura, lanjut Eri, melibatkan pihak ketiga atau investor.

“Sudah mulai berjalan, yang dilakukan pemerintah adalah membuka jalan menuju Taman Hutan Raya Pakal. Jadi kita bekerja sama,” ujarnya.

Selain mobil off road, sejumlah wahana seru lainnya juga akan tersedia di Tahura Pakal. Sebagai, tempat berkemah, flying fox sampai tempat untuk keluar.

“Kendaraan itu ada mobilnya off-road, bumi perkemahan, ada perjalanan pulang pergi, ada juga danau dan bukit buatan. Jadi, konsep alam ada di Taman Hutan Raya Pakal,” jelasnya.

Perkembangan pariwisata baru, kata dia, karena Kota Surabaya memiliki banyak tempat yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata, namun belum pernah disentuh oleh pemerintah kota.

“Nah itu potensi yang akan saya sentuh. Salah satunya adalah memobilisasi masyarakat miskin, mengurangi kemiskinan, seperti di Romokalisari. Adventureland,” dia berkata.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu menambahkan, ada dua bidang tanah yang dibebaskan Pemkot untuk akses jalan Tahura Pakal. Lokasi lapangan dekat dengan area stadion Gelora Bung Tomo.

“Ada dua lahan yang dibebaskan untuk menuju ke sana. Selama ini kami sudah lewat rel (kereta api), nanti dari GBT, seberangnya langsung ke Tahura Pakal,” pungkasnya.(lta/abd/iss)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button