Berita Wisata

Potensi besar desa Cikalahang yang memiliki kekayaan alam dan kuliner patut didukung oleh para investor

TRIBUNJAKARTA.COM – Desa Cikalahang, Kabupaten Cirebon, memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Desa Cikalahang memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata, sehingga dapat menarik banyak pengunjung.

Seperti diketahui, desa wisata merupakan bentuk keterpaduan antara atraksi, akomodasi dan fasilitas yang menyertainya.

Desa wisata dihadirkan dalam struktur kehidupan masyarakat yang terintegrasi dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Di desa Cikalahang, selain memiliki kekayaan kuliner, juga terdapat sumber daya alam yang dapat dijadikan sumber pariwisata.

Potensi wisata lokal di desa belakangan ini banyak diminati oleh wisatawan yang mendambakan alam terbuka, interaksi dengan lingkungan dan masyarakat lokal.

Baca Juga: JF3 Food Festival Hadirkan Food Spot Kampoeng Tempo Doeloe di Mall Kelapa Gading

Namun, di antara sumber kekayaan yang ada di Desa Cikalahang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dinilai belum banyak dimanfaatkan sebagai stimulus ekonomi.

Di Desa Cikalahang, Oom Komarudin mengatakan, desa ini memiliki banyak potensi yang masih belum tergarap atau kurang tergarap, terutama di sektor pariwisata.

Desa Cikalahang selain memiliki kekayaan kuliner, juga terdapat sumber daya alam yang dapat dijadikan sumber wisata.Desa Cikalahang selain memiliki kekayaan kuliner, juga terdapat sumber daya alam yang dapat dijadikan sumber wisata. (Spesial)

Setiap desa memiliki potensi yang terkadang masyarakat sekitar sendiri belum melihat potensi tersebut.

“Setiap desa memiliki potensi yang terkadang masyarakat sekitar sendiri belum melihat potensi tersebut,” kata Oom Komarudin kepada wartawan, Senin (26/9/2022).

Selain itu, ia mencontohkan pengelolaan potensi wisata pedesaan menjadi hal utama yang harus dilakukan untuk sampai di desa wisata.

Ia berharap ada dukungan dari pemerintah atau bahkan pihak swasta untuk bersama-sama membantu mengelola potensi desa sebagai destinasi wisata.

“Jadi menurut kami yang terpenting adalah dukungan dan pengelolaan yang maksimal untuk meningkatkan perekonomian desa,” kata Oom Komarudin.

Desa Cikalahang selain memiliki kekayaan kuliner, juga terdapat sumber daya alam yang dapat dijadikan sumber wisata.Desa Cikalahang selain memiliki kekayaan kuliner, juga terdapat sumber daya alam yang dapat dijadikan sumber wisata. (Spesial)

Dijelaskannya, untuk menjadi desa wisata harus ada produk wisata atau yang disebut dengan destinasi wisata.

“Destinasi berkaitan dengan suatu tempat atau kawasan yang memiliki keunggulan atau keistimewaan untuk menarik wisatawan,” pungkasnya.

Source: jakarta.tribunnews.com

Related Articles

Back to top button