Berita Wisata

Solo dan perkembangannya hingga saat ini

Melalui: Dr. Purwanto Yudhonagoro, SE, M.Par., CHA.*)

DEWASA Saat ini perkembangan kota Solo hampir merata di seluruh pelosok kota. Mulai dari pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed, Taman Pracima Tuin Mangkunegaran, hingga renovasi Stadion Manahan, hingga Solo Safari Zoo yang baru diresmikan terbuka untuk pengunjung.

Perkembangan ini tidak lepas dari kepemimpinan “Mas Walikota” dan jajarannya, tetapi juga dari dukungan masyarakat Solo untuk menjadikan kota Bengawan lebih baik lagi.

Dengan pembangunan yang masif ini, daya tarik wisatawan nasional dan internasional tentunya akan tertuju pada kota ini. Hal tersebut juga mendukung perkembangan ekonomi Kota Solo menuju tren positif, khususnya di sektor pariwisata dan perhotelan.

Tentunya okupansi orang yang akan menginap di hotel tersebut juga akan meningkat karena banyaknya tempat wisata baru di sekitar Kota Solo dan empat kawasan lain di sekitar bekas Kediaman Surakarta, sehingga wisatawan harus tinggal lebih lama di Kota Solo.

Selain itu, UMKM (seperti usaha cinderamata, batik, dan kerajinan lainnya) juga didorong untuk terus meningkatkan omzetnya karena banyak wisatawan yang tidak ingin pulang dengan tangan hampa, melainkan ramai berbelanja oleh-oleh di tempat wisata dan toko-toko. berpusat di Kota Solo.

Kita bisa melihat bagaimana perputaran ekonomi berjalan dengan meningkatnya kunjungan ke kota Solo. Masyarakat senang karena usahanya berjalan dengan baik dan target pendapatannya dapat terpenuhi, serta wisatawan puas dengan pengalaman berwisata yang tak terlupakan di kota Solo.

Namun dibalik itu semua ada hal yang menurut saya perlu diperhatikan bahwa perkembangan pembangunan ini harus menjadi acuan untuk menjaga kemajuan dan stabilitas perekonomian warga kota Solo yang mengalami pasang surut sejak Covid-19. 19 pukulan.

Apalagi Pemkot Surakarta masih harus menyelenggarakan kegiatan nasional dan internasional untuk menarik wisatawan, seperti kegiatan tahunan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Dan satu hal lagi, pembangunan ini tidak perlu dijadikan sebagai kepentingan politik, tetapi dilakukan atas dasar keikhlasan hati nurani dan keikhlasan yang kuat dalam pengabdian kepada warga dan kemajuan kota Solo. Karena akan hilang seketika jika tidak dibarengi dengan niat yang tulus tersebut.

Kita harus menyadari bahwa membangun dan memajukan sebuah kota tidaklah mudah. bahkan lebih sedikit perubahan gambar kota sekaligus.

Banyak elemen yang harus dilibatkan serta keyakinan yang kuat. Sayang sekali jika capaian dan pembangunan yang dilakukan Kota Solo selama ini dirusak oleh kepentingan lain dan menjadi bumerang bagi kemajuannya ke depan.

Penghuni hanya membutuhkan kenyamanan dan keamanan, serta kemudahan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari melalui usaha dan pekerjaan yang mereka lakukan, tidak lebih.

Selain itu, Anda dapat memanjakan diri dan keluarga dengan mengunjungi tempat-tempat wisata menarik yang mudah dijangkau dan dengan harga yang terjangkau.

Saya yakin setiap kebijakan yang diambil Pemkot Surakarta akan selalu didukung oleh masyarakat, meski ada yang menentang.

Tidak apa-apa, itu normal dan itu bagian dari check and balances bagi pemerintah dalam implementasi kebijakannya agar lebih berhati-hati dan tentunya memberikan dampak positif yang lebih merata di masyarakat.

Solo yang saya tahu masih berbudaya, ramah, damai dan nyaman untuk semua orang. Saya sangat berharap keempat hal ini masih ada di Kota Solo sampai nanti.

Kota Solo akan tetap menjadi barometer perkembangan daerah lain di tengah kemajuan zaman, khususnya pariwisata dan perhotelan.

Pengusaha juga harus selalu memiliki strategi bergulir yang tepat untuk terus memenuhi target pendapatannya di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif.

Kawasan sekitar kota Solo sangat kondusif dengan keberadaan berbagai tempat wisata alam, sejarah, dan kekinian.

Tinggal kita sebagai warga Kota Bengawan dan pemerintahnya untuk terus selalu menjaga dan menampilkan keistimewaan Kota Solo yang akan selalu dikenang agar menjadi tujuan utama para wisatawan.

Oleh karena itu tahun 2023 merupakan momentum yang tepat untuk terus memajukan pariwisata kota Solo. Hal ini juga dipertegas dengan pernyataan pemerintah pusat di beberapa media massa bahwa tahun 2023 merupakan tahun yang sangat baik untuk mendongkrak pariwisata RI.

Mari bergotong royong menjaga perkembangan Kota Solo demi perkembangan pariwisata daerah yang lebih baik.

*) Akademisi dan Pelaku Pariwisata

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button